you are reading
Mood of the day

Serial Kartun Avatar

Sudah lama saya mau membuat tulisan mengenai serial kartun kesukaan saya, Avatar: The Legend of Aang atau dikenal juga dengan Avatar: The Last Air Bender. Menurut saya cerita di serial kartun ini jauh lebih bagus daripada Dragon Ball atau Sailor Moon. Serial Avatar: The Legend of Aang merupakan serial kartun favorit keluarga saya. Adik saya yang juga menyukai Avatar mendesak saya untuk membuat tulisan tentang serial ini. Well, this is dedicated to you Bro! :)

Serial ini mengisahkan tentang Aang yang terlahir sebagai Avatar. Avatar merupakan roh dari dunia lain yang menitis sebagai manusia. Avatar dikisahkan sebagai pemersatu dan pemimpin peradaban manusia yang terdiri dari empat bangsa yaitu Suku Air (Water Tribes), Kerajaan Bumi (Earth Kingdom), Pengembara Udara (Air Nomads) dan Negara Api (Fire Nation). Orang yang dapat mengendalikan unsur bumi sesuai dengan bangsanya disebut pengendali (bender). Misalnya orang yang bisa mengendalikan udara disebut pengendali udara (air bender). Avatar Aang adalah pengendali udara terakhir. Namun Avatar memiliki kemampuan untuk mengendalikan keempat elemen bumi.

Ketika seorang Avatar meninggal dunia, dia akan terlahir kembali di bangsa yang gilirannya selalu bergantian sesuai dengan siklus Avatar, yang seiring dengan musim: musim dingin untuk air, musim semi untuk tanah, musim panas untuk api, dan musim gugur untuk udara. Avatar sebelum Avatar Aang bernama Avatar Roku dari Negara Api. Avatar sebelum Roku bernama Avatar Kyoshi dari Kerajaan Bumi. Avatar sebelum Kyoshi adalah Avatar Kuruk dari Suku Air dan sebelumnya adalah Avatar Yangchen dari Pengembara Udara. Menurut saya, dibanding dengan avatar sebelumnya, Aang memiliki kelebihan dari avatar yang lain. Karena ia adalah biksu sekaligus avatar. Avatar Aang harus menjaga hal yang bersifat spiritual karena ia sorang biksu sekaligus menjaga hal yang bersifat duniawi karena itu adalah tugas avatar.

Pada saat Avatar Roku masih hidup, teman dekatnya Raja Api Sozin berniat untuk memperbesar wilayah Negara Api dengan menjajah bangsa yang lain. Tentu saja Avatar Roku menentang niat tersebut. Namun sebelum berhasil mencegah niat Raja Api Sozin, Avatar Roku meninggal. Avatar Roku bereinkarnasi menjadi Avatar Aang. Karena takut akan terjadi perang, Aang diberitahu bahwa dia seoarang Avatar di umurnya yang kedua belas (biasanya  Avatar diberitahu di umur 16 tahun). Karena tidak siap, ia pun melarikan diri dan menghilang.

Seratus tahun kemudian, ia ditemukan bersama Appa, bison peliharaannya di dalam bongkahan es oleh kakak beradik dari Suku Air Selatan bernama Sokka dan Katara. Kemudian dari penjelasan mereka, Aang tahu bahwa selama ia menghilang, ketakutan akan terjadinya perang telah menjadi kenyataan. Bertahun-tahun selama ia hilang, Negara Api menyerang tiga bangsa lainnya, yaitu Kerajaan Bumi, Suku Air, dan Pengembara Udara. Seluruh kuil udara dihancurkan, termasuk Pengembara Udara, semuanya dibantai supaya Avatar tidak bisa bereinkarnasi. Hal itu menyebabkan Aang menjadi pengendali udara terakhir di muka bumi. Agar bisa mengalahkan Raja Api dan membawa kembali kedamaian dan keharmonisan di muka bumi, Aang harus menguasai keempat elemen. Untuk memikul tugas tersebut, Aang ditemani oleh Katara dan Sokka, bersama dengan dua hewan peliharaannya – Momo dan Appa – untuk mencari ahli pengendalian elemen dan belajar untuk menjadi seorang Avatar dan pada saat yang sama mereka harus menghindari upaya penangkapan oleh pihak Negara Api.

Avatar Aang

Team Avatar: Sokka, Aang, Toph dan Katara. Momo di belakang Aang, minus Appa.

Pangeran Zuko dan Putri Azula, anak dari Raja Api Ozai.

Appa dan Momo

Yang saya suka dari serial kartun ini dibandingkan dengan kartun lainnya adalah banyak hal yang dapat dipetik, misalnya:

Memaafkan adalah langkah pertama untuk memulai penyembuhan. Avatar Aang
Sekalipun kau pernah hidup seribu kali di seribu kehidupan, kau masih harus banyak belajar. Avatar Roku

Adegan yang paling saya suka dari serial ini adalah saat roh bulan dibunuh oleh Jenderal Zhao kemudian Aang berubah menjadi Koizilla. Selain itu, tentu saja adegan di bagian akhir, saat Avatar Aang mengalahkan Raja Api Ozai. Karena saya buat postingan ini di kantor yang tidak ada speakernya, saya tampilkan gambar saja ya. Kalau penasaran dengan adegannya, bisa cari di youtube.

Koizilla, perubahan Aang menjadi avatar berbentuk ikan koi (roh bulan)

Karena banyak peminatnya, serial ini ditayangkan ke dalam film, yang berjudul Avatar: The Last Air Bender Movie. Tapi menurut saya filmnya jauh dari bagus, banyak adegan yang dihilangkan, ceritanya juga berbeda. Contohnya di serial kartun, Aang berubah menjadi Avatar dalam bentuk Koizilla karena marah saat Jenderal Zhao membunuh roh bulan. Tapi di film diceritakan bahwa Aang menjadi Avatar (bukan Avatar yang berbentuk Koizilla) karena sebelumnya belajar membuka cakra bukan marah karena ikan koi (roh bulan) mati. Selain itu, tokoh yang diperankan di film juga tidak sesuai dengan yang di serial kartun. Contohnya, di serial kartun, Sokka dan Katara digambarkan sebagai orang berkulit gelap. Di film, tokoh mereka diperankan oleh orang kulit putih. Jenderal Iroh yang di kartun berbadan tambun, di film ditokohkan menjadi berbadan tegap dan bagus. Well, intinya Avatar: The Las Air Bender Movie jauh dari kesuksesan serial kartunnya.

Avatar: The Last Air Bender Movie

Serial kartun Avatar: The Legend of Aang berakhir bahagia. Di akhir serial, dibuat menggantung, Zuko menanyakan keberadaan ibunya yang hilang kepada ayahnya, Raja Api Ozai. Ternyata serial ini memiliki lanjutan. Serial ini dilanjutkan dengan Avatar Korra sebagai tokoh utamanya. Setelah Avatar Aang meninggal, ia bereinkarnasi menjadi Avatar Korra. Korra adalah seorang gadis  belia dari Suku Air Selatan. Korra merupakan teman bermain dari Tenzin, anak Aang dan Katara (akhirnya mereka menikah :) ). Tenzin mewariskan pengendalian udara yang dimiliki Aang, jadi jangan khawatir kalau pengendali udara akan musnah. Di serial Avatar Korra, yang dihadapi Avatar Korra bukan lagi penjajahan seperti yang dilakukan Negara Api, tapi ia menghadapi para anti bender, yaitu mereka yang tidak memiliki kemampuan pengendalian elemen bumi. Kabarnya serial ini akan ditayangkan di Nickelodeon pada 2011 ini. Kira-kira akan sebagus serial sebelumnya atau tidak ya? Menurut saya sih agak kurang, karena Avatar Korra lebih dewasa. Biasanya kartun lebih seru kalau tokohnya anak-anak. Tapi kita lihat saja nanti.

Coming soon: Avatar Korra

Discussion

51 thoughts on “Serial Kartun Avatar

  1. wow. baru kali ini ngerti sama serial avatar.

    selama ini ga pernah nonton karena,
    “loh? kok pemerannya kayak ikkyu san?” ahaha.

    tapi setelah baca ternyata ceritanya seru ya. ga cuma naruto aja nih yang bagus

    Posted by presyl | April 30, 2011, 12:27 pm
  2. saya sampe tamat nontonnya. sebagai penyuka komik dan film, samurai x, one peace, dll sampe habis. pesan moralnya gampang nyampe lewat kartun. btw, the legend of korra baru ya? emang ada di globaltv?

    Posted by guru rusydi | April 30, 2011, 1:42 pm
  3. yang tak kusuka, film ini diulang2 terus di tv, hehe..
    salam

    Posted by tunsa | April 30, 2011, 1:51 pm
  4. saya (bukan Sya) sebelumnya belum pernah menonton serial nya…hanya mendengar saja…tapi pas ada film-nya di bioskop saya tonton..dan menurut saya (bukan sya :p) sih keren filmnya..

    …mungkin hanya beruntung karena tidak mengikuti serialnya..hahaaaa..jadi saya tidak mempunyai ekspektasi yang berlebihan terhadap film itu..dan memang begitu perasaan orang terhadap sesuatu yang di adaptasi kedalam film layar lebar…karena keterbatasan akan sesuatu..maka filmnya agak2 diluar ekspektasi..heheee….

    salam dari saya….untuk Sya..

    ps.bisa jadi karena judulnya keduluan sama film avatar yang biru2 itu…jadi kebanting…

    Posted by avatarnufri | April 30, 2011, 3:02 pm
  5. Gile! jelas banget reviewnya, sampe2 aku ngerti dan sedikit tergoda untuk nonton! hehehe!

    heran, bisa aja yah manusia bikin cerita bagus kek gitu, daya khayal nya luar biasa.. penciptaan tokoh, latar belakang dan konflik itu khan ga gampang! salute!

    Posted by bhiberceloteh | April 30, 2011, 3:29 pm
  6. Lintasberita says : wah pengggemar berat kartun avatar nih, he he he he salam kenal ya dari blog umy >.<

    Posted by umy | April 30, 2011, 9:18 pm
  7. cuma sekelibatan liat kalau pas dputar TV, nontonnya nggak dari awal sih jadi rada bingung ceritanya

    Posted by monda | April 30, 2011, 10:01 pm
  8. avatar oh avatar..keren :D

    Posted by IndRa SP | May 1, 2011, 4:38 am
  9. btw, gw suka zuko versi kartun yaa. jgn ada yg nge-fans lho :mrgreen:

    Posted by dhila13 | May 1, 2011, 5:44 am
  10. Saya ngikutin dari awal sampai akhir (tertular junior juga) tapi karena memang seru, kalo kartun yang dua disebutkan Dragon Ball, ga sampai selesai, Sailor Moon cuma ngeliat sekelabat doang :)
    ditunggu Avatar Korra

    Posted by ysalma | May 1, 2011, 11:59 am
  11. Temen saya banyak yang suka, tapi saya nggak ngikutin. Habis, ini kartun buatan amerika sih. :|

    Posted by Asop | May 1, 2011, 1:19 pm
  12. Yang beneer mbak ini lanjutannya baru tau saya kalo setelah raja api ozai kehilangan kekuatannya muncul avatar baru..

    Posted by zhanaz45 | May 1, 2011, 1:24 pm
  13. kemaren pas nonton film layar lebarnya buatan luar negri saya kecewa… kenapa lagi2 kulit putih yang jadi tokoh utama?

    btw… kirain mau ngasih donlotan film avatarnya :roll: hehehe…

    Posted by 3sna | May 1, 2011, 6:11 pm
  14. kesukaan saya waktu SMP..setelah naruto saya suka dengan karakter Zuko sang pengendali Api yang beralih membantu avatar membunuh ayahnya

    Posted by adib mahdy | May 1, 2011, 6:31 pm
  15. aku juga suka filmnya tapi apakah bakal masuk ke Indonesia? btw, poster film terakhirnya sexy tuh. :q

    Posted by TUKANG CoLoNG | May 1, 2011, 8:42 pm
  16. saya suka konsep ceritanya, sayangnya nggak khatam lantaran pas book 3 tayang, akhirnya cuman stuck disitu, diputer ulang terus-menerus sampe saya taubatan nasuha dan dah nggak ngikutin lagi ceritanya.

    at least, saya sudah tau endingnya lewat tulisan ini :)

    anw, avatar versi movie itu cuman di rate 1/5

    Posted by Kurology | May 1, 2011, 11:01 pm
  17. assalamu’alaikum…
    yah bagus sekali memang, tapi cerita kartun dan film aslinya agak beda ya..
    mungkin terbawa cerita kartun.

    Posted by choirunnangim | May 2, 2011, 7:00 am
  18. wah… avatar film kesukaan suami saya, saya sendiri lebih tertarik sama kisah detektif conan :D

    Posted by arieyanie | May 2, 2011, 11:04 am
  19. Saya punya filenya lengkap…
    Salah satu alasan saya untuk tetap menyimpan filenya adalah untuk menjadikannya sebagai bahan belajar listening English *di samping ceritanya yang sangat menarik

    Tapi kalau Aang yang bukan kartunnya gak bagus *kritikus film :mrgreen:

    Posted by yoriyuliandra | May 2, 2011, 5:53 pm
  20. buseet dah ini sampe hapal yang ditipi mah.
    tapi di tipi teh di potong sih, pas nonton dari dvd bajakan mah kan beda, lebih lengkap :) *jelas bgt bajakannya hahaha.

    kkayaknya selalu berurut ya?
    air
    tanah
    api
    udara

    sebelum Aang kan Avatar Roku (api)
    habis Aang Korra (Air) :mrgreen:

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | May 2, 2011, 11:38 pm
  21. Suka juga ama avatar ceritanya unik

    Posted by riez | May 3, 2011, 1:00 am
  22. hahahha…thx my sis…tp ane mls baca mba…beli serial dvd’y aj dh..hahaha..klo bs yang korra..

    Posted by Dheo Soekarno | May 5, 2011, 2:18 pm
  23. Aku juga sukaaaa…. (setidaknya daripada naruto, maaf :D)
    Permasalahannya cuma satu, aku nonton serial kartun ini di tv, jadi sepertinya nonton berulang kali cerita yang sama yah? haha. Ga maju-maju nih ceritanya. Sama nih kasusnya dengan serial One Piece. Tapi tetap aja dengan senang hati nontonnya hehe

    Posted by oktin | May 6, 2011, 2:50 pm
  24. hai Sya, saya juga suka avatar the legend of aang. Pada chapter api banyak penampilan bonsai china kuno (penjai). Gambar avatar kyoshi juga terdapat penjai pohon cemara. komplit deh. ini memang kartun cakep. salam.

    Posted by arsyadvilla | May 13, 2011, 9:20 pm
  25. emang mantap nih kartun :thumbup
    berbeda dengan kartun NICK yang lain
    yang lain badannya kotak2 :D

    Posted by AMZMA | June 16, 2011, 10:31 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,078 other followers