you are reading
Dear diary

Karena Habis Gelap, Terbitlah Terang

Kemarin malam saya bertukar pikiran dengan teman saya. Kami saling bercerita tentang masalah yang kami alami. Permasalahannya lebih berat daripada yang saya hadapi. Meski sesekali menangis, tapi dia begitu tegar & tabah. Masalah yang saya hadapi tidak ada apa-apanya dibanding masalahnya. Kehidupannya seperti sebuah sinetron, penuh dengan lika-liku.

Saya menyaksikan saat dia menangis & begitu terpukul, kemudian beberapa minggu setelahnya dia mulai bangkit & tersenyum. Kehidupannya telah mengajarkan saya banyak hal. Walaupun ada beberapa yang sudah saya tahu sebelumnya, tapi itu mengingatkan saya kembali untuk tetap percaya.

Ya, saya percaya bahwa Tuhan telah memberi manusia ujian sesuai dengan porsinya.

Dia mengajarkan manusia untuk lebih baik lagi dan bisa bertahan hidup melalui ujianNya. Bukankah hidup ini adalah pembelajaran? Kita harus belajar dan menghadapi ujian, sama seperti di sekolah dan ketika kita bisa melewatinya, kita akan naik kelas.

Saya beriman bahwa akan selalu ada jalan keluar dari setiap masalah dan dibutuhkan keikhlasan serta kesabaran dalam menghadapinya. Hanya saja jangan pernah melogikakan cara kerja Tuhan. Manusia tidak akan mampu untuk itu. Tuhan selalu punya caraNya tersendiri untuk mengajarkan hambaNYa.

Saya selalu ingat siklus hidup saya, dan tentunya siklus hidup semua orang dan ini akan selalu menjadi pegangan saya ketika saya galau. Bahwa setelah Tuhan ‘menjatuhkan’ manusia, Dia akan ‘mengangkatnya’ kembali.

Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
QS. al-Insyirah (94) : 2

Yang memberatkan punggungmu?
QS. al-Insyirah (94) : 3

Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama) mu.
QS. al-Insyirah (94) : 4

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
QS. al-Insyirah (94) : 5

Karena habis gelap, terbitlah terang.

Discussion

20 thoughts on “Karena Habis Gelap, Terbitlah Terang

  1. Hikmah kan hadir dari setiap permasalahan yg hadir dan itu berlaku bagi manusia yg berfikir.🙂

    Posted by syarifurqon | October 12, 2010, 10:38 pm
  2. 😀 Sungguh sesudah kesulitan itu ada kemudahan…
    hmm… marii kita buktikan, benar ga sih kalau sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

    keep proggress y

    Posted by rosendi | October 27, 2010, 11:02 pm
  3. makanya harus bersyukur, tuhan tidak bosan2 baik kepada makhluknya….

    Artikel ini menggugah, trim’s🙂

    Posted by Ade Truna | April 15, 2011, 3:59 pm
  4. Seperti halnya bangkit dari kegagalan ya kan oy mampir ea diblogku

    Posted by bun6a | April 15, 2011, 6:20 pm
  5. amieeennn… 🙂

    Posted by eyha4hera | April 21, 2011, 4:58 pm
  6. God not permitted you to be tempted beyond your ability…

    keep smile, dear..🙂

    Posted by Ismail Agung | April 24, 2011, 11:07 am
  7. Yap,,,intinya setiap ada kesulitan pasti ada jalan keluarnya…😉

    Smoga kta dpat mnjdi manusia yg lebih brguna di mata Tuhan… Dan jg stiap ujian yg di berikan Tuhan, Tuhan ingin mnjdikan kta lbih baik dri sbelumnya….🙂

    Posted by Fadhly Mhd | May 12, 2011, 8:02 pm
  8. Sunggug bersyukur akan menambah nikmat dan sabar akan meneguhkan iman..
    Subhanallah

    Posted by riyanable | May 31, 2011, 7:54 pm
  9. masalah ini akan berlalu..uuuwwhh.. Memberi terang artikel ini trmksih..he

    Posted by dede6699 | June 2, 2011, 1:11 am
  10. semua pasti berlaalu. dan iya saya percaya dibalik kesulitan ada kemudahan..

    setelah mengalami hal yang sulit. menjalani dan berhasil mengatasinya. maka masalah serupa akan lebih mudah menyelesaikannya

    Posted by puputs | June 2, 2011, 12:00 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Belajar tentang Keikhlasan « Sigulajawa's Blog - December 23, 2010

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!