you are reading
About God, Articles

Mengingat Tuhan Menentramkan Hati

Apa yang akan Anda lakukan ketika melakukan sebuah kesalahan? Sebagian besar dari kita akan menjawab menyesal dan dalam hati berharap semoga Tuhan memaafkan. Tahukah Anda bahwa sebenarnya cara ini secara langsung berdampak pada perasaan hati yang menjadi lebih “adem”?

Hal tersebut dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti dari Kanada. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang mengingat Tuhan, rasa cemas mereka setelah berbuat kesalahan menjadi berkurang. Ketika otak mereka dipindai, terlihat adanya respon otak yang berbeda ketika mereka memikirkan tentang Tuhan.

Lewat dua eksperimen, para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang memikirkan tentang agama dan Tuhan, otak mereka bereaksi secara berbeda dan hal ini menyebabkan seseorang yang tadinya dilanda kecemasan menjadi lebih tenang.

Ketika seseorang memikirkan tentang Tuhan dan agama, baik secara sadar atau tidak sadar, aktivitas otak di area anterior cingulate cortex (ACC) akan menurun. ACC adalah bagian otak yang berkaitan dengan hal-hal bersifat angka, mengatur kesadaran dan gairah serta mengingatkan kita ketika kita berbuat kesalahan.

Yang menarik, pada orang-orang yang ateis atau tak percaya Tuhan, ketika mereka secara tidak sadar disinggung dengan ide mengenai Tuhan, otak bagian ACC justru lebih aktif. Para peneliti menduga hal ini terjadi karena pikiran tentang Tuhan bertentangan dengan sesuatu yang mereka yakini sehingga hal itu justru meningkatkan stres.

“Memikirkan tentang hal yang religius akan membuat kita lebih tenang ketika kita dihadapkan dengan hal yang membuat stres seperti melakukan kesalahan,” kata Michael Inzlicht, dari University of Toronto yang melakukan penelitian ini.

*sumber kompas.com

Discussion

2 thoughts on “Mengingat Tuhan Menentramkan Hati

  1. It’s Nice btw… Heeheeee… masih pengen baca ki agengsuryo mwntaram ora? bukuny udah gw upload di 4shared, nih link-nya http://www.4shared.com/document/rqbbpWJ-/KiAgengSuryomentaram.html

    moga bermanfaat😀 \m/

    Posted by SusuKopi | August 22, 2010, 1:34 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!