you are reading
About universe

Less Plastic Bag, More Eco Bag

Kantong plastik, benda ini sangat familiar dalam kehidupan kita. Siapa sih yang tidak pernah menggunakan kantong plastik? Semua orang menggunakannya, bahkan hampir setiap hari. Setiap tahun, sekitar 500 milyar hingga 1 triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia. Di mall-mall banyak orang menenteng belanjaannya dengan kantong plastik yang diberikan cuma-cuma oleh department store, di pasar tradisional penjual juga memberikan kantong plastik secara gratis kepada para pembelinya, bahkan jika kita belanja di warung pun, kita akan diberikan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan. Kantong plastik memang memudahkan kita dalam berbelanja. Kita tidak perlu repot-repot membawa tas dari rumah, si pedagang akan memberikan kantong plastik dengan cuma-cuma sehingga kita tidak perlu repot dalam membawa barang belanjaan. Tapi dibalik kegunaannya yang tidak seberapa itu, ternyata kantong plastik membawa dampak yang sangat buruk bagi lingkungan. Fungsi kantong plastik tidak sebesar dampak negatif yang diakibatkannya.

Kantong plastik menjadi salah satu penyebab perubahan iklim mulai proses produksi hingga tahap pembuangannya. Kegiatan produksi kantong plastik membutuhkan kurang lebih 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah, limbah plastik juga mengeluarkan gas rumah kaca ke atmosfer. Butuh waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai sempurna oleh tanah. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, limbah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu bila proses pembakaran tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Dioksin sangat berbahaya bila terhirup oleh manusia. Dampaknya antara lain memicu kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan depresi. Bagi lingkungan, kantong plastik juga mengakibatkan banjir, karena menyumbat saluran-saluran air dan tanggul sehingga mengakibatkan banjir bahkan sampah plastik bisa merusak turbin waduk.

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Apakah akan menunggu solusi dari pemerintah? Kenapa tidak kita yang memulainya? Limbah plastik memang menjadi musuh bagi kelestarian lingkungan, tapi kita bisa mulai mengurangi dampak buruk yang diakibatkannya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Mulailah gunakan eco bag (tas ramah lingkungan) sebagai gantinya. Kini di beberapa mini market atau pun super market tersedia eco bag yang dijual dengan harga terjangkau. Eco bag bisa dilipat-lipat menjadi ukuran kecil sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemana pun. Jadi, kalau kita berbelanja, tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik. Jangan lupa untuk mengingatkan keluarga, teman, tetangga untuk melakukan hal yang sama. Semoga dari hal yang kecil ini, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik dan bumi yang lebih hijau untuk anak cucu kelak.

 

Mari selamatkan bumi, dimulai dari hal yang terkecil, dimulai dari diri sendiri.


Sumber: kompas.com & kapanlagi.com

Discussion

10 thoughts on “Less Plastic Bag, More Eco Bag

  1. JAdi malu, saya masih suka pake kantong plastik…😳

    Mari berubah!😈

    *omong doang*

    Posted by Asop | October 20, 2010, 7:25 pm
  2. kunjungan balik nih mas
    terkait dengan tulisan, saya setuju banget,
    kita harus reduksi plastik, kertas …

    Posted by Aditya Dwi Prasetyo | October 21, 2010, 7:25 pm
  3. Aku masih suka pakai kantong plastik habis prakti sich. Tp ya saya berusaha utk mengurangi menggunakannya.

    Posted by BULETIN | October 22, 2010, 7:33 pm
  4. Kl tak terelakkan pakai plastik, paling tidak plastik itu kita gunakan berulang kali dulu,

    Posted by monda | February 17, 2011, 6:28 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!