you are reading
Notes of minds

Tips Bertemu Keluarga Pacar

Kemarin teman saya cerita kalau pacarnya akan mengajaknya bertemu dengan orang tuanya untuk pertama kali. Dia jadi panik dan bingung. Semuanya dibuat ribet, bingung pakai baju apa, harus ngomong apa, harus bawa apa. Lalu dia bertanya pendapat saya. Jujur saya tidak ahli dalam hal ini, saya pun masih grogi meskipun telah bertemu keluarga pacar saya beberapa kali. Ya alhasil, saya hanya bisa jawab sekenanya saja.

Mungkin kamu juga pernah mengalami kejadian serupa dan sama bingungnya untuk menghadapi kejadian itu. Apa sih yang harus dilakukan ketika bertemu dengan calon mertua atau keluarga pacar? Bagaimana  caranya supaya kita bisa diterima atau bahkan disukai oleh keluarga pacar? Memang tidak ada aturan baku untuk hal tersebut karena beda keluarga beda kebiasaan. Namun berikut ada beberapa tips bertemu keluarga pacar :

  1. Tetap fokus
    Ketika bertemu dengan orang tua pacar, usahakan untuk fokus dan mendengarkan percakapan dengan seksama. Jangan biarkan pikiran mengembara mengkhawatirkan hal-hal lain, entah itu jerawat di jidat atau apakah muka kamu masih kinclong.
  2. Jangan cari perhatian
    Bisa dimaklumi jika kamu menginginkan orang tua atau keluarga pacar merasa terkesan dengan kamu. Namun, jangan berusaha terlalu keras untuk membuat mereka terkesan. Misalnya, dengan menceritakan betapa suksesnya kamu atau lain sebagainya. Bisa-bisa, mereka justru menilai kamu sombong dan sok.
  3. Lemparkan pertanyaan sulit pada pacar
    Selama bercakap-cakap dengan orang tua pacar, mereka barangkali akan mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit yang membuat kamu serba salah dalam menjawabnya. Jika demikian, lemparkan saja pertanyaan tersebut kepada pacar dan biarkan dia yang menjawabnya.
  4. Bangun percakapan
    Basa-basi itu memang membosankan tapi diperlukan untuk memulai percakapan. Namun hindari menanyakan pertanyaan-pertanyaan bodoh yang hanya digunakan untuk mengisi kekosongan. Sebaliknya, sebelum bertemu dengan orang tuanya, korek dulu sejumlah informasi yang kamu perlukan dari pacar. Kamu bisa lebih mudah memulai percakapan dengan mengetahui hobi, minat atau pandangan politik mereka misalnya.
  5. Puji pasangan
    Puji pasangan dengan menceritakan tentang bakatnya yang luar biasa, kedisiplinannya dan kesuksesannya di tempat kerja. Semua ini tentu hasil didikan yang luar biasa dari orangtuanya. Percayalah, pujian akan mempermudah kamu. Jangan berikan kritik atau menginterupsi perkataan pasangan di depan keluarganya. Mereka pasti tahu kelemahan anaknya. Jadi jika kamu membicarakan kelemahannya di depan keluarganya, mereka pasti akan membela anaknya seperti yang biasa dilakukan para orangtua.
  6. Jangan ikut campur
    Bila ada pembicaraan tentang masalah keluarga, jangan sok ikut campur. Alihkan pembicaraan pada topik yang netral dan umum saja.
  7. Penampilan sopan
    Sebelum bertemu, pastikan bahwa kamu dalam keadaan bersih dan segar. Mandi, potong kuku, sikat gigi dan bercerminlah. Berdandanlah senatural mungkin. Jangan berdandan seolah-olah kamu hendak ke pesta. Pakailah busana yang pantas dan sopan.
  8. Bawakan makanan
    Ada baiknya saat bertamu, kamu bawakan makanan kesukaan orang tua pacar kamu, misalnya martabak atau aneka buah. Jangan lupa ikut membantu menyajikannya.

 

* Sumber : Media Indonesia dan Shvoong

 

 

Discussion

31 thoughts on “Tips Bertemu Keluarga Pacar

  1. wah, saya butuhnya tips bertemu keluarga calon pengantin ini

    Posted by deady | November 15, 2010, 3:44 pm
  2. oalah, ntar saya cari dulu sumbernya🙂
    mau lamaran ya? semoga lancar ya

    Posted by Sya | November 15, 2010, 4:25 pm
  3. di cobalah spa tahu manjur.. hehe

    Posted by fikri8 | November 15, 2010, 5:33 pm
  4. bagus juga nih buat bekal… kali aja ntar punya pacar lagi, heheheh

    Posted by Tari-ssi | November 15, 2010, 11:14 pm
  5. hehehe kalau gak diperbolehin pacaran gmana tu?, mending injak kompling trus arahkan masukan ke posisi mundur, tancat gas hahaha

    Posted by Blognya anak padmanaba | November 16, 2010, 1:10 pm
  6. hehehe kalau gak diperbolehin pacaran gmana tu?, mending injak kompling trus arahkan masukan ke posisi mundur, tancap gas hahaha

    Posted by Blognya anak padmanaba | November 16, 2010, 1:10 pm
  7. wah keren

    salam kn;

    Posted by asmarie | November 16, 2010, 4:43 pm
  8. ma kasih. salam kenal juga ya🙂 thanks for visiting.

    Posted by Sya | November 16, 2010, 4:57 pm
  9. Duh, akuu masih keciiil nih, belum terfikir pacaran hehehehe

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | November 17, 2010, 11:03 am
  10. tips yang sangat bermanfaat utk para calon pasangan ketika masih berpacaran , Sya.
    kalau bunda malah lebih suka dgn yg apa adanya saja, krn sekarang anak2 bunda dua2nya sudah besar2 da punya pacar, maka bunda hanya menyampaikan pembicaraan yg standard dan biasa2 saja, toh rencana mereka utk serius masih sangat jauh, biarlah mereka saling kenal dan saling memahami dulu saja .
    yang paling penting justru sopan santun dan etika pd ortu.
    salam

    Posted by bundadontworry | November 18, 2010, 11:14 am
    • Wah sepertinya Bunda sangat mengerti anak muda ya. Hehehehe.
      Beruntung anaknya Bunda ya, soalnya kadang-kadang kan ada orang tua yg agak ‘susah’ utk masalah seperti ini. Saya setuju Bunda, sopan santun dan tetap menjaga etika bila bertemu orang tua.

      Posted by Sya | November 18, 2010, 12:38 pm
  11. Nah ini dia nih…:mrgreen:

    Saya belom sampe tahap ini..😳

    Pengen secepatnya sih…😦 Tapi……… Tapi……… keluarga si dia ada di Bekasiii!😆

    Posted by Asop | November 18, 2010, 3:42 pm
  12. wahh…keren mbak…!!!

    tipsnya boleh juga…heheheee…😆

    Posted by Dina Aprilia | November 23, 2010, 10:58 am
  13. kalau aku sih, cukup potong rambut dan dekatin adenya.. adenya nempel keluarganya mungkin juga bisa..hehe

    Posted by igas | November 27, 2010, 12:25 am
  14. hhee,,,mantap,,,gw gak pernah berkunjung tapi sis,,,,
    kalo tips dikunjungi keluarga pacar begimana???hhhaaa,,,,,

    Posted by puu | December 2, 2010, 1:01 pm
  15. . langsung nyoba ah tipsnya … hehe … 🙂

    Posted by Nia | December 7, 2010, 6:53 pm
  16. wahh bener tuhh
    coba ahh

    Posted by angga | July 1, 2011, 10:43 am
  17. Wah.. Bagus ini tipsnya🙂. Kalau tiba waktunya bisa diaplikasi😀. Salam kenal

    Posted by Paul | March 25, 2012, 9:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!