you are reading
Daily story

Lama-Lama Vegetarian

Saya sempat kesal sewaktu pacar saya membeli lauk ikan dan ayam padahal saya sudah masak tumis buncis plus putren dan oseng-oseng tahu telur. Saya jadi mengerti kenapa Bunda saya begitu kesal kalau anak-anaknya enggan memakan masakannya. Sudah capek-capek masak, eh tidak dimakan. Memang sih pacar saya tetap memakan habis masakan saya yang menurutnya enak. Ini benar lho, hehehe. Tapi dia merasa butuh daging, butuh protein. Meski sempat kesal, akhirnya saya minta maaf. Saya sadar bukan salah dia kalau dia butuh daging karena setiap hari itu jadi makanannya.

Semenjak ngekost, saya selalu masak sendiri. Dari kecil saya dibiasakan Bunda untuk tidak jajan. Bunda selalu menyiapkan bekal makan siang untuk saya bahkan sampai saya bekerja. Jadi, meskipun sekarang saya jauh dari Bunda, saya tetap membawa bekal ke kantor. Tapi setiap hari, menu yang saya masak adalah sayur, sayur dan sayur dilengkapi dengan tahu, tempe atau telur. Saya enggan masak daging, ayam atau ikan. Saya tipe orang yang geli-an, tidak bisa pegang benda-benda yang terlihat menjijikan dan berlendir seperti daging-dagingan. Mungkin sesekali saya masak sarden dan kornet, tapi kan tidak bagus terlalu sering makan makanan kaleng. Jadi saya jarang sekali memasaknya. Pernah beberapa kali saya masak ayam goreng mentega, tapi itu sedikit repot, karena saya hanya mau masak fillet ayam yang tersedia di pasar swalayan.

Kembali ke pacar saya yang merasa butuh daging, wah apa kabar dengan saya yang tiap hari makan sayur saja? Saya hanya makan daging jika saya jajan di luar padahal saya jarang jajan. Saya jadi rindu masakan Bunda. Kalau terus begini, lama-lama saya jadi vegetarian.

Discussion

35 thoughts on “Lama-Lama Vegetarian

  1. Nah, jangan lupakan daging dong, kan ada daging sehat, daging ikan.😀

    Wow, saya juga sejak pertengahan tahun ini suka bawa bekal makan siang ke kampus.:mrgreen: Maklum, saya lagi dalam program ngecilin perut yang mulai membuncit. Salah satunya mengatur asupan makanan. Di kampus gak ada makanan yang bener2 sehat. Bahkan temen2 cewek saya gak ada yang bawa bekal ke kampus.😆 *bangga*

    Posted by Asop | November 18, 2010, 3:46 pm
  2. kalo udah kebiasaan makan daging, tiap kali makan sayur pasti ada yang kerasa kurang *mengakui hal ini*😀

    tapi bagus juga tuh kalo vegetarian beneran, asal pinter kombinasiin aja biar ga kekurangan zat gizi tertentu🙂

    Posted by evillya | November 18, 2010, 6:01 pm
    • Iya, pertama-tama saya juga aneh, hanya makan sayur saja. Tapi karena saya memang suka sayur dan setiap makan harus ada sayur, jadi ga terlalu ngaruh juga sih.

      Nah itu dia, nampaknya harus pintar-pintar utak-atik menu.🙂

      Posted by Sya | November 19, 2010, 11:52 am
  3. waahhh..ntah kenapa aku selalu gagal kalo dah netapin hati (n tentunya diri ) buat jadi seorang vegetarian. hahaha…
    padahal pengen banget. aku sih, mikirnya..jadi vegetarian keren (selain sehat, of course^_^).hehe.
    tapi, aku saran aja…
    kamu jangan ninggalin ayam, daging n telur,,coz tubuh juga butuh mereka…yang gak bisa kamu dapetin di sayuran n buah-buahan..

    notes :sampe sekarang aku masih berusaha untuk ngebanyakin makan sayur dibanding daging ato ayam dengan cara selalu pesen makan like Capcay, Salad, or campuran sayur sejenisnya tiap kali makan di luar..
    jadi vegetarian menurut aku bukan hal yang menyiksa kog,say…coz kita bisa combine menu sayur yang kita suka atau ngreasiin sayur mayur yang kita masak biar gak ngerasa bosen..^_^

    Posted by nawangfiya | November 18, 2010, 7:38 pm
    • Oh jadi kamu malah pengen jadi vegetarian ya? Saya malah pernah terpikir kalau saya makan sapi nanti tingkah lakunya kayak sapi, hehehehe. Habis kan ada yg bilang you are what you eat. Hmm, benar ga ya? Tapi tetap ga berniat jadi vegetarian utk alasan apapun hanya sikon yg membuat saya jadi vegetarian temporer. Hhehehe.

      Tengkyu buat sarannya, saya masih sempatin buat makan telur, daging, ayam, dll koq🙂

      Btw, ini yg komen nawang atau fiya ya?🙂

      Posted by Sya | November 19, 2010, 11:57 am
  4. saya pernah berusaha untuk jadi vegetarian, tapi hanya bertahan satu bulan, karena tubuh menjadi lemas……

    Posted by komuter | November 19, 2010, 7:02 am
  5. Wah hebat, sudah terbiasa seperti itu, jadi bisa hidup hemat,
    saya juga pengen kayak begitu, dan nanti mendidik anak juga seperti itu hehe.. biar tidak jajan sembarangan, kan jadi aman dan juta hemat.
    Bali Villas Bali Villa

    Posted by Bali Property | November 19, 2010, 9:36 am
  6. wah, ternyata dirimu pinter masak ya Sya , hebat banget.
    waktu bunda seumuran dgn Sya, bunda malah gak ngerti sama sekali dgn urusan masak memasak begini😦

    Nothing wrong being Vegan kok ,Sya.
    alhamdulillah, bunda sudah kurang lebih 15thn, menjalani kehidupan sebagai lattovegetarian (makan sayuran, namun juga masih makan telur dan susu). Sama sekali tdk makan daging apapun dan unggas apapun.

    utk memenuhi kebutuhan protein, vitamin dan mineral ,kita bisa mendapatkan nya dr berbagai macam kacang2an, tahu, tempe dan buah2an.
    alhamdulilah, badan terasa lebih segar dan tentunya sehat.
    salam

    Posted by bundadontworry | November 20, 2010, 11:18 am
    • Belum pinter Bunda, baru belajar masak aja. Mau ga mau masak, soalnya di kostan ada kompor, sayang kalo ga dipake, apalagi saya ga suka jajan. Mungkin kalau saya ga ngekost, saya masih enggan masuk dapur.🙂

      Oh Bunda vegan ya? Saya baru tahu ada istilah lattovegetarian. Boleh tahu ga alasan Bunda jadi vegetarian?

      Iya Bunda, ma kasih banyak utk advice-nya. Saya akan coba utk lebih disiplin lagi soal makanan, biar lebih sehat.

      Posted by Sya | November 20, 2010, 12:07 pm
  7. Mbakkk

    wah.. saya juga lagi belajar jadi vegan loh mbak🙂

    Posted by Fiyaa | November 20, 2010, 3:48 pm
  8. Kunjungan balik.

    Waah, bagus dong kalau secara tidak langsung jadi vegetarian krn geli pegang daging mentah. Heheee…. saya sendiri pernah ngotot jadi vegetarian, hanya mengkonsumsi telur dan susu sebagai olahan dari sumber hewani. Tapi itu cuma tahan 3 bulan krn mama khawatir saya jadi sakit. Sekarang sih cuma konsumsi ikan dan daging unggas dan mengurangi daging merah. Saya ngga suka daging merah, tapi kalau mama bekelin itu mau ngga mau harus dimakan kan. Yaah, gagal lagi deh vegetariannya🙂

    salam kenal juga ya.

    Posted by merry go round | November 20, 2010, 7:20 pm
    • Tapi kalau ditanya orang kenapa jadi vegetarian, jawabnya karena geli pegang daging mentah kok jadi kurang keren ya? Hehehe. Katanya itu namanya latto vegetarian ya? Ga apa-apa gagal, yang penting nurut sama mama🙂

      Thanks utk kunjungan baliknya ya🙂

      Posted by Sya | November 22, 2010, 10:16 am
  9. halo jumpa lagi mbak, hhe engga papa jadi vegetarian mbak, tapi gak enaknya kalau di kantor ada yang ulangtahun trus beli makanan yang g ada sayurnya, hehehe mau makan apa mbak? peace

    Posted by Blognya anak padmanaba | November 20, 2010, 7:27 pm
  10. emang susah kalo suka geli.
    dulu waktu belajar masak, semua urusan motong daging diurus pacar,
    jadi saya gak nyentuh darah-darah seram ituuuu.
    sekarang sih udah berani.
    kerjain aja si pacar, mbak, kan dia yang mau makan.
    haha ..

    Posted by Zea Zee Jiggy | November 21, 2010, 2:00 am
  11. saya selalu suka sayuran, tapi kenapa kok susah banget ninggalin kebiasaan makan ayam, padahal menurut info ayam terlalu sering di konsumsi justru gak baik buat cewek.
    pengen sih ngejalanin vegetarian, tapi sulit utk memulainya terlalu banyak godaan.🙂

    Posted by Tari-ssi | November 21, 2010, 7:17 am
  12. wowwww vegetarian….
    hemmm saya keman-mana, mau di RM, Warteg atau tempat yang keren, yang dicari sambal dan lalapan plus sayur asem. mungkin ini udah bakat kali ya, bakat anak kebun hehehe

    Posted by jejak annas | November 21, 2010, 5:31 pm
  13. Masak daging kalau cuma sedikit memang malas, karena repot mulai dari persiapannya dan kotornya itu. Itu sebabnya kalau tinggal sendirian pasti cari yang praktis saja, masak sayur-sayuran saja. Jd tangan tidak perlu bau ikan, dapur jg gak bau amis.
    Saya sendiri malas ke dapur, terutama berurusan dengan daging2an…. jadi klo bedinde mudik ya beli makanan jadi saja…

    Posted by zee | November 22, 2010, 8:55 am
  14. hihihi..
    saya tidak ingin komen tentang anda vegetarian atau bagaimana.

    pikiran saya hanya berpikir:
    beruntung sekali itu pacarnya mba punya pacar kaya mba.
    dimasakin mulu soalnya, hehe.

    saya jadi pengen deh punya pacar kaya mba gitu, suka masak/
    sayur mulu gapapa laahh, yang penting kenyang, hehehe

    Posted by Tegas Bodoh | November 22, 2010, 4:24 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!