you are reading
About universe

Edisi Khusus Hamster Part 3

Beberapa bulan terakhir ini yang menemani saya di kostan selain teman kost saya adalah hamster-hamster peliharaan saya (bisa lihat edisi 1 dan edisi 2). Mulanya saya hanya pelihara sepasang hamster, tapi si hamster ini gemar beranak-pinak hingga jumlahnya menjadi 17 ekor. Sayangnya ada 2 bayi hamster yang mati dan yang 1 lagi kabur entah kemana.

Awalnya waktu masih ada sepasang, saya beri mereka nama yaitu Yin dan Yang, namun dengan jumlahnya yang makin banyak, saya sudah tidak lagi menamai mereka. Mereka terlihat mirip, jadi saya agak susah membedakannya. Apalagi semua ditaruh dalam 1 kandang.

Sepertinya hamster saya ini akan terus beranak-pinak, saya agak kewalahan juga mengurus mereka setiap ada hamster yang baru lahir. Saya harus menyediakan tempat khusus untuk si ibu dan bayinya, sedangkan kandang saya di kostan pun terbatas. Akhirnya, adik saya membawa 7 ekor hamster ke rumah. Di rumah saya juga ada 18 bayi hamster yang baru lahir. Kalau dihitung, hamster peliharaan kami berjumlah sekitar 41 ekor, belum termasuk hamster yang kabur-kaburan.

 

Ini anaknya Yin & Yang sedang ngeremin anaknya (cucunya Yin & Yang)

 

 

Ini anaknya Yin & Yang, lagi bercanda peluk-pelukan jadi seperti bola

Jumlah 41 itu akan bertambah. Nah, daripada tambah banyak dan tidak bisa terurus, kami berniat untuk menjual atau pun memberikan kepada mereka yang ingin merawatnya. Meskipun ada kekahawatiran kalau si hamster jatuh ke tangan yang salah. Ah semoga saja tidak.

Kenapa sih senang pelihara hamster apalagi sampai sebegitu banyak? Saya suka binatang dan memelihara binatang itu menyenangkan. Hal yang saya sukai dari memelihara hamster adalah melihat tingkah lakunya yang lucu. Ada saja hal-hal yang membuat saya senyum-senyum sendiri. Kalau makan saya suapi dengan tangan, mereka langsung mengerubung seperti lele. Saya suka melihat mereka bercanda, tidur bahkan menguap.

 

Yang albino lucu ya, seperti bola salju

Biasanya saya menengok mereka di pagi hari dan setelah pulang kerja. Tadi pagi sebelum mandi saya melihat mereka sebentar. Tiba-tiba si Yang mulai galak lagi, hamster yang lain diserang. Tidak sengaja saya melihat kelamin Yang berdarah. Wah pantas saja galak, dia sedang menstruasi. Ini pertama kalinya saya melihat hamster menstruasi. Sayang saya tidak bisa memfotonya. Ternyata bukan wanita saja yang galak kalau sedang datang bulan, hamster pun begitu😀 Alhamdulillah, anjing Herder saya, Kaya (lihat tentang Kaya di sini) tidak galak walau sedang dapat. Bisa dibayangkan kengerian yang ditimbulkan kalau dia galak. Ih serem.

 

Adegan waktu Yang menyerang anaknya

Hamster balita jenis Campbell Argente dan Albino

Discussion

38 thoughts on “Edisi Khusus Hamster Part 3

  1. wah piaraannya bagus banget,,.

    Posted by choirunnangim | December 2, 2010, 1:22 pm
  2. wah dulu waktu smp pernah melihara hamster pertama kali.karena masih lum tahu cara ngerawatnya baru belum seminggu udah meninggal.di daerahku sekarang juga banyak yang jual nich hamster,kadang jadi pengin nyoba pelihara lagi🙂

    Posted by grandchief | December 2, 2010, 3:52 pm
  3. Ehhh kalau kerepotan ngurusnya mau dong dikasih…..hehehehehehe…..

    Posted by GusPur | December 2, 2010, 10:19 pm
  4. sedikit mirip sama tikus ya mbak..
    wiih, kalo sampe 41 ekor ternak hamster itu namanya 😀

    Posted by An | December 3, 2010, 7:01 am
  5. wah kalo mau dibagiin aku mau ni… tapi emang mbaknya mau po ngirim ke jogja?

    jadi tahu aku kalo seseorang lagi menstruasi itu galak…

    Posted by choirul | December 3, 2010, 8:04 am
  6. wah banyak banget hamsternya…lucu2 lg…susah gak sih ngrawat hamster?

    Posted by wien | December 3, 2010, 3:15 pm
  7. wuih, yang albino lucu banget ya Sya🙂
    bunda juga pernah punya hamster, krn waktu itu bunda lama pergi keluar kota, akhirnya gak keurus, mati dweh😦
    yang satunya lagi entah kabur kemana😦
    salam

    Posted by bundadontworry | December 3, 2010, 4:34 pm
  8. Hamtaro

    Posted by andinoeg | December 3, 2010, 6:38 pm
  9. saya suka binatang,, tapi ga memeliharanya, takut ga keurus dan membuat menderita😦
    hamsternya sampai 41 ekor,, salute,, ngerawatnya pasti harus telaten🙂

    Posted by ysalma | December 4, 2010, 1:33 am
    • Kalau suka binatang tapi ga melihara berarti Mba Salma suka ke kebun binatang ya? Huehehe.
      Kalau siang hamster tidur, baru aktif jam 10 malam k atas. Jadi, ga perlu telaten banget,
      paling harus selalu perhatiin persediaan makan & minumnya aja.

      Posted by Sya | December 4, 2010, 10:16 am
  10. halo jumpa lagi mbak, sorry lagi berkunjung, lagi semesteran hhe

    wah itu bisa dijadikan bisnis hhe. “Hamster si gula jawa”, itu bagus buat nama tokonya hhehe

    Posted by Blognya anak padmanaba | December 4, 2010, 1:46 pm
    • Wah gimana ujiannya? Sukses ga? Semoga ya🙂
      Niatnya sih udah mau dijual-jualin. Wah lucu juga ya nama tokonya. Tapi nanti orang-orang berpikir kalo hamster saya rasa gula Jawa😀

      Posted by Sya | December 6, 2010, 2:55 pm
  11. 41 ekor? ternak itu namanya, kaya yang dijual di pasar hewan😀

    hamster saya sekarang juga sudah beranak, anaknya cuma 2..entah emang cuma ngelairin 2 atau yang lain dimakan saya juga ngga tau.

    Posted by evillya | December 5, 2010, 5:21 pm
  12. Serem juga, ternyata binatang menstruasi juga ya…..😐

    Ah, hamster emang lucuuuuuu banget…😳

    Posted by Asop | December 7, 2010, 7:15 pm
  13. waah banyak banget mba hamsternyaaa..dulu saya juga piara di kostan tapi mati😦

    Posted by dseptia | December 9, 2010, 8:31 am
  14. kok bisa sampe berjumlah 41 begitu. kapau saya apsti tidak telaten mengurusi sebanyak itu. Lah wong mengusuri 2 ekor saja sudah kewalahan

    Posted by mandor tempe | December 10, 2010, 7:15 pm
  15. Lucu ,,pengen punya hamster

    Posted by Yuan | December 12, 2010, 4:46 pm
  16. q jdi geli liatnya…

    Posted by fikri8 | December 12, 2010, 8:43 pm
  17. Mbak boleh numpang nanyak kalo hamsternya uda melahirkan gimana cara bersihkan kandangnya????
    pindahkan hamsternya dulu ya mbak???

    Posted by Berry | December 30, 2010, 2:03 pm
  18. aaah aku suka haaammssteerr >.<

    aku punya hamster sih, syriant tapinya, jadi gede-gede.. huhu.. males kalo kebanyakan punya hamster, takut mati😦

    Posted by takuya | January 10, 2011, 11:44 am
  19. buat temen-temen yang suka hamster n pgn tau tips-tips seputar hamster bisa gabung n cari info d’blog gw. . .

    ini alamatnya http://adiranahamster.blogspot.com
    .. insya allah informasinya lengkap bgt. .

    thx ya. .

    Posted by iam | February 12, 2011, 1:14 am

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!