you are reading
Daily story

Tips Mencegah Maag

Minggu lalu saya sedang dilanda penyakit malas akut. Kenapa malas akut? Karena saya serba malas melakukan apa pun termasuk makan. Padahal makan merupakan hal yang penting untuk kelangsungan hidup, sampai yang penting saja saya malas, makanya saya bilang malas akut. Pada Jum’at (07/01/2011), saya tidak makan malam malah langsung tidur sepulang kerja. Alhasil, saya langsung terserang sakit maag yang menyebabkan saya tidak ngantor selama 3 hari. Wah, dahsyat benar hanya sakit maag sampai tidak masuk 3 hari! Benar lho, sakit maag saya sudah kronis.

Karena saya kapok malas makan dan saya tidak ingin narablog mengalami hal serupa, maka saya ingin berbagi informasi tentang sakit maag. Sebenarnya, apa sih sakit maag itu? Maag atau tukak lambung adalah gangguan iritasi pada mukosa lambung akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Akibat daya tahan mukosa lambung tak sebanding dengan asam lambung yang berlebihan, maka mukosa lambung ini terluka dan mengalami iritasi. Sakit maag biasanya memiliki gejala seperti mual, perut terasa nyeri, perih, kembung dan sesak pada bagian atas perut (ulu hati).

Untuk mencegah penyakit maag, dapat dilakukan beberapa tips berikut:

  • Makan yang teratur. Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, intinya jangan sampai terlambat makan.
  • Jangan biarkan perut kosong saat jeda antara sarapan, makan siang dan makan malam. Isilah perut dengan cemilan yang tidak terlalu mengenyangkan seperti biskuit, kue atau roti.
  • Hindari atau kurangi makanan yang pedas atau panas seperti cabe, merica, jahe, dll.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat mengiritasi lambung, misal makanan yang asam, tape, durian, dsb.
  • Hindari stress psikis yang berlebihan.
  • Hindari mengkonsumsi obat yang dapat mengiritasi lambung seperti obat penahan sakit golongan salisilat (seperti aspirin) atau NSAID kecuali diresepkan oleh dokter.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, rokok dan alkohol.

*Sumber: blogsehat.com, sumber gambar: vanillaalatte.blogspot.com

Discussion

32 thoughts on “Tips Mencegah Maag

  1. Nah tuh udah tau pantangannya, tinggal dilaksanakan aja
    semoga sakit maagnya nggak kambuh lagi

    Posted by monda | January 13, 2011, 5:28 pm
  2. kalo gejala magh uh kayak apa sih mbak soalnya temen saya kadang kadang nyeri di perut tapi terus kadang kadang ilang apa itu magh ya

    Posted by and1k | January 13, 2011, 7:23 pm
  3. MAKASIH YA INFONYA…SAYA JUGA SERING SAKIT MAAG

    Posted by ravaelz | January 14, 2011, 9:20 am
  4. jangan males makan lagi ya mbak..🙂

    Posted by fitrimelinda | January 14, 2011, 10:35 am
  5. Waktu kuliah 20 th lalu sy sempat menderita maag kronis. Alhamdulillah sekarang gak pernah kambuh lagi.

    Posted by M Mursyid PW | January 14, 2011, 12:52 pm
  6. Sering-sering makan kerupuk jangek mbak,, bagus banget tuh buat yg magg,, saya alhamdulillah ga pernah lagi nih sekarang… salam kenal🙂

    Posted by miss j | January 14, 2011, 3:31 pm
  7. Sering-sering makan kerupuk jangek mbak, bagus banget tu buat maag, seekarang alhamdulillah ga pernah lagi,, salam kenal🙂

    Posted by miss j | January 14, 2011, 3:35 pm
  8. alhamdulillah, aku jarang kena maag.. mungkin karena aku hobinya makan -.-

    Posted by takuya | January 14, 2011, 3:50 pm
  9. Boleh d coba tipsnya
    kebetulan maag juga hehe

    Posted by Runa Van Error | January 14, 2011, 5:57 pm
  10. terima kasih informasinya, sangat bermanfaat buat saya, karna pernah mengalami hal ini.

    salam

    Posted by Nata | January 14, 2011, 9:15 pm
  11. pantesan, setiap minum kopi, perutnya langsung nggak enak.
    yang paling susah tuh sarapan mbaak, sering kelupaaan..😦

    Posted by thisisrizka | January 14, 2011, 10:34 pm
  12. lah aku pecandu kopi.. tapi kok engga pernah kena mag yah.. aneh nih

    Posted by lozz akbar | January 15, 2011, 1:10 am
  13. wah, mbak. Pola makan saya tidak teratur. Kadang kalo lagi diribetin sama tugas sehari cuma sekali. Ditambah lagi saya gemar makan pedas.
    Oh ya, di buku biologi SMA disebutkan bahwa dalam keadaan marah lambung kita memproduksi asam lebih banyak.
    Sabar juga salah satu pencegahan sakit magh🙂

    Posted by An | January 15, 2011, 6:38 pm
    • Kalau makan ga teratur dan suka makanan pedas, kamu harus hati-hati tuh.
      Hmm, oh gitu ya, saya malah cuma taunya kalau lagi stress asam di lambung jadi banyak.
      Well, berarti tipsnya harus tambah satu nih, dilarang marah😀

      Posted by Sya | January 17, 2011, 11:56 am
  14. nice tips karena aku juga termasuk penderita maag akut

    Posted by Daun | January 15, 2011, 7:50 pm
  15. wah boleh juga tuh tips nya mbak….
    tar saya coba dech kebetulan saya juga suka mag

    Posted by pudin | January 19, 2011, 12:58 am
  16. bisa dicoba ni,,, aku jg penderita maag…
    salam kenal…

    Posted by mabruri sirampog | January 20, 2011, 8:46 am
  17. Salam², semoga terbebas dari makhluk yang namanya maag ,,,😆

    Posted by Sanaz Ae | February 1, 2011, 11:59 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!