you are reading
About universe

Yuk, Bantu Kurangi Penebangan Hutan!

Kemarin berkunjung ke blog Mas Gie dan  saya tersentuh dengan tulisannya tentang hutan. Sebelumnya memang sudah tahu akan kondisi hutan Indonesia tapi baca postingan tersebut mengingatkan saya kembali. Latah ikutan buat postingan tentang hutan juga, sambil berharap dengan tulisan ini bisa memberikan efek yang sama, yaitu menyentuh kesadaran yang membacanya.

Indonesia merupakan hutan hujan terluas di Asia, bahkan Indonesia merupakan paru-paru dunia. Kini hutan-hutan di Indonesia termasuk dalam beberapa hutan dunia yang terancam kelestariannya. Jumlah hutan di Indonesia makin turun dan banyak dihancurkan akibat penebangan hutan, penambangan, perkebunan agrikultur, kolonisasi dan aktivitas lain yang substansial seperti memindahkan lahan pertanian dan menebang kayu untuk bahan bakar.

Di Indonesia, penebangan kayu secara legal mempengaruhi 700.000-850.000 hektar hutan setiap tahunnya, namun penebangan hutan ilegal yang telah menyebar meningkatkan secara drastis keseluruhan daerah yang ditebang hingga 1.200.000 – 1.400.000  hektar. 75% penebangan hutan di Indonesia dilakukan secara ilegal. Meskipun ada larangan resmi untuk mengekspor kayu dari Indonesia, kegiatan ekspor kayu tetap berjalan. Indonesia kehilangan pemasukan sekitar 1 milyar USD per tahun dari pajak akibat perdagangan gelap ini. Penambangan ilegal ini juga merugikan bisnis kayu yang resmi dengan berkurangnya suplai kayu yang bisa diproses serta menurunkan harga internasional untuk kayu dan produk kayu.

Penebangan hutan yang dilakukan secara besar-besaran akan menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan kita, seperti bencana kekeringan, banjir, tanah longsor, global warming, dll. Sejak tahun 2010 lalu, Indonesia kerap dilanda bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang salah satu penyebabnya adalah penebangan hutan secara liar.

Kalau  terus mengandalkan usaha pemerintah dan enggan melakukan sesuatu, mungkin beberapa tahun ke depan tidak ada hutan di Indonesia dan bencana alam akan sering terjadi. Untungnya, banyak orang yang masih peduli dengan keadaan hutan kita. Gerakan menanam 1 miliar pohon, gerakan 1 orang menanam 1 pohon, gerakan 1000 pohon dan gerakan menanam pohon lainnya kini kerap digalakkan. Kalau gerakan penanaman pohon seperti itu terasa sulit untuk dilakukan, kita bisa memulai kepedulian dengan hal yang lebih mudah seperti mengurangi penggunaan tisu dan kertas yang bahan bakunya adalah kayu. Jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan tisu seperti saya, ke depannya kita harus membeli sapu tangan untuk mengganti fungsi tisu atau setidaknya tidak menggunakan tisu secara berlebihan. Kalau dalam pemakaian kertas, kita bisa mencetak hasil pekerjaan atau tugas di kertas bekas pakai. Di beberapa kantor juga sudah menerapkan hal ini.

Jika memang peduli dengan masa depan hutan,  kita bisa lakukan hal sederhana seperti di atas, menulis di blog atau pun hal lainnya, dengan begitu semoga bisa mengurangi kegiatan penebangan hutan. Melestarikan hutan harus dimulai dari hal terkecil dan dari diri sendiri. Jika seseorang telah memulai dari dirinya sendiri, kemudian diikuti oleh yang lain, yang lain dan yang lain. Insya Allah, kita bisa melestarikan hutan demi kelangsungan hidup kita sendiri.

 

 

*Sumber: world.mongabay.com, sumber gambar: realita-online.blogspot.com

 

Discussion

43 thoughts on “Yuk, Bantu Kurangi Penebangan Hutan!

  1. iya prihatin dengan peristiwa ini,menebang pohon di hutan kurang dari satu jam sudah roboh pohonnya tetapi menanamnya dan menunggu sampai pohon itu sebesar seperti pohon yang di tebang itu membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun,semoga banyak yang sadar akan lingkungan sekitarnya dan ikut peduli tentunya🙂

    Posted by grandchief | January 25, 2011, 2:45 pm
  2. lestari hutanku lestari bangsaku..

    Posted by giewahyudi | January 25, 2011, 2:50 pm
  3. dimulai dari diri kita, tanam 1 pohon

    Posted by andinoeg | January 25, 2011, 3:51 pm
  4. saya dukung sob…. hehehe😛

    Posted by julicavero | January 25, 2011, 4:06 pm
  5. Dukung go green😀

    Posted by iam | January 25, 2011, 4:37 pm
  6. Hayoo bantu kurangi penebangan hutan untuk kesehatan bumi kita….

    Posted by Blog Keluarga | January 25, 2011, 4:55 pm
  7. satu cara penghematan kertas di rumah kami halaman buku tulis yang belum ditulis dikumpulkan bisa dibuat menjadi 1 buku baru lagi

    Posted by monda | January 25, 2011, 5:06 pm
  8. ayo mulai menanam.:)

    Posted by TUKANG CoLoNG | January 25, 2011, 6:19 pm
  9. untuk di tempat tinggal saya masih terjaga kelestariannya

    Posted by ravaelz | January 25, 2011, 6:57 pm
  10. sebenarnya secara naluri kemanusiaan, kita merasa tenang dan segar dengan kehijauan tumbuhan dan ingin selalu berada disekitarnya….hanya para cukong yang tidak memandang itu sebagai hijau untuk keteduhan, tetapi hijau duit berkilauan…kalau dari masyrakat desa dan biasa tidak terlalu dalam penebangan hutan….mereka menebang untuk keperluan sendiri…sedang cukong HPH ?..bersambung dengan kepemimpinan negara juga akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaa..

    Posted by aryadevi | January 25, 2011, 7:04 pm
  11. wahh… aku baru tau kalo indonesia salah satu paru-paru dunia…🙄
    tapi kita ga cuma nulis di blog aja kan mbak? kita praktekin juga di dunia nyata …
    jadi sambil nybarin di blog, sambil nyontohin juga ke orang lain…

    Posted by veera | January 25, 2011, 8:58 pm
  12. sekarang sudah banyak bencana alam yg terjadi di depan mata, seperti banjir lahar dingin di merapai, karena sudah tidak adanya pepohohonan dilereng gunung. Banjir bandang di beberapa tempat, juga karena hutan sudah tidak memiliki fungsi yang benar.

    kalau tidak dimulai dari sekarang, kapanlagi kita mau melesatarikan hutan, agar tidak adalagi terjadi bencana.

    Posted by phonank | January 26, 2011, 5:36 am
  13. silahkan mampir kesini ya, blog baru loh..🙂

    Posted by giewahyudi | January 26, 2011, 8:40 am
  14. Seharusnya kita bangga dengan hutan indonesia sampe indonesia disebut sebagai paru-paru dunia. Tapi banyak orang yang nggak punya kesadaran utk melestarikan hutan indonesia. Nebang pohon sembarangan cuma buat uang.

    Wajar manusia mencari nafkah, tapi itu juga harus didasari oleh moral dan kesadaran. Karena gimanapun juga kalo kita merusak alam demi uang, itu berarti merusak tempat kita tinggal juga. Percuma banyak uang tapi kita tidak punya tempat yang bisa kita tinggali.

    Posted by pink | January 26, 2011, 8:48 am
  15. mari kita mulai dari sendiri dirumah, agar penebangan pohon tdk terus menerus terjadi, misalnya dgn penggunaan kertas semaksimal mungkin .
    salam

    Posted by gaya hidup | January 26, 2011, 9:17 am
  16. Tindakan nyata yang bisa dilakukan setiap orang ialah menghemat barang dari bahan baku kayu, misalkan kertas dan tissu, mungkin ini cara yang bisa kita lakukan.

    Posted by yusuf | January 26, 2011, 12:52 pm
  17. harus kembali menanam untuk bekal hari tua … 🙂

    Posted by fitr4y | January 26, 2011, 1:39 pm
  18. kurangi penggunaan kertas………

    Posted by komuter | January 26, 2011, 3:24 pm
  19. Wah, mesti belajar menggunakan sapu tangan nih mulai sekarang🙂

    Posted by Kakaakin | January 27, 2011, 1:27 am
  20. banyak resiko yang akan dihadapi kalau ini tidak segera dihentikan …..

    Posted by rubiyanto19 | January 27, 2011, 12:06 pm
  21. Hutan oh hutan…. nasibnya….😥

    Posted by Asop | January 27, 2011, 2:31 pm
  22. saya mau nanem pohon apa ya…malah bingung nih😀

    Posted by wien | January 27, 2011, 5:41 pm
  23. turut bersedih😦

    Posted by dalinsyi | January 29, 2011, 9:07 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!