you are reading
Articles

Cabai Ada Khasiatnya Juga Lho

Credit to pojoktawa.blogspot.com

Setelah sembuh dari maag akut, saya menghindari sambal. Tapi karena saya penyuka sambal, bila makan tanpa sambal kok terasa aneh ya? Saya pun bandel, tetap saja makan sambal meskipun sakit maag. Sebenarnya ada tidak sih khasiat dari cabai? Seharusnya sih ada, karena Tuhan selalu menciptakan sesuatu yang ada manfaatnya, tapi apa ya?

Ternyata cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini terdapat pada cabai hijau. Cabai juga mengandung lasparaginase dan capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker. Dalam beberapa tahun terakhir ini, capsaicin menarik perhatian para ilmuwan untuk diteliti secara khusus. Para ilmuwan menemukan manfaat dari capsaicin. Dr. Michael Caterina dari Amerika Serikat dalam risetnya menyebutkan capsaicin mengaktifkan sebagian kelompok saraf di lidah, bibir dan kulit. Pada kondisi ini capsaicin mendeteksi adanya stimulan rasa sakit. Pada masa depan, bukan tidak mungkin akan diciptakan obat pengurang rasa sakit dengan kandungan utama capsaicin .

Selain sebagai penghilang sakit, menurut penjelasan dr. Ari F Syam, SpPD,  dosen di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, capsaicin juga punya efek anti radang, meningkatkan nafsu makan dan mengatasi sembelit. “Cabai memang bisa meningkatkan peristaltik usus sehingga merangsang seseorang untuk buang air besar,” katanya. Selain capsaicin , cabai juga mengandung vitamin C, A, mineral dan serat. “Cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori lebih baik. Ini bisa dipakai untuk mengontrol berat badan,” ujarnya. Pada penderita sakit maag, makanan pedas dan asam memang sebaiknya dihindari. “Jika sakit maagnya membaik, masih bisa mengkonsumsi cabai walau jumlahnya sedikit,” ujar konsultan kesehatan lambung dan pencernaan ini.

Mengingat banyaknya manfaat cabai untuk tubuh, dr. Ari mengatakan tidak setuju jika konsumsi cabai harus dikurangi karena kenaikan harganya. “Justru seseorang akan lebih bersemangat kalau mengkonsumsi cabai,” serunya. Jadi, meskipun harga cabai naik, ayo makan cabai!

 

*Sumber:  Kompas.com

Discussion

17 thoughts on “Cabai Ada Khasiatnya Juga Lho

  1. belum makan kalo ngga ada cabe..bener tuh, cabe bisa menambah nafsu makan.. aku yang makannya cuma sepiring, kalo pake cabe bisa jadi 3 piring.. hehe..

    Posted by takuya | January 31, 2011, 4:52 pm
  2. muakknyosss

    Posted by genksukasuka | January 31, 2011, 10:01 pm
  3. katanya sich bisa mencegah kanker

    Posted by andinoeg | January 31, 2011, 11:02 pm
  4. hoh.. ada penjelasan ilmiahnya toh jebule..
    pantes nek abis makan sambel bawang, aku pengen ke belakang
    hehehehhehe

    Posted by ais ariani | February 1, 2011, 1:30 am
  5. Cabe itu obat sariawan secara mengandung vit. C banyak. Kalau saya sariawan pasti banyakin makan pedas ^_^ Parah ya? Btw, insya Allah besok ada Kuis Bang Aswi dengan hadiah2 menarik. Siap-siap ya? ^_^

    Posted by Bang Aswi | February 1, 2011, 11:31 am
  6. saya ndak suka pedes,… hehe…

    Posted by maseko cahyo | February 1, 2011, 3:40 pm
  7. Cabe bisa bikin tetap kurus juga kan ya? Bener apa ngga tuh? eh cabe apa cengek ya jadi bingung😀

    Posted by Bay | February 3, 2011, 10:23 am
  8. Cabe kalau belum jadi sambal sy gak bisa makan.

    Posted by M Mursyid PW | February 4, 2011, 12:30 am
  9. Benaaaaaar! Saya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti punya manfaat, bahkan nyamuk sekalipun punya manfaat!😀😀

    Posted by Asop | February 4, 2011, 2:58 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!