you are reading
Daily story

Manjali dan Cakrabirawa

Novel ini merupakan karya dari Ayu Utami. Merupakan kelanjutan dari roman spiritualisme kritis Bilangan Fu. Jika Bilangan Fu lebih filosofis, seri ini lebih merupakan petualangan memecahkan teka-teki yang berhubungan dengan sejarah dan budaya nusantara.

Seri roman misteri ini bercerita tentang Marja Manjali, seorang gadis Jakarta yang dititipkan berlibur oleh kekasihnya Sandi Yuda pada sahabat mereka, Parang Jati. Marja dan Parang Jati menjelajahi alam pedesaan Jawa dan candi-candi. Perjalanan selama beberapa hari membuat Marja menjadi semakin dekat dengan Parang Jati. Perlahan, Marja mulai jatuh cinta pada sahabatnya itu.

Liburan mereka bukan saja dipenuhi dengan permasalahan cinta segitiga, mereka berpetualang untuk menemukan Candi Calwanarang. Dalam perjalanannya mereka menjumpai teka-teki yang harus dipecahkan yaitu mencari makam Sarwengi, seorang Cakrabirawa. Teka-teki lainnya adalah mempertemukan Ibu Murni seorang Gerwani dengan anaknya yang terpisah semenjak dilahirkan.

Menurut saya, novel ini lebih ringan daripada seri sebelumnya, namun tetap memberikan banyak pengetahuan baru. Dengan membaca novel ini, pembacanya bisa lebih melek sejarah akan candi-candi di Jawa dan tentang Partai Komunis Indonesia.

Discussion

49 thoughts on “Manjali dan Cakrabirawa

  1. saya sudah lihat-lihat di toko buku, sayang belum tertarik. saya merasa greget Ayu sekarang tak sehebat pada awal-awalnya.

    Posted by M A Vip | February 18, 2011, 12:10 pm
  2. biasanya karya ayu utami bagus

    Posted by andinoeg | February 18, 2011, 12:43 pm
  3. ayu utami, karyanya punya kekuatan tersendiri. Untuk karya yg satu ini kalah dg pendahulunya saya tidak tahu karena belum baca, mungkin juga benar.. Hehe..
    Nice inpo..

    Posted by cholissragi | February 18, 2011, 12:54 pm
  4. Saya cuma bisa melongo Mbak sya.. maklum enggak ngerti novel

    Posted by lozz akbar | February 18, 2011, 2:31 pm
  5. novel misteri ya, ada unsur horornya ga? hehe

    Posted by takuya | February 18, 2011, 4:01 pm
  6. namanya aneh yah kayak nama2 jaman dulu gitu. hehehe
    oh bagus yah? saya sering liat buku ini sm Bilangan Fu juga, tp rasa2nya kurang tertarik aja. kirain teh buku tentang apa, ternyata novel yah?
    lanjutan dari Bilangan Fu? berarti harus baca dari Bilangan Fu yah?

    Posted by jasmineamira | February 18, 2011, 5:53 pm
  7. baca novel, tapi serasa pembaca di ajak ikut menjelajah juga ya, keren bgt🙂

    Posted by Mbakyu tary | February 18, 2011, 8:29 pm
  8. Wah ane blm pernah baca tuh novel’x

    Posted by Gaptek_ancorez | February 18, 2011, 9:59 pm
  9. waduh, aku udah jarang baca novel Indonesia neh.
    soale sukanya novel genre fantasi seh, hehe

    Posted by niee | February 18, 2011, 10:15 pm
  10. sayang sekali ayu utami tidak bisa mengulangi pencapaian spektakuler di novel pertamanya saman, pada novel terbarunya malah semakin mengalami penurunan kualitas …

    Posted by joe | February 18, 2011, 10:46 pm
  11. penasaran!
    secara pernah baca novel nya ayu utami, agak ga dong gitu aku nya.
    tapi kek nya yang ini seru. ada unsur pemandangan nyaa..

    Posted by ais ariani | February 18, 2011, 11:38 pm
  12. iya novel ini ‘Ayu Utami’ sekali, maksudnyamenunjukkan ciri khas Ayu Utami dan latar belakangnya.

    Posted by sakti | February 19, 2011, 6:57 am
  13. waaaaaaahhhhh menone ga pernah baca nich………….

    salam persahabatan dr MENONE

    Posted by MENONE | February 19, 2011, 2:07 pm
  14. wah suka juga baca novel ya
    tukeran dengan punya saya yuk..?
    hehehe

    Posted by mamung | February 19, 2011, 3:53 pm
  15. Wah saya belum pernah baca novel Ayu Utami. Sampai saat ini belum sreg, mungkin nanti kalau sudah mood. Saya lagi kasmaran sama novel sejarah PACAR MERAH dan novel Pramudya Ananta Tur. Ada yang tau Pacar Merah jilid dua sudah terbit2
    Salam

    Posted by Alris | February 19, 2011, 4:20 pm
  16. entah kenapa sejak dulu tak pernah suka dgn buku si Ayu ini, mungkin bukan tipe saya dalam tata cara penyampaiannya, xixixi
    TabiK

    Posted by shaleh | February 19, 2011, 5:10 pm
  17. Cakrabirawa itu bukannya sebutan buat pengawal presiden ya?
    Kok beda ya sama tema cerpen di atas? hihi…
    (*katrok kali aku!!😀

    Posted by masyhury | February 19, 2011, 9:51 pm
  18. saya juga suka baca novel

    Posted by ravaelz | February 20, 2011, 10:59 am
  19. Secara keseluruhan bagus gak, Sya? Soalnya aku mo beli masih ragu. Kebetulan sekarang lagi baca Saman, bagus sih. Baru satu itu karya Ayu yang kubaca.

    Posted by chocoVanilla | February 20, 2011, 2:24 pm
  20. saya sekarang malah ga ada banyak waktu lg buat baca2 buku atau novel…pengen baca sebenernya…heee

    Posted by wien | February 20, 2011, 5:40 pm
  21. aku blm pernah baca nih novel…bagus nih mbak keknya…

    salam…

    Posted by serlion | February 20, 2011, 5:43 pm
  22. waaah.. saya nggak terlalu tertarik sama novel.. tapi kayaknya ceritanya menarik tuh.. mungkin kalo dijadiin film akan lebih mudah saya serap ceritanya.. hhe..
    salam kenal🙂

    Posted by mirahmaniezt | February 20, 2011, 8:45 pm
  23. tampaknya novelnya baguss..😀

    Posted by julianusginting | February 21, 2011, 8:41 am
  24. cinta segitiganya yang ga’ nahan

    Posted by komuter | February 21, 2011, 11:23 am
  25. suka novel jg nih sis. Membaca ulasan ceritanya, sepertinya menarik apalagi ditambah budaya jawa. Seru pastinya.
    pkbr?udah lama tak berkunjung ke sini,…

    Posted by wits | February 21, 2011, 5:27 pm
  26. Aku belum baca siy🙂
    msk list beli buku😀

    Posted by Ceritaeka | February 23, 2011, 1:36 pm
  27. bahan skripsi saya novel ini, semoga sukses yah saya menganalisisnya, amiiiin…
    minta doa nya yah

    Posted by tiTa | April 4, 2012, 2:03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!