you are reading
Notes of minds

In Your Mind

Saya yakin hampir semua perempuan pernah mengalami yang namanya pelecehan seksual oleh lawan jenisnya. Sebab kebanyakan pria tidak sadar bahwa kata-kata yang dikeluarkan dari mulutnya termasuk pelecehan seksual. Banyak orang mengartikan bahwa pelecehan seksual hanya bersifat fisik padahal pelecehan seksual juga bisa bersifat verbal. Menurut wikipedia, pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks. Pelecehan seksual secara verbal seperti dan tidak terbatas pada: gurauan porno, siulan, julukan yang merendahkan dan atau non verbal seperti ekspresi wajah, gerak tubuh dan atau kontak fisik seperti, tidak terbatas pada, meraba-raba tubuh dan bentuk-bentuk lainnya yang dapat dianggap merendahkan martabat serta integritas tubuh seseorang.

Dulu saya suka mengenakan stelan atau rok di atas lutut. Seringnya saat di jalan, pria-pria menggoda dengan bersiul atau berkata yang bikin kuping iritasi. Ada beberapa orang yang bilang, hal-hal  seperti itu hanya ada di Jakarta. Orang Jakarta masih norak kalau melihat perempuan pakai rok pendek (maksudnya di jalan ya bukan di dalam mall). Lain kalau di Bali, orang Bali sudah maklum karena terbiasa melihat bule yang berpakaian minimalis. Namun, ketika saya ke Bali, tetap saja saya mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari seorang warga lokal. Entahlah, mungkin saat itu saya sedang apes.

Sebal dan tidak nyaman, itu yang saya rasakan saat mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Tapi saya masih merasa wajar, karena 100% bukan salah mereka.  Saya cukup tahu diri, saya sadar bahwa hal itu disebabkan oleh cara berpakaian saya. Saya  cukup hapal bahwa beberapa orang menjadikan cara perempuan berpakaian sebagai sebuah alasan mengapa pelecehan seksual terjadi. Okelah, mungkin kalau perempuan berpakaian tertutup, tidak akan terjadi hal seperti ini. Mungkin hal ini hanya terjadi pada perempuan yang suka berpakaian minim, seperti saya dahulu.

Sekarang saya memakai hijab. Setelah memakai hijab, saya merasakan perbedaan. Saya merasa nyaman dan terlindungi, tidak ada lagi yang menggoda saya di jalan selama beberapa waktu. Tapi rekor itu terpaksa pecah. Akhirnya ada juga pria yang berbuat tidak menyenangkan secara verbal. Padahal saya tidak mengenakan baju ketat, hijab saya menutupi bagian depan. Salah apa saya? Astaghfirullah, saya kaget benar. Kejadian serupa juga dialami oleh teman saya yang juga memakai hijab.

Lantas saya bertanya, pakaian seperti apa yang bisa menjauhkan perempuan dari pelecehan? Apakah harus memakai cadar, sampai mata saya saja yang terlihat? Saya rasa tidak. Menurut saya, ini tidak selalu karena cara perempuan berpakaian, bukan juga tentang di mana tempat tinggal saya. Ini tentang cara berpikir sebagian laki-laki. Tidak adil bila perempuan yang menjadi korban dalam pelecehan, perempuan jugalah yang disalahkan. Pelecehan seksual tidak 100% disebabkan oleh perempuan sendiri sebagai korban, pikiran pria juga turut andil. Mungkin di luar sana akan ada perempuan yang setuju dengan saya. Mungkin juga banyak pria yang mencibir saya. Insya Allah saya terima pro dan kontra asalkan segelintir kaum adam yang  pernah melakukan pelecehan bisa lebih menghargai perempuan apa pun yang dikenakannya. Lagu ini untuk segelintir dari kalian, semoga bisa tergugah.

I don’t want to believe
And I don’t want to live
By the excuses of your weakness

`Cause a woman should do
What she wants to do
There is no reason
For your shallow aggravation

Nothing wrong with this dress I wear
Nothing wrong with this smile I dare
Nothing wrong with my long back hair
I’ts all in your mind, in your mind

Nothing wrong with this legs you see
Nothing wrong with this lean body
And nothing wrong with the woman in me
Its’ all in your mind, in your mind

I just want to be sure
Don’t want anymore
You’re calling out names
Oh what a shame

Just open your mind
Then maybe you’ll find
That there’s no reason
For your shallow aggravation

This is the time
To change your mind
There’s still a chance
To change your mind
It’s plain to see
From anywhere that the only thing wrong
Is your irritating mind

Silahkan lihat videonya di sini.

 

Discussion

46 thoughts on “In Your Mind

  1. wah semoga aja pelaku pelcehan seksual itu benar-benar ditindak tegas…. salam prsahablogan

    Posted by Arief Bayu | March 4, 2011, 3:38 pm
  2. tentunya bukan contoh yang baik pelecehan seksual,saya juga mungkin akan marah kalau itu terjadi pada saudara perempuan saya sendiri.Mungkin terkadang itu bisa jadi suatu kebiasaan yang tidak disadari kaum pria bahwa mereka melakukan hal yang salah

    Posted by grandchief | March 4, 2011, 5:55 pm
  3. “Nothing wrong with my long back hair”
    hahaha :mrgreen: panggilan alam kesini

    wah sama kek komennya ya mbak.
    bisa jadi ada yang namanya salah tangkap diantara kedua belah pihak, apalagi pelecehan secara verbal, bisa jadi ada kelakuan si kucing garong (ini padanan katanya apa ya?) yang salah dari diri kita yang harus di instropeksi
    (*sok sok bijak😀 )

    masalah pakaian, dulu ada teman SMP yang walau pakaian nya serampangan seperti cewek nakal, tetapi sikapnya yang baik, membuat dia sangaat disegani oleh teman teman yang lain. hanya kesan pertamanya saja yang kurang oke

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | March 4, 2011, 7:32 pm
    • Hihihih, muncul yang namanya disebut-sebut.
      Kalau teman-teman mungkin tidak akan melecehkan, karena pelecehan lebih banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak kenal.

      Posted by Sya | March 7, 2011, 4:12 pm
  4. hmmm.. mau komen kek gini sebenernya sya;
    aku juga mengalami perubahan dari bergaya seenak udel berubah jadi memakai hijab.
    perlakuan suwit – suwit udah jarang aku terima,
    tapi diganti sama;
    “Assalamu’alaikuum bu haji.. mau kemana…”
    dengan nada sedikit menggoda.
    akhirnya salam nya aku bales dalam hati.

    memang tergantung dua belah pihak sya, bener..

    Posted by ais ariani | March 4, 2011, 8:56 pm
  5. makanya…… hai kaum tundukkan lah pandanganmu….karenanya hanya pandangan pertama yang diperbolehkan……kalau masalah cara pandang, saya punya teori dengan tingkat pendidikan/ilmu. Semakin tinggi tingkat pendidikan/ilmunya seseorang semakin bijak dia akan mengucapkan kalimat yang keluar dari mulutnya……..

    Posted by Necky | March 4, 2011, 9:46 pm
  6. suit…suit.. ctak.. hehehe saya cuma siulin yang komen loh Mbak Sya….

    Posted by lozz akbar | March 5, 2011, 12:49 am
  7. Barusan aku simak videonya, meski sedikit agak tersendat.
    Jika si perempuan tidak ingin terlecehkan, maka juga jangan membuka peluang untuk dilecehkan. Segala sesuatu yang ada di dunia ini selalu ada berpasangan. Ada hitam/putih, gelap/terang, dst. Sesungguhnya karena itulah maka alam ini disebut dunia tempat tinggal anak turun Adam dan Hawa. Maka memang kita musti cerdas mengelola hidup.

    Posted by M Mursyid PW | March 5, 2011, 9:33 am
  8. Kejahatan bukan hanya karena niat sipelakunya, tapi juga karena kesempatan.
    Waspadalah (bang napi)😛 <– Nyambung gak yah.

    Posted by Fauzan | March 5, 2011, 2:11 pm
  9. iya gan…meman kebanyakan pria tidak sadar dengan kata-kata yang dikeluarkannya…saya juga mengakui

    Posted by ravaelz | March 5, 2011, 3:55 pm
  10. Untung aku bukan tipe pria seperti itu..
    Kayaknya cuma cowok yang tak berpendidikan yg bisa ngomong begitu.. memalukan..!

    Tapi anehnya, ada juga loh cewek yg di lecehkan seperti itu malah seneng dan tampak manja!
    Please deh!! murahan banget ya..

    Posted by masyhury | March 6, 2011, 10:32 am
  11. pernah denger sitiran ini (correct if i’m wrong).. di otak cewe isinya kebanyakan tentang shopping, dan di otak cowo isinya kebanyakan tentang seks. ada juga loh cowo yang berpikiran ngeres waktu liat cewe berhijab, dia malah penasaran, dibalik hijab ini kaya apa, n ngayal tentang seks dengan si cewe berhijab. Astagfirullah. mudah2an cowo2 di sekitar kita bisa menahan nafsu dan mengendalikan diri/pikiran .

    Posted by ossy | March 6, 2011, 7:44 pm
  12. wew, diriku ndak seperti itu lho ….

    Posted by rubiyanto19 | March 7, 2011, 7:19 am
  13. memang sih kebanyakan pelecehan seksual banyak terjadi pada kaum wanita… namun juga tidak bisa dibilang sedikit para kaum lelaki mengalami pelecehan… mungkin juga banyak kaum wanita yang tidak setuju jika saya nyatakan begini. Jadi pemikiran setiap orang berbeda-beda, baik itu wanita ataupun pria… saya hanya melihat secara general bahwa kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja…

    Kalo saya dulu sebelum menikah, bila bertemu dengan wanita berhijab dengan benar dan menutupi dada saya sapa, saya tanya apakah sudah menikah, sudah ada calon atau sudah siap menikah??? kalo belum bisa ta’aruf gak ya??? Kalo itu apa ya????

    Pangsit Goreng Isi Sayur Dan Telur

    Posted by Blog Keluarga | Cerita | Anak | Pendidikan | Keuangan | Kesehatan | Kuliner | Tips | Blog Keluarga | March 7, 2011, 10:44 am
  14. betul mbak…
    aku juga sering digodain cowok2 tengil kayak begitu kalo lagi jalan…

    huhh…minta ditendang tuh kayaknya…

    mentang-mentang aku-nya imut…jadinya digodain terus…*digampar bakiak*

    Posted by Dina Aprilia | March 7, 2011, 5:56 pm
  15. wahh…
    kalo ntu udah lari ke moral cwo nya mbak.
    mau tu cwe pake cadar sekalipun kalo fikiran tu cwo mesum mulu, masih berpotensi tu mbak…
    salam kenal…

    Posted by Yan'shu | March 7, 2011, 10:51 pm
  16. Saya juga setuju dengan apa yang disampaikan .. salam kenal

    Posted by Pedagang Melayu | March 8, 2011, 7:32 am
  17. Pada akhirnya emang laki-laki itu makhluk iseng… hehehehe… pizz….

    Posted by chocoVanilla | March 8, 2011, 3:54 pm
  18. Saya setuju dengan kamu koq Sya.
    pernah saya jalan2 ke Mall dengan kaus ketat dan dipandangi cowok dengan nanar.
    saya samperin dan saya bilang, kenapa liat2 begitu?
    Eeeh dia bilang salah gue krn pake bajunya sembarangan.
    Lalu gue bilang bahwa soal pake baju itu hak gue, urusan gue, suka2 gue. Pria gak bisa ngatur cara berpakaian gue. Tapi pria bisa ngatur mata mereka. Otak mereka. So uruslah matamu gak usah urus cara pakaian gue.

    Kalo di Belanda, bahkan sesorang yg menatap nanar ke kaum nudis alias telanjang aja bisa dijatuhi hukuman lho

    Posted by Ceritaeka | March 8, 2011, 4:07 pm
  19. cowok memang kurang ajar yaaa… tp gak semua loh. saya tidak. :))

    Posted by Bung Iwan | March 8, 2011, 6:38 pm
  20. Hmmm… memang cadar itu tidak diwajibkan kok, dalam Islam. Cadar itu hanya kebudayaan sebuah suku di sana.🙂

    Wanita….
    Makhluk yang menawan…
    Harus dilindungi, caranya ya harus berpakaian tertutup.
    Ironisnya, malah banyak wanita yang muslim sejak lahir sampe sekarang (entah umur berapa) belum berpikir untuk berhijab…😦
    Padahal, bule, begitu masuk islam langsung rela dan ikhlas pake hijab. Mereka sadar sendiri.😐

    Ah sudahlah, semua ada jalannya masing2.😀

    Eh tapi, kalo mengejek fisik yang (maap) jelek, itu termasuk pelecehan kan ya? Tapi, bukan pelecehan seksual kan? Ehem… *batuk* seperti waktu dulu masih kecil, masih SD, sering ejek-ejekan ama temen2….😀

    Posted by Asop | March 10, 2011, 10:24 pm
  21. apalagi kalo lewat terminal, mbak.
    saya suka tuh digoda2in, dan saya kan emg suka jalan sendiri. meski udah pake hijab yg rada panjang, trs baju saya ga ketat, tetep aja suka digangguin. fuuiihhh
    hahaha jd curhat :p

    Posted by jasmineamira | March 12, 2011, 11:03 am
  22. tapi kadang cewek ngundang hasrat laki2 juga sih.harusnya jg bgtu mnutupi aurat,jilbab,rok panjang,lengan panjang.itu lebih baik.yah namanya menungso mbak,ketemu lawan jenis responsive nya beda2.hehehe
    Fitur Terbaru di Blog WordPress

    Posted by fajar | March 14, 2011, 10:32 pm
    • Kalau di kasus saya, saya memakai hijab & tidak pakai baju ketat tapi masih dilecehi. memang itu mengundang? It’s not a matter of what women dress but it’s a matter of what men think!

      Posted by Sya | March 18, 2011, 3:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!