you are reading
Notes of minds

First Love Forever Love

First love Forever Love merupakan novel karangan dari Shu Yi, penulis asal Tiongkok. Di negerinya, novel ini termasuk ke dalam deretan novel terlaris, terjual 80 juta eksemplar. Awalnya saya merasa ada yang kurang saat membaca novel ini. Mungkin karena saya terbiasa membaca karya sastra penulis Indonesia. Namun lama-kelamaan saya ikut tenggelam dalam ceritanya. Bahkan saya dibuat menangis oleh Shu Yi.

Novel ini berkisah tentang cinta pertama seorang gadis Tiongkok bernama Zhao Mei. Sebab tidak lulus masuk ke perguruan tinggi di Tiongkok, Zhao Mei memutuskan untuk kuliah di Odessa, Ukraina. Meskipun karenanya orang tua Zhao Mei harus bekerja ekstra demi membiayai kuliah anaknya. Dengan uang yang begitu pas-pasan, Zhao Mei tinggal di apartemen bersama Peng Weiwei. Sebagian besar pengeluaran Peng Weiwei yang menanggung. Kehidupan Zhao Mei dan Peng Weiwei sangat berbeda. Peng Weiwei selalu pergi keluar dengan pria yang berbeda tiap harinya. Sedangkan Mei belum pernah jatuh cinta, apalagi berpacaran.

Suatu hari Zhao Mei bertemu dengan Sun Jiayu. Jiayu adalah mantan kekasih Weiwei yang berpisah dengan cara yang tidak baik. Sejak pertemuan itu lama-kelamaan Mei dan Jiayu mulai dekat. Mereka pun sepakat untuk berpacaran. Karena tidak enak dengan Weiwei, Mei  menyembunyikan hal ini darinya. Namun hal itu tidak berlangsung lama, akhirnya Mei mengatakan yang sebenarnya. Weiwei marah besar. Mereka bertengkar hebat. Jiayu pun membujuk Mei untuk keluar dari apartemen dan meminta Mei untuk tinggal bersamanya. Weiwei bertambah murka. Pasalnya dengan reputasi Jiayu yang playboy, Jiayu tidak pernah membiarkan seorang perempuan untuk tinggal bersamanya. Tapi Jiayu berubah karena perempuan biasa seperti Mei yang kalah cantik dengan Weiwei.

Sejak malam pertengkaran itu, Mei memutuskan untuk tinggal bersama Sun Jiayu. Berawal dari sinilah kehidupan Zhao Mei sebagai gadis muda berubah. Ternyata pekerjaan Jiayu sebagai pengurus barang impor memiliki resiko yang besar. Banyak orang yang berusaha menjatuhkan usaha Jiayu, entah itu saingannya atau pun dari kepolisian. Bermacam masalah mereka hadapi, termasuk dari orang-orang yang berniat memisahkan mereka berdua. Mampukan Zhao Mei bertahan di sisi Sun Jiayu dan menghadapi semua itu?

Discussion

52 thoughts on “First Love Forever Love

  1. Saya kok enggak percaya ya first love itu forever love.
    Secara first love sudah enggak ada lagi.😦

    Posted by giewahyudi | March 9, 2011, 10:42 am
  2. wei… ada ulasan novel di sini y? sori baru mampir…

    kapan2 kalo akhirnya saya bisa bikin novel, baca juga ya. tengkiu🙂

    Posted by Lambertus Wahyu Hermawan | March 9, 2011, 11:35 am
  3. First Love Forever Love

    ^_^’ sangat bermakna…..

    tapi first love ku sapa ea… ato mang gak ada neh… xixixi

    Posted by pri crimbun | March 9, 2011, 11:53 am
  4. langsung hunting bukunya ke toko buku terdekat deh!🙂

    Posted by TUKANG CoLoNG | March 9, 2011, 12:31 pm
  5. sepertinya klise… tapi coba liat2 deh😀

    Posted by evillya | March 9, 2011, 1:15 pm
  6. jeng, review tuh buku ngapa ga dikirim ke media massa aja? kerenn kok, pasti dimuatnya loh, coba aja di Jawa Pos, my almamater

    Posted by Jeni | March 9, 2011, 1:54 pm
  7. wow masalah cinta ,novelnya pasti berat nich😀

    Posted by grandchief | March 9, 2011, 2:41 pm
  8. nobel romance ya? kalo romance kok saya kurang tertarik ya? hehe

    Posted by ageng | March 9, 2011, 7:45 pm
  9. Biasanya kalo novel romance ada adegan mewek2’nya😀
    Kalo cewek yang baca, kadang ikutan mewek jadinya😀
    Kalo menurut saya sih 1st love just cinta monyet, wkwkkwkw… :))

    Posted by Zippy | March 9, 2011, 8:21 pm
  10. Indahnya cinta…
    I love you, CInta…

    Pinjem dunk novelnya…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | March 9, 2011, 11:37 pm
  11. Selalu ada cerita di balik cinta
    oh hebatnya cinta🙂

    Posted by achoey el haris | March 10, 2011, 8:44 am
  12. Cinta pertama… Gak akan pernah bisa lupa -walau ternyata ga bisa memiliki- hiks8…

    Posted by dheeasy | March 10, 2011, 9:25 pm
  13. Saya termasuk orang yang menilai isi buku dari sampulnya lho.
    Dari sampulnya, rasanya buku ini nggak ada unsur tiongkoknya….😎

    Posted by Asop | March 10, 2011, 10:18 pm
  14. Membaca sinopsis nya koq menarik banget, Ada yang sudah jadi ebook gak😕😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Posted by Sugeng | March 10, 2011, 10:56 pm
  15. tempat kuliahnya keren, Ukraina
    nggak lazim, biasanya kan amerika, inggris atw prancis

    Posted by Lockjaw Theory | March 10, 2011, 11:08 pm
  16. Sepertinya cintanya mengalahkan semuanya yaa..

    Posted by ysalma | March 11, 2011, 9:15 am
  17. bikin penasaran ceritanya, langsung googling ah..
    sapa tau ada yg upload, jadi bisa baca novel gratisan hehe, thanks ulasanya

    Posted by Geafry Necolsen | March 11, 2011, 9:17 am
  18. saya udah baca mbak. menurut saya novelnya biasa aja. isinya melulu penderitaan yang dialami si perempuan. haduuh perempuan tuh kalo udah ‘cinta’ dan klepek-klepek ya…😀

    Posted by ilalang | March 13, 2011, 7:22 pm
  19. Cinta memang tak ada habisnya..
    selalu lekat di kehidupan kita
    entah apapun itu bentuknya…

    Maaf mbak baru sempat berkunjung..
    langsung borongan deh komennya..
    Heheheh
    Semoga sehat selalu…

    Posted by apikecil | March 18, 2011, 6:12 pm
  20. terhru bnget,,,, hampr mrip khdpan gw,,,,

    ampe g nyangka ja….. pkoknya the best

    Posted by azmi | April 8, 2011, 8:13 pm
  21. Pengen liat wajah pengarangnya alias shu yi
    Please…😀
    Suka banget sama ni novel hehe

    Posted by Zahra Ayu | June 23, 2011, 5:17 pm
  22. sedih banget endingnya😥
    but I like this novel

    Posted by Ulfa | September 13, 2011, 9:46 pm
  23. hambaran kehidupan yang complicated. udah kubaca 3x, mewek 3x juga.

    Posted by anik | October 11, 2011, 4:00 am
  24. dag sanggup lagi baca endingnya… sungguh menyedihkan…

    Posted by bintang cuityyyy | October 26, 2011, 8:39 pm
  25. smph ne nvel bkn W mwek trus
    pa ge PAS W bca do’a Sun Jiayu “PEREMPUANKU, KUDO’AKAN KAU BERBAHAGIA SEUMUR HIDUPMU!”😥

    Posted by selvi | November 7, 2011, 7:08 pm
  26. Aq udah baca novel.ny . . .ddduhh. . .tragis banget cerita.ny. .

    Dan sayang bgt . Novel ini sad ending . . .coba kalo happy ending. . .pasti lebih oke lagi. . .

    Posted by Ris | November 28, 2011, 1:23 pm
  27. ni novel menyentuh banget….aku suka karakter sun jiayu.aku ngga nyesel beli ni novel.lebih seru lagi klw di”bwt qan filmx….spya qt merasakan bersama-sama betapa indahnya ni cerita cinta.saya salut ama penulisnya.bwt shu yi,thanks nwa.

    Posted by yessi | January 9, 2012, 12:20 pm
  28. ini kisah nyata/ga sih yaa sebenernya?tragis bgt!

    Posted by Larasati Irfan (@larasatirfan) | February 1, 2012, 4:24 pm
  29. ini novel terjemahan asia pertama yg saya baca dan bikin banjir airmata.. kira2 ada novel asia lain gaak yg sebagus novel ini. rekomendasinya yaaa

    Posted by karinafacts | February 17, 2012, 9:04 pm
  30. cerita penuh darah🙂 romantis

    Posted by Rosari indah | March 21, 2012, 3:22 pm
  31. buset dah, tu buku emang keren abizz. gw bacanya ampe lbh dari 3 kali. odess, hmm spt aku berada di sana.rugi besar klo blm baca tu buku.

    Posted by Nisa An Najwa | December 14, 2012, 8:12 am

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!