you are reading
Foodism

Bekal Impian

Hampir setiap saat bila tidak sedang shaum saya membawa bekal sendiri. Pagi-pagi saya sudah belanja dan masak untuk bekal saya. Biasanya menu yang dibawa adalah menu masakan yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Maklum, saya berlomba dengan waktu untuk berangkat kerja. Menu mudah ala saya biasanya aneka jenis sayur yang ditumis atau dibuat sop, kemudian juga tempe, tahu dan telur yang dibuat macam-macam, seperti semur telur, tahu pedas atau orek tempe. Saya masak daging-dagingan hanya pada hari libur karena masak daging lebih membutuhkan banyak waktu.

Sebenarnya ingin juga  menyiapkan menu bekal yang lebih variatif dengan tampilan yang lucu seperti bekal orang Jepang di komik-komik. Namun sepertinya repot dan membutuhkan banyak waktu. Tapi, mungkin suatu saat saya akan mencobanya. Well, berdasar atas keinginan saya untuk membawa bekal seperti orang Jepang, saya lantas browsing di Mbah Google. Dari pencarian saya, saya baru tahu kalau bekal orang Jepang itu disebut bento. Menurut penjelasan di situs ini, bento adalah paket atau seporsi bekal yang biasanya dimakan saat makan siang dan kadang bekal berjumlah besar untuk tujuan piknik, makan malam dan pesta. Biasanya bento terdiri dari nasi atau mie, protein dari daging, ayam, ikan atau tahu dan acar  atau pun sayuran yang dikemas dalam suatu wadah. Di Jepang, bento merupakan seni memasak. Mereka percaya bahwa bento dapat menyalurkan perasaan cinta si pemasak kepada yang memakannya. Makanya di komik-komik Jepang banyak perempuan yang suka membawa bento untuk kekasihnya.

 

Credit to cookingcute.com

Credit to cookingcute.com

Credit to cookingcute.com

Credit to aibento.net

Credit to aibento.net

 

Credit to mybentolicious.com

Credit to mybentolicious.com

Credit to mybentolicious.com

Bekalnya lucu-lucu kan? Dan tahukah kalian, bahwa si pembuat bento di tiga gambar terakhir adalah Mrs. Lia Chen yang ternyata orang Indonesia. Mungkin kekreatifan para pembuat bento bisa tertular kepada kita di Indonesia, ya sapa tahu bisa mengurangi tingkat konsumtif kita terhadap jajanan di toko atau mallWell, nampaknya itu akan menjadi bekal impian saya. Semoga suatu saat saya bisa membuatnya, mungkin jika ada waktu luang, mungkin jika sedang tak malas atau mungkin jika saya sudah punya anak ^__^

Discussion

42 thoughts on “Bekal Impian

  1. i want to get one

    Posted by my website | March 16, 2011, 2:39 pm
  2. itu mah bukan impian mbak aja, saya juga hahaha.. salam kenal mbak sya

    Posted by auraman | March 16, 2011, 5:33 pm
  3. Menarik… dan sekaligus bikin laper…
    Orang Indonesia emang kreatip

    Saya udah lama banget nggak masak
    *walaupun kualitas masakannya belum teruji, tapi berpotensi kok <– promosi:mrgreen:

    Posted by yoriyuliandra | March 16, 2011, 6:16 pm
  4. wedow,, makanan tampilannya menarik,,
    saya termasuk yang malas untuk itu,, yang penting sehat, mudah dibuat, beres🙂
    ntar kalo udah ahli boleh dibagi-bagi ilmunya ya sya..

    Posted by ysalma | March 16, 2011, 7:15 pm
  5. wah klo saya malah gak tega memakannya……abis bentuknya bikin gemes

    Posted by riez | March 16, 2011, 7:29 pm
  6. wah fotone bikin perutq keroncongan mbak..hehehe

    Posted by ravaelz | March 16, 2011, 7:58 pm
  7. jangan lupa kalau jadi buat ….kirim2 yah

    Posted by Necky | March 16, 2011, 9:48 pm
  8. aku juga bawa bekal ke kantor,
    makan siang rame2 dan saling tukeran bekal,
    kadang kalau salah satu ada yang nggak bawa bekal pasti kebagian, karena kita bawa sengaja agak lebihan

    Posted by monda | March 16, 2011, 9:48 pm
  9. Hhmm,,,, nyummy nyummy,,, jadi pengeeeennnn🙂

    Salam semangat selalu untuk impiannya ya,,,

    Posted by Joko Setiawan | March 16, 2011, 10:08 pm
  10. japan is in a crisis right now

    Posted by click here | March 17, 2011, 7:38 am
  11. ya ampun klo bekal nya kek gitu sayang kali buat di makan,,,yg ada pasti jd objek poto2 dulu xixixix

    Posted by Anugrha13 | March 17, 2011, 10:31 am
  12. mbak…
    kalo bekalnya lucu-lucu gitu saya jadi nggak tega memakannya..
    hehe

    Posted by anla arinda | March 17, 2011, 5:50 pm
  13. Kalo bekalnya imut gitu tak pelolotin saja biar kenyang,,,,hehehehe eman seng kate mangan,,,hehehehe
    salam kenal dari jember

    Posted by Arif Bayu | March 17, 2011, 6:13 pm
  14. Itu mah makannya juga sayang hahaha

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | March 17, 2011, 9:04 pm
  15. wah namanya bento ya, seperti lagunya iwan fals ya….

    Posted by joe | March 17, 2011, 9:19 pm
  16. Benar2 bekal impian, bikin ngiler, hehe…

    Posted by Masbro | March 17, 2011, 9:52 pm
  17. mungkin kalo dah punya suami .. heheheh 😀

    Posted by fitr4y | March 18, 2011, 10:25 am
  18. unik dan lucu ya bento2nya…dulu saya kira nama orang lho bento itu😀 ternyata nama bekal makanan orang jepang…hehe

    Posted by wien | March 18, 2011, 12:32 pm
  19. aku juga pengen banget bisa sempet untuk bikin makanan ber-garnish cantik macem gini.. termasuk juga ngasih ke orang lain😛

    Posted by fatma mu'az | March 18, 2011, 12:45 pm
  20. Wah, bagus ya. Kayaknya kalo bekel kayak gitu males makan ya, mending dipajang di dinding..🙂

    Posted by dira | March 18, 2011, 1:44 pm
  21. Waaahhh, kl ini sih bekal impian saya juga mbakkkk..
    nulis komen sambi ngiler2…
    heheheheh

    Posted by apikecil | March 18, 2011, 9:12 pm
  22. hemm yammi……. ngeliatnya aja sampe ngelir mbak..😛

    Posted by Fikriyansyah | March 19, 2011, 3:18 am
  23. Wa’alaikum salaam warohmatulloh. Maaf sist baru bisa balas komentar.
    Nice post, Creative!

    Posted by Afif Fatkhurrohman | March 19, 2011, 4:19 pm
  24. wah saya jadi berpikir jika Bento itu sebenarnya diambil dari bahasa Jawa Mbak Sya.. buktinya kan nama bekal makanan kalau dalam basa Jawa namanya Bontotan.. berhubung lidah orang Jepang enggak bisa omong Jowo Kromo Inggil, jadinya Bento deh hehehe

    Posted by lozz akbar | March 19, 2011, 8:36 pm
  25. itu benar gambar makanan yah kak??.
    kalau memang benar makanan siapa yang tega memakan makanan yan cantik itu?? …

    Posted by RhyFhad | March 20, 2011, 3:02 pm
  26. asik tuh dibikinin begituan, bisa2 gak jajan diluar lagi deh. hehehe.

    Posted by kamaropini | March 21, 2011, 10:08 am
  27. Temen suamiku ada yang jago banget bikin bento, setiap hari sebelum berangkat kerja nyempetin untuk buatin bento untuk bekal anaknya yang masih TK. Lucu2 banget, yang bukan anak TK aja ngiler gituh ngeliatnya. Kepingin juga belajar, tapi suami ga mau dibikinin bekal model begitu, malu katanya😆 jadi yaa akhirnya yang std aja deh. Tapi nanti kalo beneran bisa jadi guru TK, mo belajar biar bisa kasih tips/kursus singkat ke ibu2 murid untuk bikinin bekal anak2nya ala bento biar anaknya ga bosen.

    Btw, soal rumah di pocin residence, terakhir awal tahun masih ada 1 sya yang free, tapi skarang udah diisi sama mahasiswa UI deh kayanya (tajir gila, msh mahasiswa udah dibeliin rumah heehehe). Tapi sepertinya banyak deh perumahan2 baru di sekitaran Depok, Margonda, coba nanti kalo ada inpoh aku kasi tau deh ya ato brosing2 aja. Dulu, aku jg dapet itu rumah dari hasil brosing di internet.

    Posted by zoothera | March 22, 2011, 9:50 pm
    • Wah hebat banget tuh bisa nyapin bento buat anaknya sebelum kerja.
      Iya Mba, kalau udah jadi guru TK, ibu-ibu muridnya diajarin. Jadi si murid ga jajan di luar & makannya pun tambah semangat🙂
      Kalau suamimu ga mau, saya mau koq dibikinin bento sama Mba Anis, hehehehe.

      Ampun dah, masih kuliah udah dibeliin rumah. Anak UI sekarang tajir-tajir ya. Boleh tuh Mba kalau ada info, ntar saya juga coba browsing di mbah google deh🙂

      Posted by Sya | March 23, 2011, 12:24 pm
  28. hem… sebagai ahli memakan dan tidak bisa memasak, saya hanya bisa bilang, semogaaaaa nanti ada yang bersedia bikinin saya bento… he8

    *terkagum-kagum melihat bento-bento ituh

    Posted by dheeasy | March 24, 2011, 12:23 pm
  29. Hmmm..nice..mantab dah..numpang lewat nih..btw info bwt sobat yg mo download lngsung kesini aja ya..www.hepidownload.worpdress.com

    Posted by hepidownload | March 25, 2011, 3:56 pm
  30. mbak sya rajin banget bikin bekel sendiri🙂
    saya (meski mama yg buatin) hehehe tetep aja suka ga sempet untuk bikin bekel sendiri, dan kadang2 suka nyesel ga bawa bekel, soalnya harga makanan sekarang suka menguras isi dompetku -.-‘
    ayooo mbak belajar bikin bento kayak gitu. hihihiihii😉

    Posted by jasmineamira | March 26, 2011, 8:19 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Gambar Lucu Untuk Anak Tk | Free Info, Foto & Video Bugil Gratis - March 30, 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!