you are reading
Mood of the day

Obat Rindu Si Kuping Melayu

Pasti ada beberapa orang yang akrab dengan lagu Cinta Melulu-nya Efek Rumah Kaca. Lagu yang menyinggung tentang  musik Indonesia yang selera pasarnya adalah lagu cinta sendu dengan irama yang mendayu, seperti yang tertuang pada liriknya;

Lagu cinta melulu
Kita memang benar-benar melayu
Suka mendayu-dayu
Apa memang karena kuping melayu
Suka yang sendu-sendu
Lagu cinta melulu

Tapi nampaknya hal itu tidak hanya berlaku bagi pasar musik Indonesia.  Kenapa saya bilang selera musik yang ‘melayu’ alias sendu dan mendayu tidak hanya berlaku untuk musik Indonesia? Karena saya baru saja menyadari kalau musik britpop yang selama ini saya suka juga mendayu-dayu, meskipun tidak semuanya seperti itu. Tapi coba dengar lagu-lagu dari The Verve, Suede, The Cure, The Strokes, Placebo, Blur, Catatonia, Coldplay dan teman-temannya. Pasti akan ditemukan satu dari beberapa lagu mereka yang terkesan suram, sendu dan mendayu-dayu. Aha berarti kuping saya memang kuping Melayu. Meskipun saya kurang suka dengan musik Indonesia, tetap saja tanpa disadari kuping saya mendamba irama mendayu-dayu dengan lirik yang sedih. Hahahaha.

Berbicara tentang musik britpop, apa kabar mereka band-band kesukaan saya yang dulu berjaya di tahun 90-an? Saya rindu masa-masa itu, saat di mana musik britpop sering diputar di Prambors. Sekarang band-band kesukaan saya agak kurang terdengar, terganti dengan band-band selera pasar saat ini. Namun, ada band yang terbilang baru dengan genre sejenis  bernama Paramore. Saat ini lagunya yang saya suka adalah The Only Exception. Memang bukan lagu baru, tapi mampu mengobati rasa rindu untuk kuping Melayu saya ini😳

Discussion

20 thoughts on “Obat Rindu Si Kuping Melayu

  1. Lagu ERK itu memang TOP, menyindir dengan lagu yang elegan..
    Toplist saya setiap malam itu..

    Posted by giewahyudi | March 25, 2011, 11:35 am
  2. Paramore? ke-melayu-an? Wah menurut aku sih, mereka band rock yang cukup keras utk ukuran band dgn vokalis cewe.Tapi mungkin harus denger lagu ini dulu kali yah, sebelum menilai hehe

    Posted by oktina-chan | March 25, 2011, 11:36 am
  3. Kebanyakan lagu Indonesia sekarang alay dan patah hati.
    Hati2 lho, pengalaman aku kalau dengar lagu2 sedih gt malah terjadi ma kita. Jadi kita dengar lagu2 yang optimis dan ceria kayak Jazz lebih sering. haha….

    Aku suka lagu2 90’an daripada sekarang nih….

    Posted by arie may | March 25, 2011, 11:45 am
    • Saya ga tega bilang alay Rie, meskipun kenyataannya begitu:mrgreen:
      Justru kalau sedih dan ga bisa nangis saya denger lagu mellow, biar keluar air matanya kan jadi lega. Hehhehe.
      Setuju banget, lagu 90an emang lebih enak ya.

      Posted by Sya | March 26, 2011, 11:54 am
  4. Yeah! Saya suka Efek Rumah Kaca!😆
    Justru saya suka dengan lirirk2 mereka yang lugas dan terang2an mengkritik.:mrgreen:

    Posted by Asop | March 25, 2011, 2:27 pm
  5. bener juga siy yah … aku suka banget sama coldplay … jaman2 kuliah dulu tiap saat yg didengerin coldplay .. emang bikin hati makin berkabut yah?? suaranya itu loooh…baru nyadar sekarang…hmmmm

    Posted by nadine's mom | March 25, 2011, 2:57 pm
  6. ow ini postingannya. EFEK Rumah Kaca suka yg judulnya Di Udara,terus paramore yang Decode..

    Posted by riez | March 25, 2011, 6:00 pm
  7. hiduuupp coldplay! *lho? :p
    paramore oke jg sih. tp tetep hidup coldplay!:mrgreen:

    Posted by jasmineamira | March 26, 2011, 9:35 am
    • Ternyata suka sama Coldplay juga. Coldplay emang mantab. Kalau versi Indonesia-nya bisa dengerin Nidji. Pertama kali dengar lagu Nidji langsung ngerasa gila Coldplay banget🙂

      Posted by Sya | March 26, 2011, 11:24 am
  8. saya penggemar rhoma irama…
    hihihihihiihh….

    Posted by eyha | March 26, 2011, 7:38 pm
  9. hmm.. iya ya.. aku sendiri penikmat sekali blur.. suram bagaimanaa gitu ya..
    dan hmmm.. iya ya, oasis, blur, suede, emang ada aura yang sama..

    lagipula, lagu2 melayu itu kadang (emang sih walaupun note-nya mirp2 semua), lumayan juga aku denger🙂

    Posted by opat.hebat | March 30, 2011, 3:24 pm
  10. ngga suka musik melayu.
    eh, masa prambors muter musik2 gitu? enggak ah.

    Posted by Bung Iwan | April 1, 2011, 10:33 am

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!