you are reading
Daily story

Antri Please!

Tiga hari yang lalu, sepulang kerja saya belanja di Alfamart dekat kostan saya. Setelah mengambil susu yang saya inginkan, saya berjalan ke arah kasir. Ada dua orang kasir yang bertugas, masing-masing sedang melayani pembeli. Saya berdiri mengantri di belakang seorang pria. Di kasir sebelah, hanya ada seorang pembeli. Tidak ada antrian di belakangnya. Tak lama datang seorang perempuan, tepatnya Mba-mba, seorang pegawai kantor seperti saya. Si Mba langsung berdiri di samping Mas-mas di depan saya. Saat si Mas-mas di depan saya itu pergi, dengan santainya si Mba langsung menaruh belanjaannya di meja kasir. Saya juga menaruh belanjaan saya. Kemudian Mas petugas kasir bertanya pada kami, “Ini jadi satu ya?. Ia mengira kami berteman. “Ga Mas, beda.”, jawab saya. Petugas kasir pun tampak kebingungan untuk melayani belanjaan siapa yang lebih dulu. “Yang ini dulu Mas.”, ujar saya tegas sambil menyodorkan sekotak susu. Si Mba langsung berujar kepada saya “Oh Mba-nya duluan deh.”. Dalam hati saya tertawa, jelas-jelas saya yang lebih dulu mengantri, ya saya duluan dong yang dilayani. Situ kan nyelak. Mba yang aneh:mrgreen:

Credit to pak2ai.fotopages.com

Pengalaman itu bukanlah pengalaman saya yang pertama. Saya sering diselak kalau sedang mengantri. Kesal, itu yang saya rasakan.  Saya selalu berusaha untuk antri. Makanya saya selalu menegur atau tidak akan membiarkan orang menyelak antrian saya. Antri itu bikin tertib, tertib itu bikin nyaman. Kenapa sih masyarakat kita susah untuk mengantri? Budayakan antri! Bukankah itu slogan yang selalu diajarkan di sekolah sedari TK? Saya yakin mereka yang menyelak itu pernah mengeyam pendidikan di bangku sekolah malah bisa dibilang orang yang berpendidikan, seperti Mba-mba yang menyelak saya. Hei, kalau mengantri yang notabene adalah bentuk disiplin pribadi saja sulit, bagaimana kita mau diatur oleh negara? Bagaimana masyrakat kita bisa jadi masyarakat yang tertib?

Discussion

67 thoughts on “Antri Please!

  1. bisa diambil pelajaran dari penyerobotan antrian ini,,
    yaitu untuk melatih kesabaran kita menghadapi orang-orang yang bermacam-macam sifatnya🙂

    Posted by kota solo | April 1, 2011, 11:19 am
  2. Wush..! kalo saya digituin, saya labrak aja tuh orang.. hihi..😀
    *sabar…!

    Posted by masyhury | April 1, 2011, 11:27 am
  3. ih… lucunya ada nobita….😀

    Posted by pri crimbun | April 1, 2011, 11:53 am
  4. Coba ada peribahasa antri itu bagian dari iman. Pasti banyak yang mau antri dengan sukarela🙂 Memang karakter orang itu macam-macam sya. Sama seperti kalau ada perokok di dalam angkot, kadang aku juga suka malas negur secara langsung. Tapi tegurnya masih bisa dengan bahasa tubuh.
    Nah kalau menghadapi penyerobot antrian macam ini, kadang perlu tebal muka juga untuk mengambil hak diri sendiri. Syukur-syukur kalau penjaga supermarket nya bisa bantu, ga pakai bingung mana yang dipilih duluan.
    Tapi kayak gini nih, penyakit mental bangsa kita, suka seenaknya. Tapi dari pada kesal dengan urusan macam ini, lebih baik sabar aja bu, tunjukkin sikap kita yang bener ke orang-orang macam itu!
    Btw busway, si nobita dkk itu bukan lagi ngantri dorayaki kan? :ppp lucu banget!

    Posted by oktina-chan | April 1, 2011, 12:30 pm
    • Nah orang yang ngerokok di angkot itu juga sama nyebelinnya, super duper egois..
      Kalau ngedepin orang-orang seperti itu harus melatih kesabaran. Semoga kita bisa lebih sabar.
      Tapi perlu juga tegas memberi pengertian buat orang yang suka nyelak, gemesssss😀
      Kayaknya mereka ngantri mau beli HP deh😛

      Posted by Sya | April 2, 2011, 11:48 am
  5. Waktu kasir nanya, “disatukan ya?”, kok enggak jawab, “iya, disatukan ke struk si mbak itu.”😆

    Posted by sam | April 1, 2011, 12:30 pm
  6. ai,, si mbak kecele,, ga rame aja ga mau ngantri,,
    apalagi rame yaa??,, kapan mau tertib..

    Posted by ysalma | April 1, 2011, 12:40 pm
    • Padahal di kasir sebelah juga cuma ngelayani 1 orang lho. Si Mba seneng yang nyelak-nyelak. Ehehe.

      Posted by Sya | April 2, 2011, 11:34 am
      • OOT : jawaban dari pertanyaan sya di blogku :

        Itu udah fasilitas yang disediakan WP, saat kita nulis postingan di mode visual, di deretan yang ada untuk nebalkan huruf, nambah photo, ada tanda petik ganda (keterangannya, kalo kursor diarahkan ketanda kutip itu adalah blok kutipan,,, nah di depan kalimat yang mau dijadikan quote, tinggal diklik aja tanda kutip tsb.
        atau sama dengan jawab koment tanpa reply yang dijadikan quote..

        kalimat yang mau ditulis

        saya ga begitu paham HTML kode sya, cuma memanfaatkan fasilitas yang ada di WP, semoga bisa sama2 kita manfaatkan.

        Posted by ysalma | April 2, 2011, 5:14 pm
  7. hahha.. kadang manusia keluar sisi egoisnya, sya.:mrgreen:

    Posted by dhila13 | April 1, 2011, 1:29 pm
  8. antri itu belajar sabar

    Posted by lozz akbar | April 1, 2011, 2:13 pm
  9. Bener mba, antri itu jg sebagian dari Iman.. hihi

    Posted by melly | April 1, 2011, 2:35 pm
  10. antri budaya asli mana ya………jadi penasaran

    Posted by ananda | April 1, 2011, 2:41 pm
  11. Mereka tidak tahu antri karena tidak pernah membaca … kuncinya sederhana!

    Posted by Bang Aswi | April 1, 2011, 3:26 pm
  12. Aih, namanya juga orang Indonesia… menyedihkan sih..😦
    Kurang disiplin nih, orang kita….😐

    Posted by Asop | April 1, 2011, 5:16 pm
  13. yang saya bingung kebanyakan yang suka nyelak itu ibu-ibu lho….saya sendiri ga ngerti kenapa bisa begitu….
    Terkdang terjadi dilema….mau marahin koq ibu2…umurnya lebih tua dari saya….mau ga marah koq dongkol… alias jengkel…..kalau udh gini gimana dunks???

    Posted by Necky | April 1, 2011, 7:03 pm
  14. banyak kejadian kayak gitu di masyarakat kita, sepertinya budaya antri masih susah pada ngejalaninnya.. saya juga sering ngalamin kayak gitu, dan saya langsung negur aja hehe.. saya paling gak suka orang yang gak beraturan kayak gitu.. disiplin itu akan terwujud berawal dari diri sendiri.. nah kita juga jangan sampai main selak aja.. ayooo antrii:mrgreen:

    Posted by 'Ne | April 1, 2011, 7:16 pm
  15. antri memang bukan budaya asli kita, tapi patut kita budayakan – sementara orang memang tidak sabaran dan mau main serobot saja minta dilayani duluan padahal baru saja datang

    Posted by jtom09 | April 1, 2011, 7:27 pm
  16. sudah jadi budaya kita kalii mbak….suka srobat-srobot

    Posted by riez | April 1, 2011, 11:09 pm
  17. sama mbak, saya juga sering diserobot ><

    Posted by midcool | April 2, 2011, 7:47 am
  18. moga koment saya ndak menyelak orang lain.
    Amiin

    Posted by cerita dewasa | April 2, 2011, 11:11 am
  19. iya th mbak yg aneh .. 🙂

    Posted by fitr4y | April 2, 2011, 11:20 am
  20. malu banget orang itu, sdh nyerobot antrian malah dilayani belakangan. kapok gak ya…😆

    Posted by orange float | April 2, 2011, 4:17 pm
  21. Foto’x lucu mbak hehehe

    Posted by Gaptek_ancorez | April 2, 2011, 9:33 pm
  22. Budaya antri emang masih blm berkembang ya mbak

    Posted by Neo | April 2, 2011, 9:35 pm
  23. pengalaman saya paling sering di selak antriannya pada saat di acara ngambil makan prasmanan di pernikahan….hahaaaa….

    Posted by Nufri L | April 2, 2011, 10:19 pm
  24. pengalaman saya banget itu. bedanya, saya sebagai orang jowo dan merasa sebagai pendatang, diam aja kala ibu-ibu dengan tampang kayaq habis ditalak tilu itu nyela antrian. mbak kasirnya yang udah familiar sama saya sampe minta maaf ke saya😆

    Posted by Kurology | April 2, 2011, 11:39 pm
  25. ihh saya juga suka sebel kalo diselak antriannya -.-‘
    suka pada aneh deh, knp juga ga mau ngantri? malu sama semut😀

    Posted by jasmineamira | April 3, 2011, 8:25 am
  26. assalamu ‘alaikum ….
    saya suka setelah membaca pengalaman Mba saat berada diAlfamart..
    sebenarnya keberadaan mba diAlfamart sendiri sudah merupakan kesalahan dimana dengan Mba berbelanja disan berarti Mba berkontribusi membunuh Pasar Masyarakat…
    Maaf-maaf jangan marah yaa…
    emang bener Mba, kebanyakan dari sebagian orang kurang care terhadapa orang lain. kebantyakan dari kita hanya memmentingkan kepentingannya sendiri dan cenderung acuh terhadapa permasalahan orang lain.
    BUDAYAKAN BUDAYA ANTRI, baiak saat dikasir dan ditoilet, traffic Light, dsb…

    Posted by choirunnangim | April 3, 2011, 9:38 am
    • Ga marah koq, tapi belanja di Alfamart, di Carrefour atau swalayan lainnya lebih lengkap dari pada warung biasa. Saya baru belanja di warung bila beli beras, gula, telur, kebutuhan dasar seperti itu. Udah ada porsinya masing-masing. Anyway, terima kasih sudah mengingatkan, mungkin kalo belanjaan yang saya mau beli ada di warung, saya akal beli di warung aja🙂

      Posted by Sya | April 4, 2011, 11:29 am
  27. coba aja mbak yg ga ngantri itu baca postingan ini ya, malu banget pasti deh tuh. he

    Posted by takuya | April 3, 2011, 7:13 pm
  28. klo gw mah cuman ngernyit dahi,,,pasang alis sarcastism haha

    Posted by anugrha13 | April 4, 2011, 11:52 am
  29. hahaha parah dah gamau ngantri
    sok sok an ngasih antrian juga
    ckck

    Posted by @helgaindra | April 4, 2011, 5:51 pm
  30. Antri antri ah….:mrgreen:

    Posted by grandchief | April 4, 2011, 7:16 pm
  31. Hihihi,… si mbak ini nyindir saya🙂
    Kalo ngga nyelak, ngga keburu!

    Posted by Kaget | April 4, 2011, 10:39 pm
  32. di Jepang, pasca gempa pun orang-orang tetap tertib mengantri. Padahl kondisi masih blm kondusif, tapi mereka tidak membuat keadaan jadi semakin kacau. salut

    Posted by Lockjaw | April 6, 2011, 11:18 am
  33. Nyebelin banget orang kayak gitu.
    Cuma herannya adaaa aja yang kayak gitu. Kalau saya nih, misalnya antriannya agak gak jelas, saya pasti tanya ke yang dekat saya, apa benar ini line antriannya. Malu dong kalau sampai orang bilang kita gak tahu adat…

    Posted by zee | April 8, 2011, 9:08 am

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!