you are reading
About God

Doa Yang Terkabul

Dalam hidup, saya banyak berdoa meminta ini-itu, maklum permintaan saya sungguh banyak:mrgreen: Alhamdulillah banyak doa saya yang dikabulkan oleh Tuhan yang jumlahnya tidak bisa dihitung dengan jari. Setahun terakhir, Alhamdulillah semakin banyak doa saya yang terkabul. Sungguh luar biasa nikmat yang Tuhan berikan kepada saya.

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.  (QS Al Kautsar)

Alhamdulillah saya merasa semakin tercukupi. Rasanya tidak perlu meminta lagi, Tuhan pasti akan memberikan saya nikmat jika saya  bisa menganggapnya sebagai kenikmatan dariNya. Saya pun berhenti berdoa meminta ini-itu untuk diri saya sendiri. Apalagi yang mau saya minta bila yang Ia kasih setiap detiknya adalah nikmat bagi saya? Subhanallah. Tapi saya tetaplah manusia biasa yang masih punya banyak keinginan untuk hal lain. Saya pun mulai berdoa untuk orang lain, entah itu keluarga, teman, pacar bahkan orang yang tidak saya kenal. Saya merasa doa saya lebih pantas untuk mereka. Rasanya pun berbeda jika doa saya itu dikabulkan.

Bicara tentang doa yang terkabul, masih ada satu hal yang mengganjal di hati saya. Saya memang bersyukur tapi masih dalam taraf minim. Belakangan ini saya baru menyadari bahwa dari beberapa doa saya yang terkabul saya malah mendapat permasalahan karenanya. Saya berdoa meminta sesuatu tapi setelah doa itu mewujud, saya menemukan akibat dari doa yang tidak saya prediksi sebelumnya. Misalnya, saya berdoa agar pacar saya diterima bekerja di suatu perusahaan, setelah menjadi kenyataan, saya malah kesulitan bertemu dengan pacar karena pekerjaannya yang bejibun dia bekerja 7 hari dalam seminggu. Ternyata saya belum siap menanggung akibat dari doa saya sendiri. Saya pun menyadari bahwa ada banyak hal  yang belum saya ketahui akibat dari doa saya yang terkabul. Pelajaran lain yang tidak saya temukan di sekolah, bahwa saya harus siap dengan konsekuensi permintaan saya. Saya harus menerima akibat-akibat setelah Tuhan mengabulkan permintaan saya. Toh semua akibat itu tercipta setelah doa yang mewujud. Ukuran syukur saya masih jauh dari sempurna. Saya harus belajar lagi untuk bersyukur dan bertanggungjawab terhadap doa saya yang terkabul.

 

Discussion

46 thoughts on “Doa Yang Terkabul

  1. bertanggung jawab dan bersyukur😉
    mudah tapi susah . . . . kadang terlupakan juga, saya sepertinya harus instropeksi juga mbaa >_<

    salam hangat dari mizzu.net

    Posted by Tutorial SEO | April 8, 2011, 2:56 pm
  2. bener banget nih mbak….*merenung dulu*

    saya juga mau berdoa dulu ah…”Ya Tuhan berilah hambamu uang…besok mau kondangan nih”
    *doa yg begini ga bener*😀

    Posted by wien | April 9, 2011, 12:11 am
  3. Semoga Allah mencukupkan, tidak mengurangkan dan tidak pula melebihkan..

    Posted by giewahyudi | April 9, 2011, 6:51 am
  4. saya yakin setiap doa pasti terkabul, tidak pernah Allah mengecewakan kita

    Posted by Pembalut Wanita | April 9, 2011, 9:01 am
  5. Benar sekali, Mbak, doa yang terkabul mesti disyukuri agar doa-doa kita yang lain segera terkabul juga.

    Posted by tpamuhtadin | April 9, 2011, 10:34 am
  6. Ah, tapi saya yakin, Allah gak bakal mengabulkan permintaan seseorang jikalau permintaan itu bakal merugikan dia.🙂 Allah ‘kan tahu apa yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya. Serupa seperti “Allah gak akan ngasih cobaan yang gak bisa diselesaikan oleh hamba-Nya”.😀

    Posted by Asop | April 9, 2011, 11:31 am
    • Memang ga merugikan, tapi saya anggap itu sebagai ujian, apakah saya akan mengeluhkan doa saya yang sudah djaba olehNya atau tidak. Semoga sih saya selalu bisa bersyukur🙂

      Posted by Sya | April 12, 2011, 3:50 pm
  7. semoga dalam kondisi dan situasi apapun kita enggak pernah lelah tuk mengucap ALHAMDULILLAH…

    Posted by lozz akbar | April 9, 2011, 11:38 am
  8. semua ada konsekuensinya yah🙂
    makanya ane selalu suka kalimat yg satu ini
    “aku adalah orang yang tidak selalu mendapatkan apa yang aku sukai. untuk itu, aku selalu menyukai apa yang aku dapatkan”
    salam kenal Sya;)

    Posted by ER | April 9, 2011, 11:51 am
  9. Lamkem mbak…pengunjung baru ni

    Posted by Dollarez | April 9, 2011, 1:18 pm
  10. Ternyata masih ada konsekwesnsi yang harus ditanggung dengan permintaan yang sangat banyak itu ya❓ kalau aku sih mintanya gak banyak2 amat. Pas-pasan saja lah. Pas mau beli motor baru, ada uangnya. Pas mau beli keperluan rumah tangga koq ada uang lebih. Pas mau beli sepeda koq pasa ada uangnya dan murah lagi. Bagiku itu sudah cukup😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Posted by Sugeng | April 9, 2011, 1:31 pm
  11. Subhanallah , Allah Maha tahu apa yang kita butuhkan yah bukan yang kita inginkan, karena belum tentu yang kita inginkan itu yang terbaik untuk kita😀

    Posted by Desita Hanafiah | April 9, 2011, 3:16 pm
  12. Setiap orang pasti diuji entah itu kaya ,miskin beriman maupun tidak.Setiap hal yang kita syukuri semoga dapat menjadi rahmat untuk kebaikan kita di dunia dan di akhirat kelak.

    btw aku di doain jug gak ya,kan ada bagian untuk orang yang tidak mbak sya kenal hehehe

    Posted by grandchief | April 9, 2011, 6:32 pm
  13. Syukur Alhamdulillah, itulah salah satu setiap nikmat yg harus selalu kita sadari, sedari hari, waktu berlalu kita masih bisa terus menghirup nafas tanpa harus berbayar🙂

    Tulisan yg membuat kita bisa belajar banyak dan saling mengingatkan

    Posted by Aulia | April 9, 2011, 9:22 pm
  14. iyaa.. tapi dibalik semua itu pasti Tuhan ga cuma mengabulkan karena kamu meminta saja, tapi juga sudah memikirkan masak-masak bahwa ada hikmahnya kok.

    Posted by presyl | April 9, 2011, 10:13 pm
  15. satu hal yang saya selalu yakini, jika permintaan itu dikabulkan, artinya hal itu memang baik bagi saya. tapi jika tidak, Allah lebih mengetahui hal-hal yang tidak kita ketahui.

    Posted by anla arinda | April 10, 2011, 2:18 pm
  16. Alhamdulillah..I’m happy for you..because I also believe that everything which happen tome it’s because God’s hand ^^

    Posted by itacasillas | April 10, 2011, 5:51 pm
  17. Tuhan pasti memberi balasan atas usaha kita

    Posted by ronie | April 10, 2011, 9:24 pm
  18. klo gitu sekarang doanya “persatukan lah kami dalam suatu ikatan suci atas mahligai cinta ini ya Rabb”
    amien…
    semoga dikabulkan ya sya…eh betewe eniwei busway…gimana doanya biar doanya dihijabah??hiks

    Posted by Anugrha13 | April 11, 2011, 7:06 am
  19. Apapun yang kita kerjakan pasti ada konsekuensinya. Karena hidup ini kan dua sisi, jadi pasti di satu sisi ada yang untung, di sisi sebaliknya ada yang kurang beruntung. Jadi adil…🙂

    Posted by zee | April 11, 2011, 11:23 am
  20. eh.. betul juga yah
    .
    saya pernah tahu dari quote yang diucapkan oleh aktor hollywood beberapa tahun lalu ” hati-hati terhadap keinginanmu, suatu saat mungkin akan terwujud “

    Posted by komuter | April 11, 2011, 2:10 pm
  21. kalo banyak berdoa traus dikabulin oleh Allah, ya kita harus perbanyak bersyukur dong meskipun kita menanggung masalah akibat dari doa kita.

    Posted by @helgaindra | April 11, 2011, 3:07 pm
  22. “ud uni astajid lakum”, berdoalah maka pasti dikabulkan,
    terkabulnya doa, bisa sekarang, bisa esok, ataupun bisa digantikan dengan yang kita butuhkan, percayalah, semua yang diberikan Allah sudah pasti baik buat kita, selama hati kita dekat dengannya, dan selalu berprasangka baik denga Nya… adapun konsekuensi doa kita,itu hanya akan menambah kebaikan pula dimata Allah… dalam kasus ini yang terbaik buat sahabatku sya adalh jauh dari pacarnya dulu ya hehehe,

    Posted by aly | April 21, 2011, 2:54 pm
  23. Wah sama saya juga pernah ngalamin. Pas dikabulin malah berharap mending gak jadi dikabulin aja, gara2 ternyata di belakangnya banyak masalah yang timbul. Mulai sekarang berdoa-nya berubah, kalo dulu suka agak “maksa” biar dikabulin😀, sekarang saya berdoa agar diberikan yang terbaik dari Allah bagi saya.

    Posted by mtnugraha | April 23, 2011, 6:31 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!