you are reading
Notes of minds

Perempuan untuk Indonesia yang Lebih Baik

Tadi pagi dalam perjalanan ke kantor saya melihat segerombolan murid TK yang memakai baju daerah, sayang saya tidak sempat mengabadikan dengan kamera. Melihat murid-murid TK tersebut, saya baru ingat kalau hari ini adalah Hari Kartini, yaitu peringatan hari lahir R.A. Kartini. Sedikit kilas balik, R.A. Kartini adalah pahlawan nasional yang memperjuangkan persamaan hak antara pria dan wanita. R.A. Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879 dan meninggal di usia 25 tahun karena komplikasi pasca melahirkan. R.A Kartini mahir berbahasa Belanda karenanya ia sering korespondensi dengan teman-temannya di Belanda. Ia juga sering membaca buku, koran dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Dari situlah timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.

Alhamdulillah atas kegigihan R.A. Kartini memperjuangkan hak wanita, saya dan perempuan Indonesia lain bisa merasakan persamaan hak dan kewajiban antara pria dan wanita. Saya berterima kasih sekali pada Ibu Kartini, tanpanya perempuan Indonesia belum tentu bisa seperti sekarang. Bicara tentang emansipasi, dulu saya selalu merasa bahwa menjadi wanita karir merupakan pencapaian tertinggi seorang perempuan. Sangat-sangat keren kalau bisa bekerja di kantor, punya gaji besar dan jabatan tinggi. Buat saya itu lebih keren daripada menjadi seorang ibu rumah tangga. Tapi saya baru sadar kalau itu hanyalah ego saya sebagai seorang perempuan dalam beremansipasi. Sekarang buat saya yang lebih keren adalah menjadi wanita karir tanpa melupakan kodrat perempuan untuk melahirkan dan mengurus anak serta keluarga.

Bukankah melahirkan dan mengurus anak adalah perkara yang mudah? Semua perempuan memang bisa melahirkan dan mengurus anak, tapi apakah bisa mengurus anak sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang baik? Saya memang belum tahu tantangan seperti apa yang dihadapi dalam merawat anak. Tapi saya sangat percaya bahwa perempuan memegang peranan yang sangat penting dalam memperbaiki bangsa yang sudah terpuruk ini. Contoh kecilnya adalah masalah kurang gizi pada balita padahal balita tersebut bukan dari keluarga  miskin. Bisa sampai kurang gizi diakibatkan karena ibunya masih terlalu muda dan tidak memiliki cukup pengetahuan untuk merawat anak. Dari masalah tersebut terlihat jelas, bahwa dalam mengurus anak juga dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan. Kalau saja si ibu memiliki pengetahuan yang cukup dalam merawat anak maka tidak akan akan ada anak yang kurang gizi.

Behind the great man there is a great woman. Behind the great husband there is a great wife. Behind the great child there is a great mother. And behind the great next generation there are great mothers.

Tanpa disadari perempuan memiliki peranan penting dalam kehidupan, baik dalam keluarga maupun kehidupan bernegara.  Hanya saja mereka selalu bekerja di ‘balik layar’. Kalau saja perempuan-perempuan Indonesia memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam mengurus anak dan keluarga, saya rasa permasalahan perekonomian keluarga, pendidikan, kemiskinan dan permasalahan lain di negara kita bisa diselesaikan bertahap.

Bekalilah perempuan dengan pendidikan yang cukup dan biarkanlah mereka memperbaiki semuanya.

Perempuan adalah makhluk lembut sekaligus kuat. Darinya akan dilahirkan generasi-generasi yang Insya Allah bisa memperbaiki negeri ini. Saya rasa itulah misi perempuan sebenarnya, melahirkan generasi penerus bangsa. Ayo bekali diri kita dan perempuan di sekitar kita dengan banyak pengetahuan, bukan untuk mengalahkan lelaki dan menyalahgunakan emansipasi. Tapi untuk menciptakan generasi yang bermanfaat. Mari kita teruskan perjuangan Ibu Kartini mulai di lingkungan keluarga masing-masing demi Indonesia yang lebih baik.

Discussion

53 thoughts on “Perempuan untuk Indonesia yang Lebih Baik

  1. Met hari kartini

    Posted by The dark anco | April 21, 2011, 3:46 pm
  2. selamat hari Kartini, semoga tetap semangat untuk berkarya sya🙂

    Posted by Mbakyu tary | April 21, 2011, 7:24 pm
  3. semoga dengan memperingati hari kartini di hari ini wanita Indonesia bisa meneladani beliau… bukan hari ini saja

    Posted by choirul | April 21, 2011, 8:50 pm
  4. saya setuju dengan pepatah ini..
    Behind the great man there is a great woman. Behind the great husband there is a great wife. Behind the great child there is a great mother. And behind the great next generation there are great mothers.

    Posted by roby | April 21, 2011, 11:01 pm
  5. Happy Kartini anyversary🙂

    Posted by Harry | April 22, 2011, 8:20 am
  6. Semangat Hari kartini !!!!!!!

    **hhe…,telat nih ngucapinnya.,😉

    Posted by hudaesce | April 22, 2011, 10:19 am
  7. yuukk mariii…

    Posted by tunsa | April 22, 2011, 10:45 am
  8. tapi kok pas hari kartini cuma anak-anak kecil aja yang berpakaian kebaya ya?😀 mustinya yang dewasa juga ikutan ya mba?😛

    Posted by 3sna | April 22, 2011, 1:58 pm
  9. ini membuat saya semakin mengoreksi diri untuk menjadi wanita yang pandai menempatkan diri…

    *btw menurut saya melahirkan itu ga’ mudah mba’ -walaupun saya ga pernah melahirkan🙂

    Posted by dheeasy | April 22, 2011, 2:15 pm
  10. waaaaaah keren postingannya salam kenal yak

    Posted by deanmu | April 22, 2011, 2:52 pm
  11. Bukan hanya wanita yang harus berubah tapi yang terpenting adalah pria yang harus juga mampu merubah pola pikir supaya bisa menerima kelebihan yang dimiliki wanita.

    Posted by Ann | April 22, 2011, 10:42 pm
  12. Alhamdllh Aku seorang perempuan yg kelak akan menjadi seorang ibu,dan kata “IBU” slalu diucapakan oles berjuta-juta orang
    SALAM

    Posted by obat alami darah tinggi | April 23, 2011, 11:35 am
  13. selamat hari kartini kakak

    Posted by Rivanlee | April 23, 2011, 11:38 am
  14. aneh pada ngucapin hari kartini semua. kalo kartini hidup, dia pasti gak mau tuh didewa-dewain gini. perempuan-laki harus percaya diri, semua punya kemampuan. dan kemampuannya berbeda2. jadi stay alive aja. karena, live is strugle.

    Posted by rusydi | April 23, 2011, 12:20 pm
    • Bukan ngedewa-dewain koq. Tapi menghargai jasa R.A Kartini. Bentuk apresiasi rakyat terhadap perjuangan beliau. Tentunya apresiasi tersebut tidak sekedar memperingati hari lahirnya, tapi juga meneruskan perjuangannya.

      Posted by Sya | April 26, 2011, 12:00 pm
  15. selamat hari kartini mbak #lateblogwalking😀
    ini diikutkan dikompetisi kah ??hehehe

    Posted by Anugrha13 | April 23, 2011, 12:51 pm
  16. Semoga dengan hari kartini, kita bisa menghargai kaum perempuan

    Posted by awandragon | April 23, 2011, 1:51 pm
  17. mari menjadi perempuan sejati dna menghargai perjuangan RA, Kartini bagi kita dengan rajin belajar dna tetap semangat berkarya😀

    Posted by anesavie | April 23, 2011, 2:24 pm
  18. maaf kesasar🙂
    sekedar jalan2🙂

    Posted by hmcahyo | April 23, 2011, 4:42 pm
  19. Jadi ingat dengan percakapan teman dulu,, kuliah tinggi untuk apa kalau ujung2nya cuma jadi ibu rumah tangga?

    Tapi jawabannya sungguh keren menurut aku: ilmunya buat ngajarin anak2ku nanti biar pintar dan jadi penerus bangsa yang baik🙂

    Posted by niee | April 23, 2011, 5:15 pm
    • Benar banget, tugas mulia seorang perempuan yang kurang disadari oleh perempan itu sendiri. Ibaratnya kita adalah tiang penyangga bagi suami, anak, keluarga dan negara🙂

      Posted by Sya | April 25, 2011, 4:56 pm
  20. perempuan memang istimewa tapi jangan sampai karena adanya emansipasi wanita justru perempuan melupakan kodratnya dan larut dalam pekerjaan di kantor

    Posted by orange float | April 23, 2011, 6:48 pm
  21. setuju sya.. dibalik kekuatan laki-laki ada perempuan..🙂

    nice post..

    Posted by dhila13 | April 24, 2011, 8:17 am
  22. hidup wanita Indonesia… tanpa kalian pria terasa hampa dan bukanlah apa-apa

    Posted by lozz akbar | April 24, 2011, 12:29 pm
  23. makna kesetaraan ini harus dipergunakan dengan baik dan bijak, dan berharap muncul perempuan Indonesia yang kuat dan penuh inspirasi…..

    Posted by antokoe | April 24, 2011, 2:37 pm
  24. dibalik kesuksesan laki-laki ada secrcah kekuatan wanita yg mensupport nya🙂

    Posted by Anugrha13 | April 24, 2011, 7:45 pm
  25. “yang lebih keren adalah menjadi wanita karir tanpa melupakan kodrat perempuan untuk melahirkan dan mengurus anak serta keluarga”

    saya sebagai pria karir setuju dengan pendapat ini:mrgreen:

    Posted by ER | April 26, 2011, 4:14 pm
  26. saatnya perempuan setara …

    Posted by uraeka | May 4, 2011, 3:25 pm
  27. hidup kaum perempuan….

    Posted by eiklil | May 10, 2011, 12:55 pm
  28. yang jelas kemaren saya melihat sosok perempuan yang mampu mencairkan egoisnya 2 orang lelaki yang merasa benar …. dan akhirnya karena sosok perempuan itulah 2 keluarga bisa berdamai ….

    Posted by omiyan | May 10, 2011, 4:51 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!