you are reading
About God

Shalat Menyehatkan Lahir dan Bathin

Sewaktu Maghrib pernah tidak lihat tayangan adzan Maghrib di MNC TV? Dari beberapa tayangan adzan di televisi, saya paling suka adzan yang di MNC TV itu. Sebabnya sudah sangat jelas, tayangan adzan tersebut menampilkan manfaat gerakan shalat untuk kesehatan. Nah apa saja sih manfaat gerakan shalat? Yuk kita tengok:🙂

  1. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram adalah gerakan berdiri tegak mengangkat kedua tangan sejajar telinga lalu melipatnya di dada kiri. Manfaat dari gerakan ini adalah melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah menjadi lancer dan kaya oksigen. Kemudian kedua tangan didekapkan di dada kiri. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas. Selain itu, takbiratul ihram bermanfaat bagi kesehatan paru-paru karena paru-paru terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung. Susunan ini didukung oleh dua jenis otot yaitu yang menjauhkan lengan dari dada (abductor) dan mendekatkannya (adductor). Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya, hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru.

  1. Ruku’

Ruku’ yaitu gerakan membungkuk dengan tangan memegang lutut. Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung maka air tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Manfaat gerakan ini adalah menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih sehingga dapat mencegah gangguan prostat. Getah bening (limfe) fungsi utamanya adalah menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah.

  1. I’tidal

I’tidal merupakan gerakan bangun dari ruku’ yang mirip dengan gerakan takbiratul ihram, yaitu tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Manfaat i’tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Sujud

Gerakan sujud yaitu menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai/sajadah. Manfaatnya adalah pada saat sujud aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, jangan lakukan sujud dengan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi sujud juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

  1. Duduk

Posisi duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya, saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.
Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi ini mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak manusia. Selain itu, posisi ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran.

  1. Salam

Gerakan salam yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaatnya untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. Gerakan salam juga mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.

Subhanallah, Allah menciptakan semua pasti ada maksud dan manfaatnya. Ternyata shalat tidak hanya membuat bathin kita sehat tetapi juga menyehatkan raga kita. Tidak perlu deh buang-buang uang ke tempat yoga untuk mendapatkan ketenangan jiwa sekaligus olahraga, cukup dengan shalat insya Allah kita sehat lahir bathin.😉 So kalau sudah tahu shalat itu menyehatkan jiwa raga, kenapa masih meninggalkan shalat?—> yang ini self reminder buat saya lho. 😳

*Sumber dari juneyuanita.multiply.com dan infospecial.com. Sumber gambar dari akuhanyadieni.blogspot.com


Discussion

61 thoughts on “Shalat Menyehatkan Lahir dan Bathin

  1. Bathin, sudah pasti.. Tapi lahir dan secara fisik, kita harus baca lebih banyak. Bahkan kabarnya selagi seseorang terus menegakkan shalat, maka beberapa jenis olah raga menjadi tidak harus lagi dilakukan

    Posted by yoriyuliandra | May 23, 2011, 4:26 pm
  2. Nah, jelas dong sehat.😀
    Kalau ruku’ benar, bagian paha bagian belakang seperti tertarik.🙂

    Tapi ingat, anggap saja kesehatan ini sebagai bonus, jangan sampe kita melupakan kekhusyu’an sholat.🙂

    Posted by Asop | May 23, 2011, 6:06 pm
  3. wah gak nyangka ya? sebenrnya kita dalam sehari telah berolah raga lima kali…. itupun kalo gak bolong.. hehehe

    Posted by eiklil | May 24, 2011, 1:22 pm
  4. waktu itu saya penah melihat orang sholat lamanya 1 jam.. setelah sholat beliau berkeringat.. katnya sholat juga sebagai olahraga jika dilakukan dengan benar secara gerakan😀

    Posted by sibair | May 24, 2011, 4:30 pm
  5. Nikmatnya ketika sujud, kepala menjadi segar..? Wudhunya juga menyehatkan lho..
    Pertama kali yang di tanyakan besok di Hadapan Allah adalah sholatnya..

    Posted by Kamal Hayat | May 24, 2011, 5:24 pm
  6. betul mbak, gerakan2 dlm sholat emg menyehatkan…tp kalo liat tayangan Adzan Maghrib saya lebih suka yg di Metro TV…hehehe

    Posted by Tourism | May 25, 2011, 3:41 pm
  7. Mbakkkk…
    saya maenn lagiiiii, uhuuuyy!😀
    udah lama nih, sampe sempet suspen jugak blogku, tapi alhamdulillah udah balik lagi… (komplen sih)😀

    Posted by veera | May 25, 2011, 6:09 pm
  8. insya allah.. apa yang diperintahkan oleh Allah pasti bermanfaat untuk kita..tak ada yang tidak bermanfaat..🙂

    Posted by fitrimelinda | May 25, 2011, 7:29 pm
  9. yang jelas buanyak dah manfaat dari shalat…
    subhanallah…

    Posted by muhammad aanx farhan | May 25, 2011, 9:26 pm
  10. shalat memang menyehatkan..
    iya bener, adzan di mnc juga ada keterangannya..

    dan kalo ingin agak terharu, lihat adzan shubuh di RCTI mbak..

    Posted by mamung | May 25, 2011, 10:06 pm
  11. Subhanallah…mudah2an makin banyak orang menyadari apabila sudah mengetahui rahasia sholat. Saya pernah baca manfaat berwudhu bagi kesehatan lho sya…juga sangat banyak bagi kita….baik fisik dan mental…

    Posted by Necky | May 25, 2011, 10:13 pm
  12. sholat dan batin… tak terpisahkan. damn its true!

    Posted by IndRa SP | May 25, 2011, 11:56 pm
  13. solat itu wajib, apakah dia punya khasiat kesehatan ataupun tidak, bener kata bung asop, jangan sampe nanti malah kekhusyuan solat dilupakan😀

    Posted by aulleaul | May 26, 2011, 10:50 am
    • Kalau saya lebih menilai shalat itu sebagai kebutuhan saya. Tapi benar, niatnya ya tetap menghadap Allah, bukan olahraga. Sehat fisik saat shalat hanya sebagai bonus🙂

      Posted by Sya | May 28, 2011, 10:38 am
  14. Masih adakah alasan untuk menunda apalagi meninggalkan sholat? Semoga saja tidak!

    Posted by Abi Sabila | May 26, 2011, 9:13 pm
  15. Semoga kita senantiasa ingat dan patuh akan PerintahNya🙂

    Posted by wahyu asyari m | May 27, 2011, 7:39 am
  16. sehat lahir batin ya ..😀

    Posted by fitr4y | May 27, 2011, 8:56 am
  17. sehat jiwa, raga dan konsentrasi juga terlatih dalam satu paket ya🙂

    Posted by ysalma | May 27, 2011, 1:37 pm
  18. iya pernah denger emang gerakan2 sholat itu punya manfaat kesehatan, tapi baru dipostingan ini deh baca manfaat demi manfaatnya, hehehe

    keren sya,, emang gak ada ciptaan Allah itu yang sia2 yak🙂

    Posted by niee | May 27, 2011, 8:27 pm
  19. semua yg kita lakukan dalam rangka beribadah kepada Allah itu pasti ada manfaatnya, disadari ataupun tidak😀

    Posted by jasmineamira | May 28, 2011, 11:14 am
  20. salam, subhanallah sungguh luar biasa Alllah. SWT telah memberikan shalat sebagai jalan terdekat untuk menuju kedamaian, nice posted ^^

    Posted by Hendrawan Rosyihan | May 29, 2011, 10:43 am
  21. wah kalo solat emang dari dulu bermanfaat banget buat lahir maupun batin
    pokonya tenang banget deh kalo udah solat

    Posted by @helgaindra | June 2, 2011, 10:44 am
  22. Ulasan yang sangat bagus mbak, Semua yang diperintahkan ALLAH pada dasarnya untuk kebaikan manusia itu sendiri..betapa sayangnya ALLAH ke kita, tapi sayang kebanyakan dari manusia lupa akan hal ini..semoga tulisan ini lebih banyak yang baca biar manfaatnya juga lebih terasa..
    salam kenal mbak🙂

    Posted by 170p3'x | June 23, 2011, 1:04 am
  23. Artikel yang sangat bermanfaat mantap

    Posted by Kang Dadang | June 23, 2011, 5:17 pm
  24. Dalam agama kita duajarkan untuk hidup sehat.
    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    Posted by ejawantahblog | June 24, 2011, 5:37 pm
  25. di dalam jiwa yang sehat terpancar tubuh yang sehat pula…
    i am 100% agree..
    sholat menyegarkan rohani yang sedang sakit

    Posted by andre golvano | July 2, 2011, 12:13 am
  26. setuju banget neng….

    Posted by izoel | July 26, 2011, 9:22 am
  27. Kunjungaan.. ^^
    salam kenal mbak Sya..😉

    Wah subhanalloh senang rasanya saudara bisa saling mengingatkan..

    saya ada tulisan mirip2 itu mbak, kali2 aja bisa buat referensi.. ^^
    http://adekfi.wordpress.com/2011/06/11/renungantips-saat-sholat-hanyalah-kebiasaan/

    Posted by fi | August 10, 2011, 7:05 pm
  28. Asslkm
    selalu seperti itu..
    islam memang wonderfull..
    selalu sejalan dengan iptek..dan sarat hikmah disetiap perintah Allah
    ^_^
    salam kenal dek,,
    link nya udah kepasang pada link blog sahabat diwebsite saya,,silakan dicek🙂

    Posted by badawi husein | September 27, 2011, 4:32 pm
  29. sungguh
    semakin yakin
    bahwa segala yang diperintahkan-Nya
    bermanfaat bagi kita
    tidak hanya di akhirat
    tapi juga di dunia
    ini

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | October 6, 2011, 2:12 pm
  30. subhanallah…,hati saya langsung cair membaca tulisan ukhti…,

    Posted by niccaniez | October 22, 2011, 6:10 am
  31. alhamdulillah, semoga sholat wajibnya gak pernah lewat dan sholat sunah nya di hidupkan, amin…

    nice info atuh

    Posted by maminx | December 8, 2011, 8:59 am
  32. shalat,karena kita butuh shalat untuk berhubungan dengan sang pencipta

    Posted by hakim | December 12, 2011, 10:34 pm
  33. Diet terbaik adalah puasa dan olahraga menyehatkan adalah sholat. Saya dah lama tuh baca dan denger istilah itu, tapi baru dapet penjabaran gerakan per gerakan dan manfaatnya disini😀

    Posted by Info indonesia | February 3, 2012, 5:13 pm
  34. iya juga ya, aku juga baru sadar😀

    Selai

    Posted by vanvan | March 27, 2013, 4:44 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!