you are reading
Cinta Melulu

Berteman dengan Mantan

Credit to wadaflyingstory.blogspot.com

Saya terinspirasi dari beberapa blog pribadi yang saya pernah saya baca. Mereka bercerita tentang hubungannya dengan mantan yang agak kurang baik, mereka ingin berteman tapi si mantan tidak siap. Ternyata ini tidak hanya saya yang mengalami, permasalahan ini adalah cerita klasik yang terjadi pada setiap hubungan yang sudah berakhir. Saya sendiri ingin berteman dengan mantan-mantan saya (sok kayak punya banyak mantan saja😆 ) tapi keadaan tidak memungkinkan. Lain mantan, lain cerita. Saya pernah punya pacar yang dulunya satu geng dengan saya. Ketika hubungan kami berakhir, dia menjauhi saya padahal dulu kami teman baik. Beda lagi dengan mantan yang lain, kami -secara sendiri-sendiri- sepakat untuk tidak terlalu membina pertemanan karena khawatir bila dekat akan selalu kembali lagi.

Menurut saya pribadi, sah-sah saja bila ingin berteman dengan mantan. Toh kita memulai suatu hubungan dengan baik-baik kenapa harus diakhiri dengan bermusuhan? Tapi bila pertemanan kita dengan mantan lebih banyak memberikan dampak negatif seperti merusak hubungan kita dengan pasangan yang sekarang, lebih baik pertemanan tersebut tidak usah dilanjutkan.

It's hard to remember how it felt before
 Now I found the love of my life
 Passes things get more comfortable
 Everything is going right

And after all the obstacles
 It's good to see you now with someone else
 And it's such a miracle that you and me are still good friends
 After all that we've been through
 I know we're cool*

Nah untuk menghindari dampak negatif tersebut, sebelum memulai pertemanan dengan mantan pacar, sebaiknya kita memikirkan matang-matang baik buruknya berteman dengan mantan. Dari Kompas Female, saya menemukan untung dan rugi bila berteman dengan mantan. Untungnya berteman dengan mantan adalah si mantan sudah mengenal kita, jadi untuk berteman pun lebih mudah.  Kita jadi punya teman ngobrol yang asyik. Selain itu, kita juga bisa mengetahui sudut pandang lawan jenis kita terhadap masalah yang kita hadapi. Sudut pandang ini sangat berguna bila kita sedang dalam masa pendekatan dengan orang lain. Namun, ruginya berteman dengan mantan juga ada. Kadang, mantan yang berusaha menjalin hubungan baik dengan kita mempunyai tujuan lain, yaitu ingin kembali. Bila kita mulai membuka diri terhadap orang lain, bisa jadi dia akan menyusahkan kita untuk mendapatkan penggantinya.

Pada banyak kasus, ditemukan beberapa alasan mengapa kita tidak dapat berteman dengan mantan, seperti yang dipaparkan oleh VIVAnews, yaitu:

  • Status Mantan. Kita harus menyadari arti mantan untuk kita, apakah sebatas masa lalu atau kita masih mempertahankannya sebagai cadangan. Jika masih menginginkannya, lebih baik tidak usah dilanjutkan.
  • Masih ada chemistry. Bisa saja kita telah putus dan kita tak lagi jatuh cinta padanya. Namun, diam-diam dia masih mencintai kita atau sebaliknya. Ini bisa menciptakan ketegangan dengan hubungan yang sekarang kita jalani. Satu-satunya jalan adalah membiarkan dia pergi dan menghindari berteman dengannya meskipun ia mungkin tak setuju.
  • Dia berutang. Untuk memulai hubungan, sebaiknya mulai dengan sesuatu yang bersih. Jika ia berutang dan berjanji akan membayarnya kita tentu tidak akan menagihnya selagi bersama. Namun, saat hubungan romantis usai dan kalian berdua tak lagi bersama, sulit memperjelas urusan utang.
  • Dia memiliki sifat buruk. Beberapa orang masih dapat berteman meskipun sang mantan memiliki sifat buruk yang menyebabkan putus. Meskipun begitu, jangan mengharapkannya mengubah sifat buruknya setelah kalian hanya berstatus teman.

Sedangkan tanda-tanda kita dapat berteman dengan mantan seperti yang dikutip dari okezone.com adalah bila di antara kita dan mantan sudah tidak ada lagi chemistry, tak ada lagi rasa cemburu, tak ada lagi intervensi berlebihan dan si mantan tulus bersedia mencarikan kita pasangan baru.

Kalau kita sudah memikirkan matang-matang untung rugi berteman dengan mantan dan sudah ada tanda-tanda bahwa kita dan mantan bisa berteman baik, ada baiknya kita untuk memulai pertemanan. Agar  tidak terjadi masalah baru, mungkin tips berikut bisa dijadikan pegangan:

  • Waktu. Berikan waktu hingga luka di hati terobati dan cinta  padam sebelum meneruskan ke dalam hubungan pertemanan.
  • Kebiasaan. Lupakan berbagai kebiasaan mesra yang dulu kita lakukan bersama mantan. Kita harus menjaga sikap agar hubungan yang terjalin sepenuhnya murni pertemanan.
  • Batasan. Tetapkan batasan emosional yang jelas dengan mantan pacar. Hindari keterikatan emosional dengan mantan  agar tidak menodai hubungan pertemanan dengannya. Perlu diperhatikan juga agar hubungan pertemanan dengan mantan tidak mengganggu pasangan masing-masing, bila memang sudah ada yang baru.
  • Buka hati. Buka hati untuk cinta yang baru dan cari kesempatan untuk berkencan dengan orang lain yang potensial dijadikan pacar.
  • Pantang curhat. Tidak perlu curhat atau mendiskusikan hubungan percintaan terbaru kita pada mantan pacar, begitu pula sebaliknya.
  • Jaga jarak. Tidak perlu  menganalisis hubungan kita dengannya di masa lalu. Lebih baik ajak sahabat perempuan atau keluarga untuk membicarakan hal tersebut.
  • Evaluasi. Jika kita mulai merasakan percikan yang lebih dari sekadar rasa sayang terhadap teman, maka mundur sejenak untuk mengevaluasi perasaan masing-masing. Beberapa pasangan mungkin saja memutuskan kembali berpacaran setelah sempat berpisah. Namun kita harus mempertimbangkan hal itu dengan matang dan tidak terburu-buru.

Mantan pacar bisa saja jadi teman baik atau menjadi orang yang paling kita hindari di dunia ini. Hanya kita yang tahu mantan kita masuk golongan yang mana. Hal ini tergantung pada berapa banyak masalah yang masih mengendap di antara kita. Bila kita berhasil mengatasi atau melupakannya, berteman dengan mantan tak akan sulit lagi. Tentunya pertemanan itu juga harus ada batasnya agar tidak ada pihak yang dirugikan.

*Petikan lirik lagu Cool oleh Gwen Stefani

Discussion

74 thoughts on “Berteman dengan Mantan

  1. sepertinya masih sedikit memberatkan he he, saya belum pernah mencoba soalnya ….

    Posted by rubiyanto19 | June 9, 2011, 2:07 pm
  2. tips yg bener-bener lagi kubutuhin sekarang, makasih mbak🙂

    Posted by takuya | June 9, 2011, 3:05 pm
  3. Berteman dengan mantan,kalau bisa di anggap sebagai teman mungkin sah-sah saja😀

    Posted by grandchief | June 9, 2011, 3:17 pm
  4. hmm…

    Posted by dhila13 | June 9, 2011, 4:15 pm
  5. kalo sudah begini ujung2nya kembali ke pepatah kuno..benci dan cinta bedanya tipis,,hahaha..😀

    Posted by itacasillas | June 9, 2011, 5:55 pm
  6. Waduh, Helga di sini ngomongin tentang pacar. Di sini tentang mantan. Mantaaap.😀

    Posted by Asop | June 9, 2011, 8:24 pm
  7. betul kata ustadz….
    bahwa pacaran selalu meninggalkan bekas, bhkan berkelanjutan…

    Posted by choirunnangim | June 10, 2011, 2:32 am
  8. Aku gak pernah punya mantan sya. Sekali pacaran, serius, trus nikah. Tp kl mantan gebetan banyak, dan masih fine dengan 1 diantaranya…

    Posted by jeni | June 10, 2011, 7:51 am
  9. biasanya habis putus mesti musuhan. ga inget apa dulu pamer pamer kemesrahan zz

    Posted by Fonega | June 10, 2011, 3:31 pm
  10. Hanya punya satu mantan *hiks* dan gak berkomunikasi dengan baik sekarang, gak ada alasan apa2 seh, cuma merasa gak enak aja karena aku udah mutusin dia, hahahaha

    Posted by niee | June 10, 2011, 8:07 pm
  11. piye yoh??… mantan kadang mengembalikan memori jhe… even it’s the hardest parts… tapi kan nganu… ah embuh lah… makmum aku…

    Posted by Arnolegsa Maupasha | June 10, 2011, 8:10 pm
  12. duh, mantan, gak deh kalaupun berteman saya sendiri banyak jaga hati dan mental, kadang berkecamuk emosi tak tentu arah. hahaha.

    Posted by hanif mahaldy | June 10, 2011, 11:04 pm
  13. hem. hanya 1 mantan saya yg mau jadi teman.. lainnya dah ilang semua…….

    Posted by elnicovengeance | June 11, 2011, 5:44 am
  14. hoho. mbak tasya dengan ava lucunya :3

    anw, kalo saya males sih berurusan sama yang bisa membangkitkan kenangan lama😛 kadang mikir juga, kan ga boleh yang namanya mutus tali silaturahim. tapi ya, pada akhirnya cuman mikir mana yang paling gede mudharat-nya, itulah yang saya jauhi😛

    Posted by Kurology | June 11, 2011, 8:08 am
  15. saya sih lebih suka enggak terlalu dekat dengan mantan, sebatas kenal aja

    Posted by giewahyudi | June 11, 2011, 9:01 am
  16. Postingan ini bagus banget isinya. Memang benar sekali, bersahabat, dengan siapa pun, mestinya bisa diupayakan dengan baik.

    Posted by tpamuhtadin | June 11, 2011, 9:22 am
  17. bisa kok, aku bisa berteman dg mantanku,, bahkan kalo ketemu kami sudah seperti keluarga .. sudah punya pasangan masing2 dan sudah punya anak,, mau apa lagi .. heheh 🙂

    Posted by fitr4y | June 11, 2011, 11:33 am
  18. berteman dengan mantan itu bisa, tapi tergantung kedua belah pihaknya, mau ga temenan lagi :))

    buat saya sih menjalin hubungan baik dengan siapapun itu perlu, termasuk dengan mantan. tapi kalau terlalu dekat juga bisa bermasalah sih. kudu sama-sama tau diri lah🙂

    Posted by evillya | June 11, 2011, 5:24 pm
  19. yang paling susah menerima adalah partner kita, karena label mantan itu yg bikin ga rela jadi teman lagi…ga laki2 atau perempuan , sama aja …kalau prinsip gw mah…life goes on…partner kita khan punya masa lalu sebelum ketemu dengan kita….

    Posted by Necky | June 11, 2011, 8:41 pm
  20. buat mantan2 yg lain berlaku juga gak nih tips? kayak mantan pembantu, mantan supir, mantan istri…😛

    kalo buat mantan pacar, lebih baik main aman aja, berteman tapi jangan terlalu akrab, takutnya gebetannya cemburu. Kecuali kalo memang masing2 sudah nikah…😛

    Posted by Batu | June 11, 2011, 8:44 pm
  21. berteman dgn mantan kira2 hampir sama gak ama kata mari menemani mantan?heheee😉

    Posted by IndRa SP | June 11, 2011, 9:08 pm
  22. klo saya teteeep,, selalu ingin berteman dengan mantan n mantan saya semua welcome kok
    eh ada sih 1 org yg ga pgn temenan lg, dengan alasan yg menurut saya klise🙂

    Posted by edda | June 11, 2011, 10:38 pm
  23. agak susah….heheheh…

    Posted by eyha4hera | June 11, 2011, 10:54 pm
  24. berteman dengan mantan, oke-oke saja. tapi tidak harus sering bertemu, bahkan usahakan jarang bertemu biar ada rindu yang mendalam.

    Posted by komuter | June 12, 2011, 7:05 am
  25. hubungan saya sama mantan baik nih,kecuali yg kemarin hehe tp overall masi bagus laah😀

    Posted by volverhank | June 12, 2011, 1:27 pm
  26. g da yg salah kok…selagi kita punya batas (klo msg2 dah py pasangan) ato bs jadi sarana untuk memperbaiki hub…
    dr sekian byk mantan gw (ceileeehhh sok laku bgt seh…) gw msh kontakan ma mereka wkwkwk

    Posted by Anugrha13 | June 12, 2011, 1:48 pm
  27. mending berteman dengan yang lain aja. takut membuka luka lama :d

    Posted by Guntur | June 12, 2011, 4:58 pm
  28. Si mantan pastinya malu lah….

    Posted by Kamal Hayat | June 13, 2011, 12:13 am
  29. hmmm.
    alhamdulillah gak punya dan gak akan punya mantan =)
    nanti mo nyari yang paten! hoho.

    Posted by veera | June 13, 2011, 3:57 pm
  30. Wah topik yang menarik sya😀 , dan kebetulan aku smpai skr berteman dengan mantanku…Krn aku pikir ‘putus’ dalam pacaran bukan berarti ‘putus’ silaturahim.
    Untungnya mantan mengerti hal tsb🙂

    Posted by erick azof | June 13, 2011, 11:47 pm
  31. gmana ya rasanya??
    bisa-bisa CLBK..hhehe
    salam kenal..

    Posted by fharkhan | June 14, 2011, 1:52 pm
  32. kalau yang udah pengalaman, berteman indah dengan mantan dong ya🙂

    Posted by ysalma | June 14, 2011, 3:22 pm
  33. Saya berteman dengan mantan saya, tetapi sembunyi2 dari pacar saya takut dia cemburu… hehehehe
    Mantap nih Mbak ulasannya ^^

    Posted by Marchei Riendra | June 14, 2011, 3:43 pm
  34. berteman dengan mantan ga’ da salahnya kok, asal bisa membatasi saja… mana yang masa lalu dan mana yang sekarang,😀

    Posted by feriastuti | June 27, 2011, 8:38 am
  35. Wah berat nih.
    Karena yang saya tahu, kisah persahabatan memang seringkali berakhir dengan cinta.
    Tapi kisah cinta, jarang sekali berakhir dengan persahabatan🙂

    Posted by Ahsan | July 2, 2011, 12:44 pm
  36. Pengen nanya, aku punya pacar, tapi dia masih berteman sama mantannya apakah lewar Fb, apakah pertanda si cwo masih suka sama mantannya ??tolong di jawab

    Posted by Febriyanti | March 15, 2014, 1:38 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!