you are reading
About universe

Eksploitasi Setan (baca: jin)

Dua hari yang lalu, saya dan partner melihat rumah hantu di kawasan perbelanjaan di daerah Blok M. Untuk masuk ke wahana tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp. 20.000,-.  Saya langsung tertawa dan berkata kepada partner, “Kalau bisa lihat setan (baca: jin) gratis, kenapa harus bayar?”. Si partner bilang, “Ah kamu juga takut kalau diajak masuk ke situ.”. Iya sih, saya memang pernah masuk ke obake (rumah hantu ala Jepang) dan saya takut. Tapi saya takut karena kaget dan menegangkan. Selain ditakut-takuti di dalam rumah hantu, pengunjung bisa berfoto dengan kuntilanak. Saat melintas di depan mba kunti, saya terus memperhatikannya. Sampai setelah melewatinya, saya menoleh ke belakang melihatnya, si mbak kunti juga tak mau kalah, dia terus memelototi saya. Terus saya bilang ke partner “Ih lucu deh, mbak kuntinya ngeliatin aku melulu. Sok nakutin gitu padahal yang asli juga ga seseram itu.”

Menurut saya, setan (baca: jin) yang ada di film memang lebih seram daripada aslinya. Saya bisa bilang begitu dengan membandingkan wujud ‘mereka’ yang pernah memperlihatkan diri pada saya. Di Indonesia, setan (baca: jin) benar-benar dieksploitasi, diseram-seramkan sedemikian rupa untuk tujuan komersial. Lucunya, orang-orang terhibur dengan setan (baca: jin) yang menyeramkan itu. Saya tahu sih kalau selera orang berbeda, tapi saya  tetap bingung kenapa orang mau mengeluarkan uang untuk ditakut-takuti? Saya teringat pengalaman saya dan adik pertama saya beberapa tahun lalu. Adik saya memang bisa melihat makhluk gaib lebih jelas dari saya. Saat itu si adik melihat mbak kunti celingak-celinguk masuk rumah kami. Karena waktu itu dia tidak hafal ayat kursi, lalu dia memanggil saya untuk membaca ayat kursi. Lucunya, si mbak kunti berubah menjadi nenek yang rambutnya berantakan. Kami pun tertawa geli. Benar kan, setan (baca: jin) tidak seseram yang di film-film?😉

Mungkin karena tidak semua orang bisa dan terbiasa melihat setan (baca: jin) dan kebanyakan melihat setan (baca: jin) dalam wujud yang sudah dieksploitasi manusia, umumnya kita jadi takut. Saya justru lebih takut sama setan yang berwujud manusia, seperti mereka yang suka korupsi, memfitnah, mencuri dan lainnya. Ingat surat An Naas yang berbunyi:

1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.

2. Raja manusia.

3. Sembahan manusia.

4. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

6. dari (golongan) jin dan manusia.

Dalam ajaran Islam, kita diajarkan untuk percaya kepada makhluk gaib. Setan yang berwujud jin memang termasuk kepada makhluk gaib.  Banyak orang sangat penasaran dengan makhluk kasat mata ini. Tapi bukan berarti rasa penasaran kita kepada makhluk gaib difokuskan pada hal-hal seperti itu. Kenapa kita tidak perbanyak rasa penasaran terhadap yang Maha Gaib, yaitu Allah SWT agar kita mengenalnya lebih dalam.🙂

Discussion

57 thoughts on “Eksploitasi Setan (baca: jin)

  1. Setan di Indonesia lagi naik daun Mbak. Mereka ada di sinetron dan layar lebar, laris manis.

    Hehehe, saya suka yang di paragraf pertama. Kalau bisa nonton yang gratis, kenapa harus mbayar? hihi..

    Posted by Masbro | June 30, 2011, 11:05 am
  2. Wah kalo aku langsung ngibrit pulang aja deh kalo dipaksa masuk rumah hantu.
    nonton film horror aja banyakan merem ketimbang meleknya🙂

    Posted by Triunt | June 30, 2011, 12:57 pm
  3. hehe… iya bener juga ya sya. klo bisa lihat setan gratis ngapain bayar.😀

    Posted by dhila13 | June 30, 2011, 1:32 pm
  4. walo tu jin seganteng edward cullen mending gak usah liat deh….
    btw, sya…. di belakangnya ada siapa tuh? *kabuuuurrr*😀

    Posted by vittayuni | June 30, 2011, 1:41 pm
  5. hiiii. hi.hi.hi.hi . . . .

    Posted by Irfan Handi | June 30, 2011, 1:47 pm
  6. sekarang kan emang lagi musim filem setan
    dan produser film2 itu banyak yang ngeles film itu diproduksi untuk memberi informasi kepada masyarakat agar tidak berbuat begini begitu yang mengakibatkan campur tangan setan
    tapi koq ya harus segitunya ya menampilkan sosok2 hantu dan setan itu

    Posted by julie | June 30, 2011, 1:58 pm
  7. Ayo ke Semarang Mbak. disini ada Lawang Sewu, yang konon menurut orang-orang,banyak banget penunggunya. Masuknya cuma 5000 rupiah. Sudah ada fasilitas guide, senter dan sepatu bot.

    Tapi itu dia, hati2 kalo jinnya ikut ngintil ke kita. Hiiiiy… udah ah serem…

    Posted by Marchei Riendra | June 30, 2011, 5:42 pm
  8. Wah, lo bisa lihat penampakan sya? Aku punya temen banyak yg bisa lihat, katanya kalau ‘gak pingin lihat’ setannya gak akan kelihatan yak?

    Aku seh bersyukur gak bs lihat begituan, coz mimpi setengah sadar ttg pocong aja udah nyeremin kok buat aku. Yak! Klo aku belakangan sering mimpi setan2 gitu >.<

    Posted by niee | July 1, 2011, 5:45 am
  9. Hantu di Indonesia lagi banyak uang nih.. Laris manis dah syuting terus..🙂

    Posted by Budi | July 1, 2011, 6:19 am
  10. Hantu di Indonesia lagi banyak uang nih.. Laris manis dah syuting terus.
    Iya dalam Agama Islam kita wajib percaya adanya mahkluk ghaib di sekitar kita, tugas jin adalah menghasut kita..

    Posted by Budi | July 1, 2011, 6:21 am
  11. Hooo habis baca posting-an Pethakilan di sini tentang horor juga.😀

    Saya…. belom pernah melihat makhluk halus secara langsung. Ini patut disyukuri.:mrgreen:

    Posted by Asop | July 1, 2011, 9:23 pm
  12. hahh??bisa liat yg gaib yah ??wewww

    Posted by fitrimelinda | July 1, 2011, 11:25 pm
  13. btul banget tu mba, setan (baca: jin) itu adalah musuh abadi kita. tapi yang kudu harus di waspadai ya setan (baca: jin) dalam wujud nyata. bukan berarti jin yang menyerupai manusia tapi manusialah yang sudah bertikah-polah seperi setan (baca: jin)

    Posted by Triiz | July 2, 2011, 7:36 am
  14. hiii setaaan ?? akut aaahhh

    Posted by Wicak | July 2, 2011, 11:38 am
  15. ada yang serem2 ya di sini..😀

    betul sekali, kita harus percaya pada yg ghaib

    Posted by Mabruri Sirampog | July 2, 2011, 2:05 pm
  16. Kaget dengan postingan ini, serem nih jadinya malem minggu saya..

    Posted by giewahyudi | July 3, 2011, 12:30 am
  17. benuulll….setujuuu…
    kita memang wajib mengimani hal2 yg ghaib…tapi ga harus memaksakan diri untuk mengerti dunia mereka…

    Posted by Dina Aprilia | July 3, 2011, 3:24 pm
  18. manusia lebih mengerikan dari jin…
    bisa ngebunuh, ngerampok, korupsi…
    harusnya film setan2 di indonesia ini diganti jadi film2 para koruptor aja..
    kan sama2 setan kelakuannya…😛

    Posted by Batu | July 3, 2011, 8:32 pm
  19. Allah itu memang gaib, tetapi sekaligus nyata. hehe… IMHO.

    Posted by RhyzQ | July 3, 2011, 10:08 pm
  20. hahaha…
    bener tuh, ga serem tapi mengejutkan nya ttu yang bkin jantung ajeb2 ya mbak…

    Posted by Yan'shu | July 4, 2011, 6:54 am
  21. Selain dieksploitasi jadi yang serem2, setan/jin juga disandingkan dengan bintang film yang mau tampil saru. Tapi, ngomong2, hubungannya memang deket ya… yang serem dan yang saru?

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | July 4, 2011, 9:45 am
  22. yup setuju.
    yang bisa kita lihat dari jin hanya perwujudan aura mereka, sedangkan wujud asli mereka hanya Allah yang tau

    Posted by didta7 | July 4, 2011, 10:52 am
  23. saya dulu waktu kecil juga pernah punya pengalaman liat setan, kata orang sih penunggu tungku dapur. yups muslim harus percaya yang ghaib, setan pun termasuk ghaib. tapi bukan untuk diimani loh dengan ikut-ikutan berperilaku seperti syaiton

    Posted by lozz akbar | July 4, 2011, 12:53 pm
  24. gw sih ga takut,, cm merinding,, wkwkwkwk😆

    Posted by @nonaedda | July 4, 2011, 1:29 pm
  25. tapi ttp aja aku takut kalo soal yang ginian.

    Posted by Racoonmacoon | July 4, 2011, 3:32 pm
  26. Iya setan (baca:jin) lebih eksis di tipi….judulnya pun aneh2 pocong ngesotlah,suster ngesot keramas emang tuh hantu punya ketombe kali ya….

    Posted by riez | July 4, 2011, 5:30 pm
  27. kalau dunia jin punya undang-undang hak asasi jin (HAJ), pasti mereka udah melaporkan sutradara pembuat filem2 hantu atas tuduhan pencemaran nama baik:mrgreen:

    Posted by anla arinda | July 5, 2011, 1:06 pm
  28. hiiiii….. takuuuuttt…. hehehe….
    mari berkawan kak..🙂
    http://r0edy.blogspot.com

    Posted by Rudi Cullens | July 5, 2011, 11:55 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!