you are reading
About God

Mengatasi Maag Saat Puasa

Sudah bilangan tahun saya mengidap penyakit maag akut. Kalau sudah kambuh, saya sampai tidak masuk kerja dua hari. Biasanya kalau telat makan lambung saya langsung sakit. Lucunya, setiap berpuasa, maag saya malah jarang kambuh. Padahal saya tidak sahur lho. Kalau saya sahur, ketika bangun tidur badan saya malah tidak fit. Alhamdulillah Allah memberi kemudahan bagi saya untuk bisa berpuasa. Saya percaya itu adalah tanda kebesaran Tuhan. Mungkin orang-orang berpenyakit maag memiliki ketakutan lambungnya akan sakit saat puasa. Tapi Allah itu Maha Besar, sebelum Dia menyuruh hambaNya berpuasa, pasti Dia sudah menyediakan solusinya untuk kita. Nah, buat kalian yang senasib sepenanggungan berpenyakit maag seperti saya, mungkin bisa memperhatikan poin berikut:

  • Berbukalah tepat pada waktunya, jangan diundur-undur. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya, ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh.
  • Saat berbuka jangan langsung menyantap makanan ‘besar’ (nasi dan lauk pauknya). Sebaiknya, makan besar dilakukan  kira-kira satu jam setelah berbuka, agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi normal.
  • Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat.
  • Hindari makanan pedas dan asam.
  • Hindari minuman berkafein seperti kopi, cokelat dan soft drink juga jangan merokok karena akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari mual.
  • Bila maag sudah sangat berat, bisa diantipasi dengan minum obat maag saat sahur dan berbuka.

Semoga informasinya bisa bermanfaat sehingga lancar jaya puasanya. Sekali lagi, selamat berpuasa teman😉.

Sumber: Viva News


Discussion

42 thoughts on “Mengatasi Maag Saat Puasa

  1. nice info gan,,,
    kunjung balik ya http://nak-ungasan.blogspot.com

    Posted by Suwardana Suwar | August 5, 2011, 1:42 pm
  2. alhamdulillah maag ku g pernah kumat, cuma kalo kebanyakan sambel akan sering keluar masuk “doubleUC” hohohoho
    met berpuasa…

    Posted by kira | August 5, 2011, 3:19 pm
  3. Ternyata kita sama’an punya penyakit maag….tapi bener kog puasa memang gak akan bikin orang maagnya tambah parah asal tertib saja seperti yg sebutkan diatas

    Posted by terroRIEZ | August 5, 2011, 3:57 pm
  4. terima kasih infonya mbak, boleh deh ditambah serat yang baik saat sahur adalah serat kasar. Serat kasar biasanya bisa didapatkan pada daun singkong.

    Posted by Blog Keluarga Kesehatan - Budi | August 5, 2011, 4:12 pm
  5. Ngeri juga ya kalo punya penyakit maag. Sampai bisa ijin kerja dua hari segala kalo kumat.

    Semoga puasa ini, tamat tanpa terganggu Maag, Sya.

    Posted by isnuansaa | August 5, 2011, 4:48 pm
  6. justru karena puasa, alhamdulillah, magh saya jadi sembuh mba..😀

    Posted by Mabruri Sirampog | August 5, 2011, 5:26 pm
  7. Ini pasti sangat bermanfaat bagi penderita maag akut. Soalnya dari pengalaman langsung. Selamat ramadhan ya Mbak..

    Posted by Masbro | August 5, 2011, 7:01 pm
  8. Kalau aku gak bs sya klo gak langsung makan berat. Gak bakalan konsen dah waktu taraweh. Tapi yg masih aku fikirkan itu makan setelah 1jam, bok ya itu bentrok dengan teraweh dong!

    Posted by niee | August 5, 2011, 10:19 pm
  9. Alhamdulillah…aku tetep puasa meski dulu sempat bedrest 1 bulan lebih gara2 maag,,,,,sore sempat kerasa clekit2 tapi lagi2 alhamdulillah…karena so far saya gak terganggu..dn emang saya selalu menyegerakan buka puasa dan selalu dengan makanan2 kecil..

    Posted by Pendar Bintang | August 6, 2011, 11:19 am
  10. Allah sudah mengaturnya, istri sy jg penderita maag akut. Tp alhamdulillah baik2 saja selama ramadhan tahun ini.

    Posted by RhyzQ | August 6, 2011, 12:56 pm
  11. Saya juga penderita maag akut sampai pernah pendarahan lambung. sejak itu kemana2 saya suka nyelipin biskuit. Memang bener mbak sya, Allah Maha Besar, puasa ini malah lambung saya fine2 saja. justru kalo habis buka malah rasanya agak mual. Pas puasanya enjoy aja.

    Posted by Marchei Riendra | August 6, 2011, 10:25 pm
  12. gue setuju sama poin pertama tuh
    soalnya dulu pernah juga menunda nunda makan ampe laper akut
    hasilnya gue makan banyak banget trus perut kembung
    jadi gak traweh deh

    *curcol

    Posted by @helgaindra | August 7, 2011, 3:59 am
  13. wah kebetulan saya maag kronis ini..
    terima kasih ya tipsnya…

    tambahan tips : tawakal pada ALLAH..🙂 hehe..

    Posted by fi | August 7, 2011, 8:17 am
  14. Keajaiban puasa, yang sakit maag biasanya malah gak kambuh2🙂
    sayang banget sakit maag ini juga menjadi alasan banyak orang yang meninggalkan puasa😦

    Posted by Kakaakin | August 8, 2011, 11:46 am
  15. tapi biasanya emang kalau lagi puasa penyakit maagnya jarang mampir..
    padahal kalau hari biasa telat makan dikit udah melilit tuh perut

    Posted by ~Amela~ | August 8, 2011, 12:51 pm
  16. makasih banyak ya…. ini penting sekali
    kadang saya mersakan keluhan yang semacam ini

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | August 8, 2011, 2:23 pm
  17. bener banget mbak. Rasanya tubuh kita ini udah dirancang sedemikian rupa. Sehingga puasa tidak akan bikin sakit, malah menyehatkan.🙂

    Posted by anla arinda | August 8, 2011, 5:49 pm
  18. Santan -dengan segala olahannya- membuat perut saya tak nyaman… magh jugakah itu?? *mencoba konsultasi kesehatan disini🙂

    Apa kabar neng sya??😀

    Posted by dheeasy | August 8, 2011, 9:00 pm
  19. Soal gula, saya baca waktu buka malah ga boleh gula yang langsung manis gitu, tapi musti gula yang diperoleh setelah proses tertentu

    misal, nabi makan kurma buat buka. Kurma manis setelah diolah di lidah. Di Indonesia, ada nasi yang rasa manis diperoleh ketika kena air ludah menjadi zat glukosa

    Posted by utchanovsky | August 9, 2011, 3:57 am
  20. Tengkyu inpohnya.. moga bermanfaat bagi mreka yang mag disaat menjalankan ibadah Puasa.. Amin..😉

    Posted by TreTans.com | August 9, 2011, 1:43 pm
  21. puasa di tempatku Imhsaknya jam 03 00 an – maghribnya jam 21.16 an tapi dgn niat Insya Allah oke2 saja, malahan kmrn pas nggak boleh ikut puasa krn persoalan wanita badan rasanya gimana gitu, loyo

    Posted by Ely Meyer | August 9, 2011, 3:32 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!