you are reading
Daily story

Saat Ramadhan Bukan Sekedar Berpuasa

Bagi sebagian besar umat muslim di Indonesia, Ramadhan bukan sekedar bulan untuk meningkatkan ibadah. Lebih dari itu, Ramadhan punya nilai sosial tersendiri. Biasanya di bulan ini, agenda kebanyakan orang dipenuhi dengan jadwal berbuka puasa bersama. Sabtu ini berbuka puasa dengan teman SMA, Minggu besok berbuka puasa dengan teman kuliah. Dengan kata lain, Bulan Ramadhan merupakan ajang reunian dengan teman-teman lama. Saya rasa hal ini merupakan salah satu berkah Ramadhan, yaitu mengakrabkan kembali silaturahmi yang selama ini hanya terjalin lewat situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Hal ini terjadi juga pada saya, –that’s why I love Ramadhan- mulai dari teman SD sampai teman ex kantor saya mengadakan acara buka bersama. Sayangnya, tidak semua acara bisa saya datangi. Tapi saya bersyukur Ramadhan kali ini bisa saya lewati bersama keluarga dan teman-teman.

Karena semua orang punya agenda berbuka puasa bersama, agak sulit mencari tempat makan yang masih available. Biasanya restoran-restoran sudah fully booked apalagi bila acara buka bersama dilakukan di akhir pekan. Seperti yang dialami saya bersama teman-teman ex kantor saya Sabtu kemarin. Tapi alhamdulillah kami masih bisa dapat tempat di Ayam Bakar Ghantari meskipun itu numpang di SMA 6 Jakarta. Sebenarnya sih tidak terlalu penting tempat acaranya di mana, asalkan kita dapat berkumpul bersama teman-teman saya rasa itu cukup menyenangkan.

Alhamdulillah saya sudah berbuka puasa bersama dengan teman-teman saya. Kalau kamu, sudahkah?😉

Foto: dokumentasi pribadi milik Bernadeta Xiecha

Discussion

45 thoughts on “Saat Ramadhan Bukan Sekedar Berpuasa

  1. belum pernah kopdaran😦 hiks hiks hiks
    jelas ajja kalau tuk hari nii belum buka karena emang belum waktunya… hueheeh..

    tuk pertanyaan mbaknya.. mungkin gambar gag muncul karena servernya lagi down.. soalnya
    gag semua gambar saiia upload ke blogger atau picassa.. tapi saiia juga pake yg lain.. dan sepertinya emang lagi down😦
    makasii kunjungannya iia😉

    Posted by Belajar Photoshop | August 23, 2011, 1:08 pm
  2. Saya masih dirantau jadi blum bisa Buka bersama bareng temen2 lama….jadi kepingin buka bareng bersama mereka…

    Posted by riez | August 23, 2011, 1:15 pm
  3. Udah 2 kali buka bersama dan beberapa kali gagal ikutan bukbernya >.<
    tapi masih ada beberapa rencana buka bersama lagi, hehehe…

    emang kalau mau ketemuan dan reunian paling pas bulan ramadhan deh, orang2 pada kumpul lagi ke kota asal soalnya jadi bisa lengkap😀

    Posted by niee | August 23, 2011, 1:27 pm
  4. kalo saya hampir setiap sore berbuka dengan teman2 santri TPA Al-Muhtadin

    http://www.tpamuhtadin.wordpress.com

    senang sekali memang berbuka puasa bersama

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | August 23, 2011, 1:45 pm
  5. Saya banyak dapat undangan, namun tidak semua bisa dihadiri juga, kemarin hanya sempat buka bersama teman-teman seangkatan pas kuliah dulu🙂.

    Posted by Cahya | August 23, 2011, 1:48 pm
  6. Kok ramadhan ini aku belum pernah ikutan bukber di luar ya…😦

    Posted by kakaakin | August 23, 2011, 10:44 pm
  7. beloman
    rencana sih minggu2 ini
    hehehe

    Posted by @helgaindra | August 24, 2011, 5:10 am
  8. saya udah kopdar lima kali sampai saat ini😀
    aslinya memang rasa silaturrahmi dan sosial dalam kebersamaan luar biasa😉

    Posted by Aulia | August 24, 2011, 11:30 pm
  9. ngetrennya sih kopdar sambil bantu adik-adik di panti asuhan..

    Posted by giewahyudi | August 25, 2011, 12:19 am
  10. Saya juga sempat 2 kali buber sama teman lama mbak,karena sekarang udah beda kota,disempat-sempatin deh momentum ini yang biasanya cuman dateng setahun sekali🙂

    Posted by grandchief | August 25, 2011, 9:09 am
  11. Ah senangnya buka puasa bersama, saya belum sempat😦
    banyak undangan tapi tak bisa ikutan karena tertimbun pekerjaan yang harus selesai sebelum libur lebaran.
    Selamat Idul Fitri ya.

    Posted by indahjuli | August 25, 2011, 11:22 am
  12. mampir lagi nii menjelang berbuka puasa🙂

    Posted by Belajar Photoshop | August 25, 2011, 3:27 pm
  13. waaa rame ya…
    banyak cewek pulak *berbinar*

    Posted by Triunt | August 26, 2011, 8:36 am
  14. komplit ya emang kalau udah bukber, dari temen SD, SMP, SMA, kuliah, temen kantor dll banyak lagi, hihihi. tapi itu salah satu momen yang jadi seru di bulan Ramadhan ya. Mudah2an masih bisa menjumpai Ramadhan tahun depan, amin…:)

    Posted by maminx | August 26, 2011, 10:03 pm
  15. wahh.. asyiknya buber yach…
    Apalagi kalo di akhir-akhir ramadhan begini….

    Nice post…
    salam kenal…😀

    Posted by Jackysan | August 27, 2011, 12:07 pm
  16. Hiks… saya belum berbuka puasa bareng temen2 SD dan SMA saya..😦
    Semua di Surabaya sih, dan saya gak pulang ke SUrabaya… Bandung adalah tujuan mudik keluarga besar saya, jadi deh saya gak pulang…

    Posted by Asop | August 27, 2011, 7:35 pm
  17. ih aku juga sempet buber di ganthari🙂

    Posted by opathebat | August 27, 2011, 10:33 pm
  18. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H.

    “MINAL AIDIN WALFAIZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.”

    Posted by Irfan Handi | August 29, 2011, 10:25 pm
  19. Memang sih, blum pernah ketemu.
    Tapi, siapa tau diantara untaian paragraf terselip ribuan karakter Alfa…

    So,
    maafin anla….🙂

    Posted by anla arinda | August 29, 2011, 11:14 pm
  20. Segenap Keluarga Besar Ejawantah’s Blog mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1432 H.Taqobballahu Minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

    Semoga segala amal perbuatan kita di bulan suci Ramadhan diterima disisi Allah SWT dan kembali kepada fitrahnya.

    Seiring salam dengan kerendahan hati kami berharap sudikiranya sahabat menjemput kartu ucapan dari kami di
    http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/kartu-lebaran-idul-fitri-1432-h-untuk.html#comments

    Sukses selalu dan salam untuk keluarga.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    Posted by ejawantahblog | August 30, 2011, 3:17 am
  21. sudah jugaa🙂 tapi taun ini agenda bukbernya ga sepadet taun2 sebelumnya. sengaja sih, pengen lebih sering di rumah aja *bilang aja duitnya menipis. hahaaha :p
    mbaaakk, aku udah update blog loh. maaf yah udah lama ga update dan blogwalking. mohon maaf lahir batin. taqobalallahu minna wa minkum🙂 semoga amal ibadah puasa ramadhan taun ini diterima oleh Allah dan semoga dipertemukan dgn ramadhan taun depan. aamiin🙂

    Posted by jasmineamira | August 30, 2011, 5:30 pm
  22. saya malah besok lebaran,
    sudah lebaran kah?🙂
    Minal Aidzin wal faidzin, Mohon Maaf Lahir bathin

    Posted by mascayo | August 30, 2011, 8:00 pm
  23. selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin…..meskipun telat semoga tidak mengurangi nilai silaturahmi dan ukhuwah nya yaa….

    Posted by TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia | September 2, 2011, 12:04 am
  24. selamat berbuka kembali buat yang enam syawalan. asik bener bisa makan rame2 gitu. tapi kok rame2 makannya? *retoris mode on

    Posted by guru rusydi | September 2, 2011, 4:14 am
  25. Selalu asyik kok kalau bersua dengan teman lama, tidak harus di bulan Ramadhan. Tahun depan mau aku ajukan acara buka bersama dan tawarih berjamaah, biar double pahalanya :p

    Posted by oktina.chan | September 4, 2011, 7:11 pm
  26. salam kenal mba….
    Minal aidzin wal faidzin,mohon maaf lahir dan bathin.

    Posted by nopha kartika | September 7, 2011, 12:10 am

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!