you are reading
Foodism

Soto Mie Enak

Kali ini saya mau sharing pengalaman saya makan soto mie. Sebelumnya sudah pada tahu kan soto mie? Itu lho soto dari Bogor yang isinya mie kuning, bihun, kol, risol dan daging. Meskipun namanya soto mie, saya tidak pernah makan soto mie pakai mie kuning dan bihunnya. Saya selalu makan dengan nasi. Hal ini ada penyebabnya, dulu sewaktu SD, di kantin ada penjual soto mie. Tapi karena soto mie terlalu ‘wow’ untuk anak SD, maka si pedagang mengganti mie dengan nasi. So dinamakanlah nasi kuah. Rasanya sama seperti soto mie hanya diberi nasi yang langsung dicampur dalam kuah.

Soto mie di SD saya berbeda dengan soto mie biasa, ada bumbu khusus berwarna kemerahan yang terlihat seperti sambal. Bumbu inilah yang bikin soto mie-nya terasa enak. Menurut saya soto mie di SD saya itulah yang paling enak sedunia. Well kalau merasa saya berlebihan, silahkan coba sendiri. Datang saja ke SD saya di SDN Menteng 02. Eh bukan sekolahnya Presiden Obama lho, Obama kan di SDN Menteng 01😉. Sebenarnya ada dua pedagang yang jual soto mie. Yang pertama terletak di dalam kantin sekolah. Pedagangnya namanya Bang Mamat. Sebenarnya Bang Mamat ini sudah seperti kakek saya. Karena Bang Mamat sudah berjualan sejak Ayah saya sekolah di situ. Kemudian yang kedua berada di depan sekolah, penjualnya bernama Adis. Dua-duanya sama enaknya dan sama-sama ngangenin.

Biasanya kalau sudah menemukan rasa makanan yang pas, pasti susah menemukan tandingannya. Begitu juga dengan masalah soto mie ini. Setelah bertahun-tahun mencicipi soto mie yang tidak pernah lebih enak dari soto mie Bang Mamat & Adis -maaf kalau terbaca berlebihan- akhirnya saya menemukan soto mie yang tidak kalah enak. Namanya soto mie Sami Asih, lebih terkenal dengan nama soto mie Mang Acang sesuai dengan nama penjualnya. Lokasi soto mie ini terletak di Pasar Cisalak, Depok. Memang sih tempat jualannya kurang oke karena terletak di dalam pasar. Tapi soal rasa boleh diadu😉. Cukup dengan Rp. 10.000.- sudah bisa merasakan sedapnya soto mie. Kalau mau beli, disarankan datang pagi, karena kalau agak siangan bisa tidak kebagian daging. Oh ya, disarankan juga untuk sabar karena tempat ini selalu ramai pembeli, apalagi di hari Sabtu dan Minggu🙂.

Semangkuk soto mie tanpa mie (bingung ya? :D). Kesukaan saya ditambah ekstra risol, jeruk limo dan sambal biar makin mantab🙂

Daftar harga soto mie

Gerobak soto mie Sami Asih

Discussion

53 thoughts on “Soto Mie Enak

  1. wah saya pernah tuh sekali makan soto mi di jagakarsa
    rasanya lumayan enak
    hehe maklum baru pertama kali ngerasain

    Posted by @helgaindra | September 21, 2011, 5:28 pm
  2. Saya penggemar soto mie, tapi jarang menemukan soto mie enak seperti yg dijual abang keliling di gang sempit kramat sentiong waktu saya kecil dulu. Untung di pasar 88 Alam sutera serpong, ada soto mie yang enaknya mirip seperti rasa soto mie masa lalu saya. Nice post Mbak🙂

    Posted by Evi | September 21, 2011, 5:38 pm
  3. Hmmmmmmm soto paling enak sama kol…😳

    Posted by Asop | September 21, 2011, 7:17 pm
  4. Saya cuma pernah beli soto, trus buat mie sendiri di rumah, baru digabung🙂.

    Posted by Cahya | September 21, 2011, 9:18 pm
  5. gag tau knp… saiia gag terlalu suka sama yg namanya soto.. aneh kah yg seperti saiia nii?!??!

    Posted by Belajar Photoshop | September 21, 2011, 9:32 pm
  6. Pokoknya yang berbau-bau mie saya suka pokok’e maknyuss

    Posted by riez | September 22, 2011, 1:55 am
  7. jam sebelas lebih aku membaca postingan ini
    duh semakin lapar rasanya
    apalagi aku belum pernah makan soto mie
    duh…. hmm…..

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | September 22, 2011, 11:16 am
  8. Walah, siang bolong baca yang beginian jadi laper. Apalagi harganya cukup bersahabat. Hehe

    Posted by sulunglahitani | September 22, 2011, 1:05 pm
  9. dah lama gak makan mie

    Posted by andinoeg | September 22, 2011, 1:55 pm
  10. wah belon pernah makan mbak,,,, insya Allah nanti nyoba kalo ketemu penjualnya di Balikpapan….

    Posted by Blog Keluarga Info | September 22, 2011, 2:38 pm
  11. eh aku belom pernah deh makan mie soto,, hehe

    Posted by niee | September 22, 2011, 2:49 pm
  12. Saya suka mie ayam neng. he.he . . .

    Posted by Irfan Handi | September 22, 2011, 3:04 pm
  13. kalo disini sotonya pake bihun mbak..🙂

    Posted by fitrimelinda | September 22, 2011, 8:21 pm
  14. Waah perut ana jadi langsung lapeeer nih baca ginian……😀😀 , mana tukang Soto nya udah pada tidur malam-malam gini….

    Posted by DARUSSALAM | September 22, 2011, 11:42 pm
  15. saya termasuk yang suka soto mie,uihhh mantaaap!!
    nice artikel!!!

    Posted by nopha kartika | September 23, 2011, 12:30 am
  16. hmm…bikin ngiler aja nih mbak, hehe

    Posted by tunsa | September 23, 2011, 9:28 am
  17. Waah, jadi inget soto mie di tempat magang,. rasanya juga lumayan enyaak

    Posted by ~Amela~ | September 23, 2011, 10:02 am
  18. eh, risol itu seperti apa?

    Posted by sakti | September 23, 2011, 10:54 am
    • Serius ga tau risol? Risol itu gulungan dadar tepung diisi bihun. Ada juga risoles rogut yang isinya rogut atau risol smoked beef yang isinya smoked beef. Tapi kalau risol untuk soto mie sih isninya bihun aja terus digoreng garing.

      Posted by Sya | September 26, 2011, 3:54 pm
  19. Saya juga penggemar soto miee lhooo… rasanya sedap kalo lagi gak enak badan trus makan panas2…🙂

    Posted by @zizydmk | September 23, 2011, 11:04 am
  20. mampir lagi menjelang tutup buku😦

    Posted by Belajar Photoshop | September 24, 2011, 12:01 am
  21. Kalau soto mie yang sesungguhnya seperti ini saya belum pernah merasakan. Makan soto mie dari mie instan itu yang kadang-kadang saya lakukan.
    Kalau dilihat dari gambarnya, kok mirip2 dengan soto Jakarta ya…

    Posted by HALAMAN PUTIH | September 24, 2011, 8:27 am
  22. klo deket rumah ane adanya rujak soto mbak…pernah makan ga ?😀

    Posted by rachmat amienullah | September 24, 2011, 12:32 pm
  23. pasti ada tauge nya kan?? hmm, saya lebih memilih makan mi instan aja deh Sa..😀

    Posted by Dhenok | September 24, 2011, 10:34 pm
  24. klo di bogor….sy biasa makan soto mie di areal apt kimia farma merdeka….
    soal rasa…..wokehh lho….!

    Posted by bensdoing | September 25, 2011, 6:41 pm
  25. nice…nice…
    pengen…pengen…pengen
    2 tahun lalu biasanya setiap dari stasiun ka selalu makan soto mie,,,,
    kangeeennn

    Posted by Anugrha13 | September 25, 2011, 9:52 pm
  26. Ulasan yang mantafff… jadi pengen nyoba beneran … uih… Oh ya, salam kenal ya🙂

    Posted by Aditya Fajar | September 25, 2011, 10:01 pm
  27. kalo saya ke jakarta pasti saya coba. keliatannya uenak banget

    Posted by joko suharja | October 14, 2011, 7:38 pm
  28. thank informasiny

    Posted by shuka shoes | October 20, 2011, 10:19 am
  29. Saya lulus dari SD yg sama dgn anda..lulus ’89, anda angkatan brp di Tegal? Saya hobi juga makan di Bang Mamat, bahkan sampai saya kuliah jg suka makan sana, sekrg dah gak pernah : ( Btw selain nasi kuah dan sotomie, saya jg suka nasi keringnya, nasi+potongan risol dan daging dikecapin en taburan bawang goreng..Utk yang bisa menanding nikmatnya soto Bang Mamat, saya ada jagoan Soto Mie didaerah Pejaten..warungnya kalo dari Republika, masuk Pejaten sekitar 50m , mesjid pertama..tuh warung hadap2an dgn masjid, soto mienya mantep, dagingnya berlumu bumbu seperti di Bang Mamat..1 hal lagi, salah satu putra Bang Mamat bernama Romli juga di SD yg sama dgn kita, dibawah saya setahun dia.. : )

    Posted by donny | September 12, 2012, 12:23 am
  30. soto bang mamat sudah familiar, dari th.80-an s/d skitar 2000-an masih suka menikmati, maklum dari 1979-1987 saya bersekolah disitu dari TK-SD.Yang saya mau tanya soto mie asih, karena skrg saya tinggal dan bekerja di depok.Setahu saya ps.cisalak itu besar, jadi di bagian mana tepatnya soto mie asih tersebut?

    Posted by radyte_susanto | June 15, 2013, 4:40 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!