you are reading
About God

Bersyukur untuk Kemarin, Hari Ini dan Esok

Pernahkah kamu menghitung berapa banyak nikmat yang Tuhan berikan selama hidupmu? Hmm, nggak usah selama itu deh, coba dihitung saja nikmat dalam satu hari ini. Ketemu? Kira-kira ada berapa? Lima, sepuluh, dua puluh atau lebih? Kalau disuruh menghitung, saya nyerah deh. Nikmat yang sudah Tuhan berikan buat saya begitu banyak, banyak sekali. Sampai sering kali saya malu untuk berdoa minta ini itu.

Maka nikmat Tuhan yang manakah yang hendak kamu dustakan? QS Ar Rahmaan

Kadang sesekali saya mengeluh dan tanpa sadar cenderung mengingkari nikmat yang ada. Kadang saya melihat ke atas dan lupa melihat ke bawah hingga lupa pula untuk bersyukur. Tapi akhir-akhir ini saya sering mengingatkan diri saya sendiri untuk lebih sering bersyukur. Bersyukur bukan sekedar mengucapkan Alhamdulillah tapi juga bertindak untuk membuktikkan rasa syukur saya. Mungkin yang paling mudah adalah shalat meskipun menurut saya shalat itu lebih kepada pemenuhan akan kebutuhan jiwa saya. Seharusnya saya bisa lebih bersyukur daripada itu. Mungkin saya harus belajar lebih banyak berderma dan menggunakan apa yang sudah Tuhan beri untuk kebaikan bersama. Saya merasa masih belum benar-benar bersyukur. Semoga saya masih diberi waktu untuk melakukannya. Sengaja saya tulis di sini sebagai pengingat.

Dan mumpung saya masih ingat, saya bersyukur untuk nikmat kemarin, hari ini dan yang akan datang.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Discussion

28 thoughts on “Bersyukur untuk Kemarin, Hari Ini dan Esok

  1. Klo melihat ke atas terus, ntar tersandung. Klo melihat ke bawah terus, ntar kejedot. Melihat lurus aja di tengah-tengah. Atas kelihatan bawah juga pasti kelihatan. Yang penting masih ingat untuk bersyukur walaupun dirasa belum cukup. Sukses ya Sya, buat hari depanmu yang sebentar lagi akan berubah.🙂

    Posted by nandobase | October 15, 2011, 1:03 pm
  2. kita memang harus senantiasa bersyukur karena dengan bersyukur hati ini akan ikhlas dalam menerima segala ketentuan-Nya🙂

    Posted by bensdoing | October 15, 2011, 8:30 pm
  3. Saya suka surat Ar-rahmaan ini…😥

    Posted by Asop | October 15, 2011, 9:45 pm
  4. Mengingatkan diriku juga nih… Yang terlalu sering terlupa…😦

    Posted by kakaakin | October 15, 2011, 11:37 pm
  5. absen salam kenal postiang y bgs,, buat bahan renungan O_O triims

    Posted by tirtadarmantio | October 16, 2011, 1:27 am
  6. iya, sering sekali malah menyia-nyiakan kenikmatan yang udah diberi.

    Posted by Hanif Mahaldi | October 16, 2011, 6:54 am
  7. Semoga kita jadi hamba yang tak lupa cara bersyukur

    Posted by riez | October 16, 2011, 9:44 am
  8. Yaa.. memang tanpa sadar banyan nikmat Tuhan yg gak disasari ya sya.. berasa kurang banget jadi manusia..

    Posted by niee | October 16, 2011, 4:26 pm
  9. yaa begitulah manusia, kadang suka lupa dengan nikmat2 yg telah Allah berikan..suka terlena dgn kenikmatan yg ada dan suka putus asa kalo ditimpa kesedihan..manusia lupa kalau ada Allah untuk tempat bergantung saat senang dan sedih..jujur aja, meski saya sangat suka surat ar-rahman yg ditulis itu, tetepp aja saya masih suka lupa *astagfirullah..
    saya baca postingan ini subuh2 dan sangat mengena..terima kasih byk yah, mbaak🙂

    Posted by jasmineamira | October 17, 2011, 4:14 am
  10. bersyukur bikin tenang dan menyadari siapa kita..:)

    Posted by beoding | October 17, 2011, 9:15 am
  11. terima kasih sudah mengingatkan…..

    Posted by komuter | October 17, 2011, 10:46 am
  12. TOP banget dah, mudah2an terus dikruniai rizki yang berkah…

    Posted by Mbah Jiwo | October 17, 2011, 10:52 am
  13. satu hal yang terlupa ketika sedang mengeluh
    Ternyata apa -apa yang telah saya dapatkan itu lebih besar daripada kondisi kekurangan saya saat ini

    Posted by mandor | October 17, 2011, 11:27 am
  14. nice post. terima kasih telah mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur atas apa yang Allah anugrahkan kepada kita. semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang pandai bersyukur. amin

    Posted by ahsinmuslim | October 17, 2011, 1:04 pm
  15. 😀
    iya mbak.. Allah itu udah baiiiiiiik banget ama kita.. udah banyak yang diberikanNya.. makanya tiap kali saya mau ngeluh2 saya ingetin diri sendiri bahwa hal yang wajib disyukuri itu jauh lebih banyak daripada yang mau dikeluhkan..
    Kalau kita hidup selalu dipenuhi dengan rasa ikhlas dan syukur, insyaAllah bakal damai dan bahagia..

    Gimana pernikahannya mbak?

    Posted by ~Amela~ | October 17, 2011, 1:17 pm
  16. kemarin.. hari ini.. esok.. selamanyaaaaa..

    Posted by maseko cahyo | October 17, 2011, 6:28 pm
  17. iklan blognya keren🙂

    Posted by pricrimbun | October 17, 2011, 11:27 pm
  18. Mari Syukuri Nikmat hari Ini.

    Posted by irfan handi | October 18, 2011, 9:44 am
  19. Nice writing, wahai teman senasib (nasib orang Jakarta yang gak punya kampung dan gak pernah mudik)…
    Be grateful everydayyyyyy…. ^^

    Posted by missdestiana | October 18, 2011, 10:25 pm
  20. membaca postingan ini hati saya berdesiran….
    sudahkah hamba termasuk orang
    yang senantiasa bisa bersyukur?
    semoga bisa; semoga bisa!

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | October 19, 2011, 10:23 am
  21. selalu bersyukur itu jauh lebih baik dari pada mengeluh
    nikmat Allah itu gak sebanding dengan rasa syukur yang kita ucapkan
    subhanallah deh!

    Posted by @helgaindra | October 19, 2011, 10:40 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!