you are reading
Daily story

Riweuhnya Naik Transjakarta

Saya mau curhat nih tentang pengalaman saya naik busway alias bus Transjakarta. Jadi karena saya sudah pindah tempat tinggal, setiap hari saya harus naik busway ke kantor. Jarak yang ditempuh lumayan jauh, antara Utan Kayu – Kebon Jeruk, dari timur ke barat. Dari Utan Kayu sampai ke Kebon Jeruk atau sebaliknya, saya harus 2 atau 3 kali transit selama perjalanan, tergantung saya ingin lewat rute mana. Ada 3 rute yang sudah saya coba, yang pertama Kebon Jeruk – Grogol – UKI – Utan Kayu, yang kedua Kebon Jeruk – Harmoni – Cempaka Mas – Utan Kayu, kemudian yang ketiga Kebon Jeruk – Harmoni – Dukuh Atas – Utan Kayu. Lama perjalanan paling cepat adalah 2,5 jam dan paling lama 3,5 jam. Selama perjalanan, saya kebanyakan berdiri. Coba dibayangkan, tiap pagi dan malam saya harus berdiri 3,5 untuk mencapai tempat tujuan. Kadang karena capeknya, saya mau nangis😥. Padahal kalau saya pulang ke rumah, dari Kebon Jeruk ke Depok hanya memakan waktu 2 jam via tol.

Kenapa naik busway bisa lebih lama? Penyebabnya sih bermacam-macam, bisa karena busway datangnya lama – saya pernah menunggu busway selama 1 jam – bisa juga karena tidak sterilnya jalur khusus Transjakarta. Naik busway itu benar-benar melatih kesabaran. Bayangkan saja, saya harus mengantri naik busway cukup lama di tengah-tengah puluhan orang. Panas, bau dan pegal. Selama perjalanan, saya juga menemukan berbagai reaksi pengguna busway. Ada orang yang marah dan berteriak saat menunggu busway, ada juga yang tidak tahu malu dengan menyelak antrian, ada yang saat busway datang main dorong dan injak kaki orang, ada juga yang tidak sabar masuk busway tanpa menunggu yang di dalam bus keluar lebih dulu. Dua yang terakhir itu adalah yang paling sering saya jumpai. Saya sendiri masuk kepada orang-orang yang hanya bisa diam dan mengantri kemudian saat mau masuk busway terhimpit orang-orang dari kanan dan kiri saya, kalah tenaga dengan mereka yang bertubuh besar. Tapi di luar itu, ada juga orang baik yang bersedia memberikan kursinya untuk saya. Kalau ada pria yang seperti itu, saya langsung berujar dalam hati, “Alhamdulillah masih ada gentleman di Jakarta”. Oh ya, melenceng sedikit dari konteks, saya punya saran untuk mengurangi bad mood, sebaiknya bawa MP3 player untuk menghibur diri selama perjalanan😉.

Bicara tentang naik busway, saya paham perasaan mereka -pekerja kantoran- yang menggunakan busway sebagai alat transportasi. Tapi apa perlu menyelak, dorong-dorongan bahkan tidak jarang saya melihat orang adu mulut di halte busway? Saya memimpikan suasana yang tertib dan rapi saat mengantri. Saya juga berharap agar pihak pengelola Transjakarta memperbanyak armadanya, mensterilkan jalur khusus busway dan mengganti bus-bus yang AC-nya sudah RIP. Semoga harapan saya didengar pengelola ya, sehingga mimpi saya jadi kenyataan. Betapa pun riweuhnya naik busway, saya mengandalkan transportasi ini untuk pergi bekerja🙂.

Discussion

57 thoughts on “Riweuhnya Naik Transjakarta

  1. awalnya naik busway sih enak…lama2 sama aja kaya bus2 lainnya…salam kenal yaaa

    Posted by baju wanita | November 3, 2011, 4:06 pm
  2. Tapi seru ya kayaknya? Ya semoga harapannya didengar neng.
    Tetap semangat ya.🙂

    Posted by Irfan Handi | November 3, 2011, 5:35 pm
  3. paling enak metro mini, apa lagi kalo ke jatinegara, ada pengamen bisu, ngakak gw kalo denger dia ngamen.

    Posted by kira | November 3, 2011, 7:51 pm
  4. waktu masih kuliah di Bintaro saya juga pengguna setia busway…dari Blok M ke Pulogadung, transit di Harmoni…
    dulu saya punya tips jitu waktu naik busway..jadi saya suka pilih jam busway paling pagi atau paling malam sekalian, dulu kalo naik busway sebelum jam 7 pagi cuma Rp1500..hehehe..
    tempat favorit di busway adalah berdiri di paling belakang dan paling pojok…🙂

    Posted by muamdisini | November 3, 2011, 9:29 pm
  5. Padat banget transjakarta.

    Posted by Hema | November 3, 2011, 9:55 pm
  6. Salut ..perjalan sejauh itu buat seorang wanita. .
    Kalau saya,mending, ganti pekerjaan .. Wedew 4 jam pulang pergi di perjalanan setiap hari. bisa kacau ,,ga betah banget.. kecuali gaji seminggu bisa buat mobil.Minggu berikutnya saya naik mobil deh hehe

    Posted by ada-akbar.com | November 4, 2011, 3:07 am
  7. Wah… sekarang tambah padat saja ya…
    Semoga ntar bisa lebih nyaman deh naik transjakarta🙂

    Posted by kakaakin | November 4, 2011, 6:37 am
  8. buat kaum hawa hati2 aja klo naik yg penuh2 begini….banyk ‘tangan2 nakal’ yg berseliweran 😀
    sekedar intermeso, nitip ya http://bensdoing.wordpress.com/2011/11/03/pr-blogger-sekolah-dasar/

    Posted by bensdoing | November 4, 2011, 7:12 am
  9. Wuah ngeliat pic nye aja udah ngeri mbak, ngantri sepanjang itu. Dripd ngantri mending dengerin lg sby ja dech

    Posted by The dark anco | November 4, 2011, 7:59 am
  10. wah lama juga mbak ya perjalanan ke kantornya sampai 2,5 jam,aq kira aq dah lama banget perjalanan 1 jam ke kantor tapi naik sepeda motor,gak bisa ngebayangin harus bangun jam berapa untuk persiapan mau ke kantor aja🙂

    Posted by Grandchief | November 4, 2011, 10:22 am
  11. emang begitu mbak.. sebenarnya ga pingin mutasi ke jakarta.. sumpek.. tapi yah, mau gimana lagi sih

    Posted by ~Amela~ | November 4, 2011, 1:17 pm
  12. hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik dan menambah pengetahuan .
    makasih infonya yya gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.hajarabis.com

    Posted by hajarabis | November 4, 2011, 2:13 pm
  13. keadaan begitu apa karena penghuni jakarta yang sangat padat ya…
    kalo di jogja ada yang namanya trasjogja, ga pernah berhimpitan, ac nyaman
    kalo naik juga tidak begitu antri….

    semoga ke depan transjakarta semakin oke ya…

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | November 4, 2011, 3:40 pm
  14. Dulu pertama kali aku ke jakarta naek.busway itu enak ya sya.. bis besar dengan ac nya yg dingin banget.. enak deh..

    Lah skrg bulan lalu ke jakarta kondisinya udah jauh berkurang.. aku yg hari sabtu pagi aja ribetnya minta ampun.. padahal.cuma 1rute.. gak kebayang deh kalau ngantrinya kayak.yg gambar diatas.. bs stress aku..

    Sya semangat!!😀

    Posted by niee | November 4, 2011, 4:41 pm
  15. kalau jarak jauh enaknya cari bis biasa aja Sya, rute busway itu kan agak muter ya, jadi lama di jalan aja

    Posted by monda | November 4, 2011, 9:06 pm
  16. Sabar ya Sya…😐

    Posted by Asop | November 4, 2011, 9:19 pm
  17. Dukuh atas itu-apalagi pas waktu liburan-mampet di situ semua. >.<

    Posted by moer | November 4, 2011, 10:09 pm
  18. wah belon pernah naik transjakarta mbak… semoga harapannya bisa dipenuhi ya mbak…

    Posted by Henny - SMA Negeri 1 Samarinda | November 5, 2011, 10:18 am
  19. wah…,yang sabar ya mbak…,mbak naik pesawat ja,anti macet,hohohoho,peace mbak!!!! ^_^v

    Posted by niccaniez | November 5, 2011, 3:28 pm
  20. Kunjungan rutin ke blog ini… hehehe🙂
    Saya Abed Saragih mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
    salam persahabatan🙂

    Posted by diketik | November 5, 2011, 8:07 pm
  21. walah2.. untuk si sayah belum pernah naik ya:mrgreen:

    Posted by rizki hendrian nugraha | November 6, 2011, 1:14 pm
  22. alhamdulillah, di madura alat transpostasinya aman2 saja.. gak ada macet, apalagi polusi.. ha ha

    promosi.com

    Posted by TreTans.com | November 6, 2011, 3:30 pm
  23. denger denger bis transjakarta mau ada peremajaan sama penambahan armada ya? semoga aja kualitasnya lebih bagus entar yah

    Posted by volverhank | November 6, 2011, 10:00 pm
  24. hihi, saya malah pingin naik busway:mrgreen:
    btw, gimana kabar project monorail Jakarta itu mbak?

    Posted by Arinda | November 7, 2011, 2:01 pm
  25. Semoga transportasi kita makin membaik

    Posted by riez | November 7, 2011, 3:41 pm
  26. busyet… masak sampe segitunya ya, kalau di semarang dulu saya naek trans semarang nyaman sih….

    Posted by choirul | November 8, 2011, 11:13 am
  27. Bisa jadi pengalaman tersendiri, sehingga membuka wawasan kita akan kota jakarta itu spt apa, dilihat dari salah satu sisinya…

    Posted by Mahendra | November 8, 2011, 3:18 pm
  28. Saya sudah lumayan lama ga naik tans Jakarta,
    semakin padat aja kayaknya ya.

    Posted by ysalma | November 9, 2011, 5:04 pm
  29. Wuih…! Gak bisa ngebayangin setiap hari harus berdiri berjam-jam utk sampai ke tempat kerja. Jakarta semakin sesak saja. Semoga pemerintah segera bisa memberikan pelayanan transportasi yang lebih baik untuk rakyatnya.

    Posted by M Mursyid PW | November 9, 2011, 8:58 pm
  30. Yang berkunjung sudah padat juga yak? he.he . . .🙂

    Posted by irfan handi | November 9, 2011, 9:33 pm
  31. Bush way Semanis Gula jawa he he Peace
    http://sekelumitinfo.wordpress.com/

    Posted by vido0311 | November 10, 2011, 7:04 am
  32. hah..tua dijalan deh kayanya sya..😀

    jadi inget waktu kuliah suka rebutan bus buat ngampus..🙂

    Posted by fitrimelinda | November 10, 2011, 4:23 pm
  33. sore hari capek abis kerja
    NaikTransjakarta dari Pluit ke Potlot
    Tetap aje… macet !!!

    Posted by Hijauku | November 11, 2011, 2:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!