you are reading
Daily story

Fenomena Cuek di Angkutan Umum

Sebenarnya saya kurang yakin apakah ini bisa dibilang fenomena atau bukan, entahlah. Saya hanya ingin menumpahkan rasa sedih saya. Jadi begini, saya kerap menggunakan angkutan umum bila berangkat atau pulang kerja. Tentunya bila naik kendaraan umum, saya banyak berinteraksi dengan orang lain. Kadang saya memperhatikan tingkah orang-orang di dalam bus. Dari tingkah mereka, tercermin kepribadian mereka, meski tidak keseluruhan. Ada sikap orang-orang di dalam angkutan umum yang sangat mengganggu saya, yaitu sikap tidak peduli mereka. Memang tidak semua orang bersikap cuek atau tidak peduli, namun menurut saya jumlahnya bisa dibilang banyak dan itu dilakukan baik pria atau pun wanita.

Contohnya apa yang saya alami di pagi ini, saya berangkat kerja menggunakan bus Transjakarta. Ada seorang ibu hamil yang berdiri di area khusus wanita. Sangat menyedihkan sekali tidak ada satu pun wanita yang beranjak dari kursinya mempersilahkan si ibu duduk. Padahal mereka jelas-jelas melihat si ibu dengan perut besarnya. Sudah diberitahu juga oleh penumpang lain, agar salah satu dari mereka yang duduk untuk berdiri. Namun tetap tidak ada yang peduli. Akhirnya saya memutuskan untuk memanggil petugas bus untuk memerintahkan salah satu penumpang berdiri.

Pernah juga saya melihat ibu tua berusia sekitar 60 tahun membawa barang belanjaan dibiarkan berdiri. Penumpang yang lain pura-pura tidur, padahal semua penumpang baru 5 menit memasuki bus bersamaan. Ada juga saat di mana saya melihat penumpang menggunakan tongkat penopang, tetapi dibiarkan berdiri. Yang paling sering saya lihat, ibu-ibu atau anak kecil dibiarkan berdiri sedangkan mas-mas dan mbak-mbak yang masih sehat duduk manis.

Memang selama perjalanan berangkat atau pulang kerja, kita merasa lelah berdesakan di dalam bus. Apalagi bila harus berdiri di sepanjang perjalanan. Saya sangat mengerti kondisi tersebut, karena saya mengalaminya. Tapi menurut saya, itu bukan alasan untuk tidak peduli pada penumpang di sekitar kita. Hmm, itu sih self reminder buat saya. Namanya juga angkutan umum, ya harus berbagilah terutama kepada penumpang prioritas (manula, ibu hamil, penyandang cacat dan orang yang membawa anak).  Semoga rasa cuek ini bukan virus yang akan menular ke yang lain ya.

*sumber gambar: Kompasiana

Discussion

41 thoughts on “Fenomena Cuek di Angkutan Umum

  1. Hmmm..
    miris banget Mbak, lihat kenyataan seperti yg Mbak tulis
    Ya Allah, koq tega banget sih…
    Mengamini kalimat terakhir..
    “Semoga rasa cuek itu bukan virus yg akan menular ke yang lain”
    Eh, Mbak, gimana kbarnya?

    Posted by apikecil | February 21, 2012, 1:47 pm
  2. ya setuju deh. eh tapi kalo di depan saya ada mbak2 yg masih muda, saya gak mau berdiri utk ngasih tempat duduk saya lo. hehehe

    Posted by indobrad | February 21, 2012, 2:02 pm
  3. Jarang naik angkutan umum,lebih sering bawa motor sendiri

    mungkin bisa jadi bahan pelajaran ini mbak untuk bisa lebih peduli dengan orang lain :)

    Posted by grandchief | February 21, 2012, 2:32 pm
  4. aku jarang dan hampir gak pernah pake angkutan umum sya.. jaei gak tw juga.. dan mau komen juga gak tahu aku gitu atau gak yak (tanpa disadari) mudah2an ini jd pengingat aja kalau lagi diangkutan atau tempat umum gt :)

    Posted by niee | February 21, 2012, 5:40 pm
  5. wah parah mah kalo gitu
    manula, wanita hamil sama anak-anak itu harusnya jadi prioritas utama kalo diangkutan umum
    apalagi angkutan semacam transjakarta
    ckckck

    Posted by helgaindra | February 22, 2012, 1:17 am
  6. Di satu sisi, naik angkot itu ramah lingkungan. Tapi di sisi lain, ada gejala yang seperti itu, cuek.. Tulisannya bagus Mbak..

    Posted by masbro | February 22, 2012, 10:01 am
  7. bener banget, gak seharusnya kita cuek kl melihat orang tua atau ibu hamil berdiri di angkutan umum

    Posted by andinoeg | February 22, 2012, 1:58 pm
  8. iya… khan udah ada stikernya, tempat duduk khusus manula, cacat atau ibu hamil, mungkin yg duduk disitu buta huruf ‘kali ya?

    Posted by sakti | February 23, 2012, 6:58 am
  9. lebih menyedihkannya lagi, sudah tidak mau berbagi, sambil merokok lagi….
    sungguh, hal yang semacam ini semestinya menjadi perhatian bagi kita bersama

    [tulisan yang sangat bagus dan penting ini mbak]

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | February 28, 2012, 11:25 am
  10. kalo angkutan umum di kota2 kecil sih, kebanyakan penumpangnya masih pada mau mengalah…
    ga tau kalo di kota2 besar lainnya..

    Posted by Rudi Cullens | February 29, 2012, 8:26 am
  11. miriss memang mbak. banyak yang gak peka di angkutan umum, terutama transjakarta ya. kalau di kereta sih masih banyak yang peka karena kan banyak juga tempat duduknya

    ya semoga saya masih di kasih rasa peka kalau ada ibu hamil atau orang yang lebih berhak untuk duduk gitu, amin..

    Posted by maminx | March 1, 2012, 12:15 pm
  12. makasih udah share pengalamannya ya..mudah2an kita tdk menyalahkan orang lain tp melihat diri sendiri dulu seperti apa…

    Posted by demam anak | March 1, 2012, 5:43 pm
  13. jadi ingat omongan dedy corbuzier; “apakah negeri ini sudah sedemikian bobrok dan korup, sampai-sampai kita kagum melihat ada orang baik”

    buat saya, ya, negeri ini sudah korup. fenomena egosentris di angkutan umum itu contoh paling sederhana

    Posted by Kurology | March 1, 2012, 9:10 pm
  14. Fenomena yg mulai dianggap ga aneh lagi…, padahal penuh keanehan & sprt tak berperasaan. Tak mau mengalah & tak menghargai Ibu hamil, manula, penyandang cacat dan orang yang membawa anak tidak, apalagi dalam kendaraan umum :(

    Posted by dedekusn | March 1, 2012, 10:43 pm
  15. Inilah Negeri Kita, Indonesia, dan Kita lah Warga Indonesia. Emang sangat amat kurang sekali kesadarannya. Ayo! mulai dari kite-kite dulu aje, oke :D

    Posted by IBNUFAJARISME | March 2, 2012, 5:15 pm
  16. Tunjukkan Merah mu #loooh :p

    Posted by febrian hadi | March 6, 2012, 3:32 pm
  17. hai, blog walking, thx for visit mine too.

    Posted by cool999 | March 7, 2012, 3:38 pm
  18. salam sukses :)

    Posted by no limit adventure | March 9, 2012, 8:54 am
  19. Belajar memahami dan peduli terhadap orang lain ya, Kak.

    Posted by TPA Al-Muhtadin | March 10, 2012, 11:26 am
  20. Manusia adalah makhluk sosial kan ya?

    Posted by riez | March 11, 2012, 12:03 pm
  21. Tak mudah membuat seseorang untuk peduli, seribu alasan terucap saat kita menegurnya, masalah moral masing2 menjadimkunci nya.
    seperti kejadian di komplek di kota saya, disuatu rumah terjadi pembunuhan namun tetangga tak ada yang peduli dari suara gaduh saat kejadian dan baru ketahuan saat keluarga korban plg krmh.
    #miris..

    Posted by Anak Muda | March 12, 2012, 8:27 pm
  22. sepertinya budaya timur di negara kita sudah sangat memudar,sikap tenggang rasa di setiap pribadi manusia di negara ini mulai terkikis

    Posted by pulsa elektrik | March 17, 2012, 11:37 am
  23. Alllo, mbak Sya, lama tak kemari :)

    Saya juga pengguna Angkutan Umum.
    mengenai ibu hamil di angkutan umum, saya pernah sekali dikira ibu hamil WTF!!!!

    mungkin karena badan saya yang gendut, dan kebetulan naik bis, sambil megangin perut,
    eeh ada mbak mbak, yang nawarin kursi.
    antara mau marah ama mau ketawa. kroco juga tuh mbak mbak, langsing gini dikira ibu hamil.

    Posted by nothingwrongwithmylongblackhair | March 18, 2012, 5:20 pm
  24. Apalagi kalau naek kereta, mba. Waktu itu saya pernah mau pulang ke Bogor dari Jakarta. Jadi ceritanya kereta emang lagi penuh-penuhnya tuh. Nah di kereta kan ada tempat duduk prioritas yahh (di gerbong khusus wanita, ga tau deh di gerbong lain, kayaknya ada juga), untuk para bumil, ibu yang membawa anak, penyandang cacat, sama manula. Tapi anehnya tempat duduk prioritas itu malah didudukin sama penumpang yang (sepenglihatan saya) sehat walafiat. Padahal ada juga ibu yang lagi bawa anak, dan dia malah berdiri. Miris bener. Iya saya tau pasti pada kecapean. Saya aja cape (ga kebagian tempat duduk) :mrgreen:

    Posted by Putri "jasmineamira" | March 19, 2012, 12:46 pm
  25. iyaaaaaaaa, aku juga sering liat yang kaya gituu. pernah juga ada ibu yang gendong anaknya yang masih bayi didiemin aja. Aaaaa kan kasian :( tapi, di bis yang biasa aku naikin kalo ke kampus ya, lumayan sering orang-orang ngasih duduk untuk orang2 tua dan ibu hamil :)

    Posted by putrijeruk | March 26, 2012, 3:53 am
  26. kita memang harus pintar untuk memilih angkutan umum deh jaman sekarang mah.

    Pest Control

    Posted by vanvan | March 27, 2013, 4:39 pm

Leave a Reply

DISCLAIMER

Mohon tinggalkan komentar bila:
♥ Saya mengunggah foto/gambar milik Anda dan saya tidak memberi keterangan sumber yang sesuai.
♥ Saya membuat tulisan yang sumbernya saya ambil dari tulisan Anda dan saya tidak mencantumkan nama atau link Anda sebagai referensi.

Mohon tinggalkan komentar & cantumkan link saya sebagai referensi bila :
♥ Anda berniat mengambil sebagian atau keseluruhan tulisan saya.
♥ Anda ingin mengunduh foto/gambar di blog ini yang menjadi milik saya.
♥ Ingatlah etika ngeblog yang baik, kawan! Jangan asal copy paste!

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,078 other followers